Terlihat Karatan, Ternyata Ajib

Assalamu’alaykum

Baut pengencang stang R15 si merah memang terlihat berkarat atau memang karatan :D, pada awal penampakkannya saat dipasang di vjrs sih masih ajib, berwarna hitam walau saat itu ada keraguan akan berkarat dan memang terbukti karatan,..tapiiii….. (lanjut ya dibawah) :mrgreen: .

Terlihat perbedaannya saat masih baru dengan yang saat ini di mana terlihat bautnya berkarat, bahkan ketika Aa coba membukanya pun gak berani dilanjutkan karena khawatir akan gompal bautnya dan slek :D, tapi ternyata dugaan Aa salah.

Kemarin saat mengganti seal sok depan yang bocor (tulisan menyusul :D), mau gak mau mesti mengendurkan pegangan stang dengan sok alhasil Aa pun sebenernya ngeri bautnya slek, tapi apa daya di bengkel dibuka dengan sekuat tenaga1 kali gagal ( mungkin masih ngeri :mrgreen: ), akhirnya yang kedua kalinya bisa terbuka/muter tuh bautnya dengan dibantu pipa besi agar meringankan putaran (hukum fisika :mrgreen: ) dan memang terlihat enggak slek atau gompal seperti kekhawatiran Aa.

Hmm ternyata material bautnya kuat juga ya walau terlihat berkarat tapi ternyata maih ajib kuatnya :mrgreen: , tapi tetap saja Aa khawatir sewaktu-waktu akan slek juga :mrgren:.

Semoga bermanfaat

Wassalam

Aa Ikhwan

70 thoughts on “Terlihat Karatan, Ternyata Ajib”

          1. ya bisa jdi sih kang, coba ganti saja baut tipe L nya nanti dengan yang lebih tahan karat. soalnya untuk bagian pengencang kemudi bisa repot nanti klo mau bongkar shock depan.

      1. mirip dengan baud pelk mobil saya sebelum pernah di buka ga karatan tapi pernah sekali ganti ban otomatis baudnya di buka jadi karatan mungkin anti karatnya tergores sama tool nya

  1. klo ngbukanya pas,ga akan selek,a…
    Tp ya ttp msti hati2 ngbuka nya…
    Baut hitam baja gini mang ajib…

    Klo ga mau karatan,ganti yg warna crome,tp… :mrgreen:

  2. cari baut yg hitam bahan baja kl ada..trus sebelum dipake baut di semprot chainlube ato lumasi oli, baru bautnya dipasang (lobang bautnya dikasih oli jg, ga karat minimal kl dibuka gampang)

  3. aku nyawang waelah ,,,manut wae ama yang punya mau diganti model n jenise sing penting apek..monggo mas ..silahkan gresek baut seng apek.

  4. pengalaman tentang baut gituan, belilah yg agak mahalan,baut yg di krom gak jaminan tahan karat, malah gampang karatan karena kalo kena tool akan terkelupas kromnya, saran aja pilih baut yg bagus, wujudnya lebih rapi dan halus ulirnya, tapi rada susah cari baut gituan karena memang mahal.
    biasanya di beberapa kota ada toko khusus jualan baut,

  5. ini baut harden keras tapi matrial nya besi biasa, warna hitam sepuhan. gak bakalan patah atau aus, matrial ini lebih keras dari kunci L, jadi yg kalah kunci L atau tap lubang baut nya. beda dengan matrial yg di pakai pada baut motor yg memang di lapisi anti karat dan beberapa memang terbuat dari matrial yg anti karat.

    1. wah nice info nih,..kmren sih saat bukamemang susah banget sampe kunci L sempet membengkok, tapi akhirnya bisa juga setelah dipukul lalu dicoba buka lagi :D.
      baut gak ada yg somplak dan kunci L nya jg aman :D.

  6. setahu saya, itu baut bahannya baja, mmg berkarat tapi pasti kuat,
    (pengalaman dari baut perakitan yang di test, harus kuat dan tahan karat, di test pakai SST *salt spray test*, hasilnya mmg baut tipe itu kuat tapi berkarat)
    kalo mau yang ngga karat ya pakai baut stainless-steel (sama kuat koq) warnanya kinclong
    kalo mau paksakan pake hitam dan ga berkarat ya di electro-platting, (tapi masa baut aja di electro platting) buat menahan karat, tapi ntar 1 thn coatingnya abis kemakan cuaca ya berpotensi karatan lagi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.