Si Merah naik 15cc – Installed by Vhanz “VJRacingSpeed”

Assalamu’alaikum

Akhirnya rilis juga nih tulisan setelah hampir 3 bulan gak kelar2 nulisnya :D, malahan tulisan yang lain yang duluan rilis hehe.

Bongkar Vixion

Tujuan Aa Ikhwan Blog menambah kapasitas si merah jadi 165cc hanya untuk meningkatkan akselerasi semata karena bagi Aa Ikhwan Blog si merah saat 150cc menggunakan velg n ban lebar terasa sangat berat dan kasihan :D, akhirnya Aa Ikhwan Blog memutuskan untuk menambah kubikasi si merah merah menjadi 165cc.

Paket bore up kit serta pengerjaannya semua dilakukan oleh bro Vhanz “VJRacingSpeed”, yang setelah beberapa kali diskusi via sms dan pada akhirnya Aa Ikhwan Blog memutuskan untuk upgrade si merah jadi 165cc, pengerjaannya dilakukan 2 hari menjelang bulan Ramadhan 2011 yang lalu, seharusnya sih dikerjakan kira2 2 minggu sebelum Ramadhan tapi anaknya bro Vhanz sedang sakit jadi ditunda dulu projectnya.

Akhirnya tepat 2 hari sebelum Ramadhan yaitu hari Sabtu pagi, Aa Ikhwan Blog beserta adik meluncur ke Cijantung tempat di mana bro Vhanz buka bengkelnya, sampai di sana kl gak salah tuh orang (baca: bro Vhanz) belum bangun n belum mandi juga ckckckck,… sambil menunggu mesin si merah adem bro Vhanz keluar rumah dulu bersama keluarga untuk nyekar menjelang bulan Ramadhan hmmm anak yang baik :D.

Sambil menunggu kembalinya bro Vhanz, datang Vixioner yang lain yaitu bro Tb Andry, akhirnya bro Vhanz muncul lalu Aa Ikhwan Blog dan bro TB Andry memarkirkan Vixion ke dalam bengkel yang juga sekaligus sebagai garasi mobil, mantap dah usaha di balik garasi :D.

Mulailah si merah di bongkar begitu pula vixionnya bro Andry, mengingat boreup membutuhkan waktu dan ketelitian supaya hasilnya maksimal, bro Vhanz menyuruh Aa Ikhwan Blog bersabar dan santai aja sambil ngopi2 😀 , Aa Ikhwan Blog pun santai sejenak sambil melihat bro Vhanz hilir mudik membongkar 2 Vixion sendirian lagi maklum belum punya asisten tuh …. ada yang mau lamar jadi asistennya bro Vhanz ga tuh ?

Hmmm panjang juga nih tulisan,..gpp lah lanjuuutt… 😀

Kalo gak salah bro Tb Andry mengganti noken as menggunakan noken as custom dari bro Vhanz dan juga mengganti kampas kopling, eh..ada yang nongol lagi 2 orang pake motor MX dengan keluhan suara kasar banget gw lupa tuh problemnya apa maklum udah lama n gak tercatat 😀 , yang pasti tuh motor ditinggal disitu :D. Waktu menjelang siang tiba alias waktu sholat n makan, bro Tb Andry dan rider MX ke depan beli oli untuk motornya sekalian makan siang, Aa Ikhwan Blog juga nitip eh..bro Andry gak mau diganti uang untuk beli makan padangnya,..thanks ya bro 😀

Kita lanjut ke boreup si merah ya ,.. ini penampakan paket boreup kit dari bro Vhanz no merk

Boreup Kit Vixion 165cc

Bongkar-bongkar n bersih-bersih :

Mesin si merah di upgrade


Bro Vhanz & 2 rider MX


Bersih2 blok lama

O ya Aa Ikhwan Blog juga mengganti Noken As standar dengan yang racing custom.

Menjelang Ashar proses masih berlangsung dengan rapi dan teliti, menjelang Maghrib proses hampir selesai, menjelang Isya progressnya sudah tinggal klik :D, akhirnya selesai juga kira2 jam 8 malam,dan sekitar 1 jam si merah dinyalakan sampai jam 9 malam dan waktunya pulaang. O ya bro Vhanz bilang nih motor mesti inreyen dulu kira2 2000KM, wah lama juga ya tapi menurut bro Vhanz agar hasilnya bagus n memuaskan , okelah kalo begitu :D.

Proses install yang cukup panjang dari pagi sampe malam bahkan sampe rumah pun kira2 jam 00.30 WIB karena mesti inreyen dulu apalagi Aa Ikhwan Blog berboncengan. Akhirnya persis tepat sebulan penuh bulan Ramadhan Aa Ikhwan Blog menjalani inreyyen PP rumah-kantor ( Tangerang – Sunter) dan cukup diuji juga kesabaran untuk tidak menggeber motor disaat proses inreyyen dan pas pula di Bulan Ranmadhan untuk bersabar dan tahan terhadap godaan yang ada xixixi.

Setelah proses Inreyyen kelar Aa Ikhwan Blog kembali lagi ke bro Vhanz untuk disetel klep dan CO nya karena Aa Ikhwan Blog mencoba menggunakan knalpot racing merk ABBYS, menurut Aa Ikhwan Blog knalpot ini bagus dan suara pun tidak terlalu berisik hanya saja Aa Ikhwan Blog lalai saat memesannya, harusnya Aa Ikhwan Blog bilang pesan knalpot untuk Vixion yang sudah boreup menjadi 165cc, mungkin disitu kesalahan Aa Ikhwan Blog lupa kasih tau spek motor sehingga power motor saat menggunakan knalpot ABBYS tidak maksimal, jadi nganggur tuh knalpot ABBYS,..ada yang mau ?

Stel Klep

Knalpot ABBYS @Vixion

Saat ini Aa Ikhwan Blog kembali menggunakan knalpot racing NOB1 3 Bold sampai sekarang, hanya saja settingan CO nya belum pas karena tarikan di rpm bawah gak enak tapi kalo udah di atas sih enak banget apalagi akselerasinya lumayan lah jadi gak kerasa pake velg n ban besar 😀 ,.. ato mungkin sugesti ya xixixixi, tapi setidaknya ada kenaikan power dari sebelumnya dan lebih enak dari sebelumnya :D.

Inti dari Boreup ini adalah kesabaran dalam pemasangannya dan kesabaran saat inreyyennya, sehingga didapatkan hasil yang maksimal.

Saat ini spek si merah :

– Mesin 165cc
– CO +15
– Koil Tirev
– Knalpot NOB1 3 Bold
– Oli Motul 3100 ( 1,2 liter )
– Klakson Keong Denso
– Busi SDG Iridium + 1 9power
– Velg lebar merk Power
– Ban depan Corsa S123 100/70, belakang FDR Sport XR Evo 130/70
– Minuman kadang pertamax kadang campur premium 😀

Next project : Pasang stang jepit YZF R15.

Selamat membaca
Keep brotherhood and keep safety riding

Wassalam

Aa Ikhwan

53 thoughts on “Si Merah naik 15cc – Installed by Vhanz “VJRacingSpeed””

    1. ^Ipanese : Iya hati2 makanya di awal tulisan kan ane bilang hanya untuk mengimbangi berat velg n ban gambot 😀 , kl mslah ngebut sih ngeri bro umur dah kepala 3 xixixi. iya ane ga sempet ke sana, lg sibuk banyak kerjaan n nungguin tukang soalnya lg renov rumah. lain waktu kita bisa jumpa ya Insya Allah.

  1. ^ipanese : nah itu dia kl udh tua harus bisa jaga sikap di jalan,…tp tetep aja sih kadang susah xixixi, kl habis brp ga enak di sini ngomongnya :D.

  2. mantab dah. gak beli ninja250 aj mas, gak perlu utakatik lgi tuh :-), klo buat ane sih, buat harian cukup standart aj..
    oya klo masih ada abbys nya dg ikhlas ane terima klo dihibahkan.. hehe

  3. ^gogo : maunya sh ninja itu kl ada fulusnya xixixi… maklum bro boreup untuk imbangi ban n velg yg gambot soalnya ga suka ban standar yg kecil n badan ane lmyan gemuk kasian 🙂

  4. ^vixy182: nt beli aja pekat modif vixipn trus di setting di bengkel resmi Yamaha, bisa kok. tp emng lbh enak pnya temen2 yg bs setting jd bs sambil konsultasi.

      1. Kyknya nanggung dah cuman nambah sgtumah,
        Paket bore upnya adanya yg nambah 15 cc doank ya pa da yg lain ?
        Jd pengen ngikut pake bore up,
        hehe

        1. ^s2s : boreup n noken as racing custom 🙂 . 165cc untuk harian udh cukup maknyus mnurut ane.

  5. salam biker pecinta ratjoen speed!!!
    jdi ngiler nih liat spek vixinya aa ikhwan , BTW brapaan nih habisnya?? PM yha’ , cma kasih saran, vixinya dah dikasih groundstrap lm?? stelah dikasih, vixi sya mkin mantep ajah.. biarpun msih 150cc,, 😀

  6. kira-kira abis brapaan yha mas?? sya jga ngiler liat speknya.. kira-kira selama mmakai boreup kit.. ada efek negatifnya gak?? PM di email saya ya mas ikhwan.. 😀

  7. ^ddayat : ane blm diksh groundstrap masbro, efek dr boreup ini psti ada. .motor jd agak sedikit liar n akselerasinya enak, kl efek negatifnya sampai saat ini (baru 5 bulan) gak ada problem masbro..n semoga gak ada :D. kl harga boreup n noken as custom sekitar 1jt-an lbh dikit 😀 itu udh sm psang ya. Mungkin aja hrg skrang sdng naik CMIIW. thx ya udh mampir

  8. Boleh liat penampakan bannya gak? soalnya penasaran 130/70 nemplok di 3,5″, celah ke swing armnya berapa mm, posisi napak bannya lebar apa dikit, ane masih bingung pake 130 apa 120 (yang napak diaspalnya dikit)

    1. ^benedict87 : masih ada masbro tertarik ? 😀
      cuma kondisi saat sy beli itu ternyata sambungan pipa ke silincer agak longgar jd sedikit dikasih silikon merah,..kl performa blm ane cb di Vixi yg 150cc, tp kl di si merah yg R16 😀 tenaga ketahan.

  9. wh racun 165 bkn ngiler nie
    dlu pas ngereyen buat kencang p standart j bang?
    n psang di bengkel resmi y?

    klo ntr d duit mau beli racun buat vixi
    hehehe

    1. ^bagas : kl gak salah itu seperti system grounding.. ada yg bikin sendiri dengan melapisi kabel koil dengan serat tembaga atau melilitkannya ada yg pake kabel antena TV. 😀

  10. mas bro, kmaren pas ente pasang paket bore up, it paking head.nya d ksih lem ap engga??
    cz ane msh bngung, yg bner d ksih lem ap engga…
    n sxrg mtor mas bro top speed max smpe brp??

    1. gak dikasih lem masbro,..blm test topspeed masbro soalnya jalurnya gak memungkinkan :D,..cm pernah iseng ngebut disamping mobil cm smp 135 blm mentok 😀 (ban velg dah gambot)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.