jump to navigation

Terlihat Karatan, Ternyata Ajib November 19, 2012

Posted by aaikhwan in : Serba Roda Dua , trackback

Assalamu’alaykum

Baut pengencang stang R15 si merah memang terlihat berkarat atau memang karatan :D, pada awal penampakkannya saat dipasang di vjrs sih masih ajib, berwarna hitam walau saat itu ada keraguan akan berkarat dan memang terbukti karatan,..tapiiii….. (lanjut ya dibawah) :mrgreen: .

Terlihat perbedaannya saat masih baru dengan yang saat ini di mana terlihat bautnya berkarat, bahkan ketika Aa coba membukanya pun gak berani dilanjutkan karena khawatir akan gompal bautnya dan slek :D, tapi ternyata dugaan Aa salah.

Kemarin saat mengganti seal sok depan yang bocor (tulisan menyusul :D), mau gak mau mesti mengendurkan pegangan stang dengan sok alhasil Aa pun sebenernya ngeri bautnya slek, tapi apa daya di bengkel dibuka dengan sekuat tenaga1 kali gagal ( mungkin masih ngeri :mrgreen: ), akhirnya yang kedua kalinya bisa terbuka/muter tuh bautnya dengan dibantu pipa besi agar meringankan putaran (hukum fisika :mrgreen: ) dan memang terlihat enggak slek atau gompal seperti kekhawatiran Aa.

Hmm ternyata material bautnya kuat juga ya walau terlihat berkarat tapi ternyata maih ajib kuatnya :mrgreen: , tapi tetap saja Aa khawatir sewaktu-waktu akan slek juga :mrgren:.

Semoga bermanfaat

Wassalam

Aa Ikhwan

Comments»

1. Dr.Feelgood - 19/11/2012

padahal material baut tipe L bisa jadi sama dengan yang ada pada kaliper rem cakram, tapi kenapa bisa berkarat juga yah kang.

2. Aa Ikhwan - 19/11/2012

nah itu dia knp ya 😀

3. Dr.Feelgood - 19/11/2012

ia, padahal baut di kaliper cakram lebih sering terkena air dan kotoran yang masuk melalui celah kampas rem.

4. Aa Ikhwan - 19/11/2012

mungkin memang materialnya yg jelek nih 😀

5. Dr.Feelgood - 19/11/2012

ya bisa jdi sih kang, coba ganti saja baut tipe L nya nanti dengan yang lebih tahan karat. soalnya untuk bagian pengencang kemudi bisa repot nanti klo mau bongkar shock depan.

6. rusmanjay - 19/11/2012

pakai anti karat

7. Aa Ikhwan - 19/11/2012

sip ajib

8. gasspoll83 - 19/11/2012

cat lagi atau ganti baut nya

9. Aa Ikhwan - 19/11/2012

yup kemungkinan ane ganti dengan baut yg lain yg tahan karat 😀

10. gasspoll83 - 19/11/2012

mirip dengan baud pelk mobil saya sebelum pernah di buka ga karatan tapi pernah sekali ganti ban otomatis baudnya di buka jadi karatan mungkin anti karatnya tergores sama tool nya

11. kphmph - 19/11/2012

meskipun kuat tapi kalo dibiarin bisa merembet ke part lain 🙂 ganti aja bro… sayang ma motor… mahal belinya 😛

12. Aa Ikhwan - 19/11/2012

yup betul2 😀

13. vixy182 - 19/11/2012

ganti baut L dengan yg warna chrome aja 🙂

14. Aa Ikhwan - 19/11/2012

mau cr yg hitam lg tp yg anti karat 😀

15. kong firman - 19/11/2012

klo ngbukanya pas,ga akan selek,a…
Tp ya ttp msti hati2 ngbuka nya…
Baut hitam baja gini mang ajib…

Klo ga mau karatan,ganti yg warna crome,tp… :mrgreen:

16. Aa Ikhwan - 19/11/2012

ane blm suka sm warna krom :D, itu jg dibukanya digetok dl.baru diputer n lancar

17. tovavanjava - 19/11/2012

bautny juga made india toh..?? :4

18. Aa Ikhwan - 19/11/2012

yoi satu paket aca aca :mrgreen:

19. Maskur - 19/11/2012

WD
WD
WD

20. Aa Ikhwan - 19/11/2012

sampun

21. katro - 19/11/2012

ganti yg sudah chrome atau minimal coating anti karat.

22. ipanase - 19/11/2012

asli yamaha?? kuat lah

23. yisha - 19/11/2012

ah, aa, masa masih cemas………….???????/

24. jake e lee - 19/11/2012

cari baut yg hitam bahan baja kl ada..trus sebelum dipake baut di semprot chainlube ato lumasi oli, baru bautnya dipasang (lobang bautnya dikasih oli jg, ga karat minimal kl dibuka gampang)

25. Aa Ikhwan - 19/11/2012

sip ajib,..thx infonya ya 😀

26. Adhitya Ramadian - 19/11/2012

semprot wd40

27. Aa Ikhwan - 19/11/2012

sudah 😀

28. Adhitya Ramadian - 19/11/2012

jangan dikasih 4wd

29. yogalidahitutajam - 19/11/2012

Klo diganti baru, habis dipasang tutup aja dengan lem kaca, klo mau buka tinggal tarik aja tuh lem

30. Aa Ikhwan - 19/11/2012

nah itu jg yg ada dipikiran ane 😀

31. Triyanto Banyumasan - 19/11/2012

wah nais inpoh, atau mungkin lem bakar bisa kali ya,

32. bapakeVALKYLA - 19/11/2012

pakai yg stainless aja… warna putih.
lumayan tahan karat.

33. Aa Ikhwan - 19/11/2012

sip rancana memang mau cari nanti asalkan yg kuat 😀

34. andhi_125 - 19/11/2012

don’t judge the book by the cover katanya mas tukul :mrgreen:

35. Aa Ikhwan - 19/11/2012

jiahaha,..betul2 dari luar karatan begitu dibuka kuat gak slek :mrgreen:

36. apriantoblog - 19/11/2012

saatnya baut tersebut di lembiru aa, kalo motornya di lem saya aja

wkakakakakakaka

37. Aa Ikhwan - 19/11/2012

jiahahaha….

38. apriantoblog - 19/11/2012

ane ikhlas kok :p

39. Aa Ikhwan - 20/11/2012

:p

40. Tri_Aja_Gunung_Kidul - 19/11/2012

aku nyawang waelah ,,,manut wae ama yang punya mau diganti model n jenise sing penting apek..monggo mas ..silahkan gresek baut seng apek.

41. Aa Ikhwan - 19/11/2012

sip ajib 😀

42. Gmc Paradise - 19/11/2012

saatnya ganti yg stenlise kang hehehehe
http://gombongmotorcommunity.com/

43. Aa Ikhwan - 19/11/2012

betul2 😀

44. Yoshi - 19/11/2012

materialnya tuh om.

http://sepedamotor.web.id/2012/11/19/hati-hati-media-digital-dapt-merusak-masa-depanmu/

45. yudha depp - 19/11/2012

disemprot lagi pake cat
langsung ilaaaang dah karatnya
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/11/drag-liar-darah-muda-darah-remaja.html?m=1

46. joko - 19/11/2012

bukan hilang tapi cuma ketutup 😀 ntar nongol lagi

47. Aa Ikhwan - 19/11/2012

xixi kena hujan n panas ngelotok cat nya 😀

48. joko - 19/11/2012

pengalaman tentang baut gituan, belilah yg agak mahalan,baut yg di krom gak jaminan tahan karat, malah gampang karatan karena kalo kena tool akan terkelupas kromnya, saran aja pilih baut yg bagus, wujudnya lebih rapi dan halus ulirnya, tapi rada susah cari baut gituan karena memang mahal.
biasanya di beberapa kota ada toko khusus jualan baut,

49. Aa Ikhwan - 19/11/2012

yup intinya cr yg ajib soale fungsinya vital

50. bitlow - 19/11/2012

pilox hitam
http://belitong.wordpress.com/2012/11/19/opini-k18-juga-harus-ngikutin-mindset-konsumen/

51. uyy - 19/11/2012

wow

52. Aa Ikhwan - 19/11/2012

wew…

53. kharis27 - 19/11/2012

ganti baut L yang baja a 😀

54. Muhammad Aulia - 19/11/2012

cara alternartif lainnya segita + stang r15nya buat ane nah aa pake segitiga + stang piksen 😆 hehe peacee aa http://brigade15.wordpress.com/2012/11/19/honda-tiger-disulap-jadi-ducati/

55. Aa Ikhwan - 19/11/2012

jiahaha…maunye ya :p

56. Muhammad Aulia - 19/11/2012

wkwkwkwk :p

57. kenthoet - 19/11/2012

kunci L nya yg buat buka baut nya kuat juga ya A’ ?? dipakein setang gak patah tuh kunci L 😀
https://kenthoetboreup.wordpress.com/2012/11/18/merawat-motor-injeksi-membersihkan-throttle-body-vixion/

58. Aa Ikhwan - 20/11/2012

nah itu dia ajib,..padahal sempet melengkung2 tuh kunci L nya 😀

59. bachtiaryuan - 20/11/2012

mantabzzzz….kren tuh a stang nya,,,

60. Aa Ikhwan - 20/11/2012

Alhamdulillah 😀

61. setia1heri - 20/11/2012

tiati bang 😀

62. Aa Ikhwan - 20/11/2012

iya bang 😀

63. riri - 20/11/2012

Paling aman ganti kunci kontak….???

64. Drs. parto SH. - 20/11/2012

ini baut harden keras tapi matrial nya besi biasa, warna hitam sepuhan. gak bakalan patah atau aus, matrial ini lebih keras dari kunci L, jadi yg kalah kunci L atau tap lubang baut nya. beda dengan matrial yg di pakai pada baut motor yg memang di lapisi anti karat dan beberapa memang terbuat dari matrial yg anti karat.

65. Aa Ikhwan - 20/11/2012

wah nice info nih,..kmren sih saat bukamemang susah banget sampe kunci L sempet membengkok, tapi akhirnya bisa juga setelah dipukul lalu dicoba buka lagi :D.
baut gak ada yg somplak dan kunci L nya jg aman :D.

66. SuRyA - 20/11/2012

berarti bautnya asli mas hehehe
klo yg kw pasti jebol

http://www.dk8000.co.nr

67. SuRyA - 20/11/2012

bautnya asli berarti mas. ga kw hehehe

68. Aa Ikhwan - 20/11/2012

xixixi… iya asli kuatnya 😀

69. jonah - 05/01/2013

setahu saya, itu baut bahannya baja, mmg berkarat tapi pasti kuat,
(pengalaman dari baut perakitan yang di test, harus kuat dan tahan karat, di test pakai SST *salt spray test*, hasilnya mmg baut tipe itu kuat tapi berkarat)
kalo mau yang ngga karat ya pakai baut stainless-steel (sama kuat koq) warnanya kinclong
kalo mau paksakan pake hitam dan ga berkarat ya di electro-platting, (tapi masa baut aja di electro platting) buat menahan karat, tapi ntar 1 thn coatingnya abis kemakan cuaca ya berpotensi karatan lagi

70. Aa Ikhwan - 05/01/2013

Sip ajib..thx infonya masbro..nice 🙂