Proses Bayar Pajak Kendaraan Hanya 5 Menit?

Assalamu’alaikum

aaikhwan – Hari kamis kemarin tanggal 13 Juni 2019 kebetulan Aa cuti kantor jadi Aa sempatkan untuk mengurus pajak kendaraan bermotor yakni mobil Avanza milik keluarga.

Biasanya Aa kalau bayar pajak kendaraan langsung ke kantor Samsat di Cikokol Tangerang atau melalui biro jasa, kali ini Aa coba bayar pajak di Gerai Samsat Tangcity Mall karena memang sudah hampir sore juga, o a Gerai samsat buka sampai jam 17.00 WIB, dan kebetulan juga sebelumnya Aa perpanjang SIM di Gerai SIM di Tangcity Mall yang memang saling bersebelahan antara Gerai SIM dan Gerai Samsat.

Aa masuk ke Gerai Samsat ba’da Ashar yang Musholla nya kebetulan gak jauh dari Gerai Samsat, di dalam gerai hanya ada beberapa warga yang mengurus dan itu pun sudah selesai, langsung Aa dipanggil kemudian Aa serahkan dokumen perpanjang pajak seperti BPKB, STNK, dan eKTP Aa, difoto kopi langsung di lokasi dengan printer All In One yabg bisa untuk kopi dokumen 😁.

Setelah difoto kopi langsung Aa dipersilahkan membayar pajak sesuai yang disebutkan petugas di gerai pajak Avanza keluarga Aa untuk tahun 2019 ini sekitar 2,5jt di mana memang ada kenaikan pajak alias penyesuaian 😅.

Proses yang Aa alami gak sampai 5 menit, karena memang sangat cepat sekali. Aa pun sempat bertanya kalau biasanya apakah ramai dan antre? Petugas jawab memang antre dan ramai namun tetap prosesnya cepat, tidak seperti di Samsat Cikokol yang memang bisa memakan waktu 30-45 menit karena Aa pernah mengalaminya sendiri.

Tentunya di gerai ini lebih nyaman, karena di dalam Mall, ruangan juga nyaman, di luar gerai langsung berhadapan dengan wahana permainan anak-anak dan makanan jadi sambil menunggu bisa sambil mengajak anak bermain atau sambil makan 😁 , biaya jadi “bengkak” karena plus jajan di mall.

Semoga bermanfaat, dan bisa dicoba bagi warga Tangerang untuk membayar pajak kendaraan di Tangcity Mall karena nyaman dan biasanya gak terlalu ramai.

Wassalam

Aa Ikhwan

3 thoughts on “Proses Bayar Pajak Kendaraan Hanya 5 Menit?

  • 20/06/2019 at 8:57 am
    Permalink

    Harusnya mah bayar pajak kendaraan cukup lewat atm atau internet banking atau gesek kartu, trus bawa buktinya ke samsat dan pihak samsat melakukan validasi terhadap stnk pemilik dan membubuhi bukti sudah bayar pajak (kecuali untuk yg lima tahun sekali karena ada uji kelayakan dan emisi kendaraan) gitu baru bisa dibilang cepet banget dan praktis. Masa tiap bayar pajak pemilik harus ngisi form yang isinya dari tahun ke tahun sama (kecuali buat yang mutasi).

    Reply
    • 20/06/2019 at 9:01 am
      Permalink

      Di gerai samsat ini sy ga isi form, hanya dimintai bpkb, ktp, stnk..stlah dicek langsung bayar, jd hanya sekali proses cepat.

      Reply
  • 29/08/2019 at 7:04 am
    Permalink

    Assalamu’alaikum A, punten post disini, bisa telp saya,, mau reunian SD 3 nov, tlg telp saya ya… Herru ex SD 12

    Reply

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: