Assalamu’alaykum

Suatu ketika Aa pernah cek motor di beres yamaha dekat kantor (Sunter) dengan keluhan susah langsam dan mekaniknya mendiagnosa bahwa thorttle body si merah bermasalah..nah loh :D.

Nah saat Aa ke bengkel beres dekat rumah, kebetulan waktu itu Aa minta cek setelan klep di mana sudah sekian lama gak pernah cek lagi dan suaranya udah kayak mesin jahit :mrgreen:, sekalian juga Aa minta cek thorttle bodynya dan dicek secara digital emang gak ada probem bilangnya.

keroyokan :mrgreen:

Sebelumnya sih Aa pernah melakukan pembersihan thorttle body dan injektor dengan cairan 3M tapi kayaknya sudah lamabanget :D. Si mekanik menawarkan mau dibersihin gak bang thorttle bodynya mungkin kotor…ya sudahlah lanjuut :D, apalagi sebelumnya baut langsam pernah hilang dan kemungkinan kotoran banyak yang masuk ke dalam thorttle body si merah.

nih baut langsam yg sempet lepas :mrgren:

Ayo bongkar-bongkar,..pretelin :mrgreen:

Bongkar

Setelah dibongkar memang thorttle body kotor sekali

Thorttle body si merah hanya dibersihkan dengan bensin menggunakan kuas,..wah masalah gak ya ? 😀 , tapi sejauh ini sih gak ada masalah :D. Setelah dibersihkan thorttle body si merah pun kembali bersih tap gak sebersih saat masih dr dealer ya :mrgreen:.

masih ada sedikit kotoran yang menghitam 😀
besih

Tidak lupa Aa pun memasang filter udara yang baru dan fresh :mrgreen:

gp filter

Sayang setelah dibersihkan dan sudah lumayan enak dan plong, si merah mesti dikandangin dulu di rumah karena kipas radiatornya rusak gak muter jadi kalau saat macet-cet indikator radiator nyala tapi kipas gak muter..dipastikan di selangkanan puanas poll :mrgreen:.

oblak

Semoga bermanfaat, yang thorttle bodynya belum pernah dibersihkan bisa dicoba bersihkan kalau bisa sendiri ya sendiri, kl gak bisa ya serahkan sama ahlinya , kalau Aa cuma bisa bongkar doank :mrgreen:.

Wassalam

Aa Ikhwan