Selain Komstir, Jangan Lupa Cek Juga Ban Motor

Assalamu’alaykum

image
Si Merah R16 with stang R15

Apa kabarnya nih kawan-kawan hari ini? Semoga semua sehat selalu dan berkah selalu Amin. Yang sedang kurang sehat semoga lekas sembuh ya.

Barangkali kawan-kawan khususnya penunggang Vixion sudah paham betul problem komstir koplak n oblak pada vixion :mrgreen: bahkan sempat Aa Ikhwan Blog tulis di sini dan emang mengganggu sekali saat riding walaupun sedikit banyak membantu dan terlatih menjaga keseimbangan :mrgreen:

Si merah pun sudah ganti komstirnya dengan yang CKD di mana harganya setengah dari yang ori :D,Β  beberapa kali selalu mesti distel komstirnya karena saat jalan motor terasa sering kehilangab arah apa ya istilahnya “ngegeliyeng” kali ya… :mrgreen:

Tapi beberapa waktu yang lalu Aa Ikhwan Blog sebetulnya agak curiga jg dengan ban depan merk corsa 123 yang memang umurnya kl gak salah sudah 2,5 tahun digunakan, walaupun kembangannya masih bagus n jelas tapi kompon nya sudah lebih keras dari sebelumnya dan permukaan sedikit berkeriput :D.

Memang kl diperhatikan saat beli pun ban ini menganut kompon yg keras cmiiw, ditambah usia pemakaian yg udah lama dan Aa Ikhwan Blog jg pernah dpt info dari kawan bahwa usia ban motor itu 2-3 tahun.

Ya sudah Aa Ikhwan Blog cari ban depan sebagai pengganti yg lama, niatnya cari FDR atau IRC ukuran 100/70 tapi kok kosong semuanya di toko sparepart lengkap langganan Aa Ikhwan Blog jadi pilihan jatuh kembali ke corsa 123 yang lumayan bagus n murah meriahΒ  :D.

image

Ban baru pasti kondisi karetnya pun masih bagus dan belum keras :D.

image
pasang di bengkel langganan

Hasilnya saat di bawa riding, gejala motor “lari-lari” ke kanan n ke kiri alias gak stabil pun hilang dan riding menjadi lebih nyaman apalagi buat mereng2 :D.

image
ban depan corsa 123
image
belakang pake fdr sport xr evo

Pesan Aa Ikhwan Blog, jangan melulu setting komstir kl motor terasa labil di jalan cb jg cek kondisi ban apakah masih bagus atau sudah terasa keras banget kompon/karetnya siapa tau memang dari ban jg problemnya sehingga gak nge-grip ke aspal, atau mungkin bisa jg velg yang oblak :D.

Semoga bermanfaat dan hati-hati di jalan ya.

Wassalam

Aa Ikhwan

Posted from WordPress for Android

59 Comments

  1. aa ikhwan mau tanya dong, kalo vixion mau pake ban blkng ukuran 110/80 sama ban depan 90/80 lebar tapak velgnya mesti brp inchi?

    velg yg reccomend apa ya?

  2. aa ikhwan kenapa ya vixi ane kalo di geber di atas 6rb rpm getarannya berasa bgt, km nya baru 1400.
    Padahal ane pinjem punya temen vixion 2011 di geber sampe 9rb rpm ga bergetar bgt.

  3. Bg ikhwan..
    Ane kmrn baru ganti ban motor ni..
    Ane ganti ban fdr sport xr utk dpn 110/70 nd belakang 130/70..
    Nah tu ban dpan kalau belok ke kanan ngikut trs pas mau dibanting ke kiri agak berat..
    Baru ane mau nanya tekanan angin yg cocok berapa ya utk ban dpn nd belakang?
    Nd ada gag pengaruh tekanan ban dgn belokan ..

    • tekanan ban pengaruh juga dan angka tekanan ban ada di ban tersebut dengan tulisan di belakangnya kalo gak salah Psi,.. fdr sport xr termasuk ban bagus tp ban memang ada usianya jg untuk motor kl gak salah 2. cb cek komstirnya ada oblak ga? πŸ˜€

      atau barangkali bisa cek di laher velg..semoga membantu πŸ˜€

      • Da bg..
        Ada tulisan ya 38 psi, kok sama ya buat dpn belakang nd disitu ditulis 38 psi cold..

        Komstir apa ya bg?
        Mklum gag ngerti,hahaha
        Msh newbie..

        Leher velg ya mana bg..
        Sorry ngerepotin..

        • angka yang ada di ban itu ya itu yang diikutin :D. komstir itu yang ada di bawah segitiga setang bentuknya bulet n kl di rem stang terasa bunyi klek itu tandanya komstir oblak mesti dikencengin tp jangan kenceng2 soalnya nanti gak enak pas belok :D.

          laher velg bulet juga n ada di lubang velg πŸ˜€

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.