Mempersiapkan Rencana Cuti Liburan

Assalamu’alaikum

aaikhwan.com – Rutinitas kerja yang kita lakukan selama 40 jam dalam seminggu, tentulah harus diimbangi dengan merencanakan perjalanan wisata atau refreshing agar pikiran kita tidak selalu terbebani dengan pekerjaan di kantor atau di lapangan yang tentunya sangat melelahkan dan perlu penyegaran dengan hal-hal yang baik dan santai, nah di sinilah kita bisa memanfaatkan hak cuti dari kantor.

Pada umumnya, kantor-kantor di Indonesia memberikan jatah cuti selama 12 hari dalam setahun walaupun terkadang tiap tahun berbeda jatahnya tergantung pengurangan dari jatah cuti Pemerintah 😀 . Bagi yang menjaga jatah cutinya setahun barangkali bisa leluasa memanfaatkan jatah cuti tersebut untuk liburan yang panjang.

Menghitung dan memastikan jatah cuti memang penting. Akan tetapi, penghitungan itu hanya satu dari beberapa pertimbangan lain yang harus dipikirkan. 5 hal penting lain, yang akan menjamin kenyamanan cuti liburan Anda, di antaranya:

1. Jadwal Cuti Bersama

Holiday – Biznuzpayroll.com

Setiap tahun pemerintah, melalui Kementerian Tenaga Kerja, akan merilis jadwal cuti bersama. Di dalam jadwal tersebut, terdapat sejumlah cuti untuk peringatan hari-hari besar keagamaan. Kecuali perayaan Idul Fitri, durasi cuti bersama untuk peringatan hari besar keagamaan, biasanya tidak lebih dari 2 hari. Jika Anda merencanakan waktu liburan yang agak panjang, hindarilah mengajukan cuti pada durasi yang singkat itu.

2. Situasi Kesibukan di Kantor

Ruang Kantor – Lifehacker.com

Perusahaan-perusahaan dalam kelas small medium business cenderung memiliki jadwal kesibukan yang lebih fleksibel. Permintaan dari klien bisa mendadak tinggi pada pertengahan maupun menjelang akhir tahun. Kalau kantor Anda termasuk dalam kelas tersebut, sebaiknya Anda pahami pola kesibukannya lebih dahulu. Dengan demikian, pengajuan cuti bisa lebih mulus tanpa ekspresi cemberut dari bagian HRD.

3. Jadwal Acara Kantor

Jadwal Kantor – Wired.jp

Mengajukan cuti dalam waktu yang berdekatan dengan jadwal outing tahunan perusahaan, jelas ide buruk. Selain membuang biaya, outing bersama perusahaan sebenarnya bisa jadi inspirasi untuk rencana cuti liburan yang lebih menyenangkan yang tentunya bisa refreshing atau penyegaran bersama kawan-kawan kantor yang tentunya juga sama-sama butuh liburan 😀 . Jangan melanjutkan kekonyolan dengan mengisi cuti liburan dan berwisata ke destinasi outing, ya.

4. Perkiraan Business Trip

Business Trip – Furnishedquarters.com

Tidak selamanya business trip menjadi kewajiban yang memuakkan. Maksudnya, tujuan lokasinya, ya. Kalau aktivitasnya, sih, memang sudah pasti membosankan. Apalagi untuk para pekerja level menengah, entah berapa belas business trip yang sudah dijalani, dan kegiatannya semakin lama pasti semakin tidak penting. Siasati saja kemandekan substantif sebuah business trip, dengan pengajuan cuti pasca perjalanan.

5. Jadwal Cuti Sesama

Cuti Bersama – Ezcater.com

Yang tidak kalah penting dalam persiapan cuti liburan adalah jadwal cuti rekan kantor Anda. Memang tidak ada aturan tertulis tentang perlunya penyesuaian cuti seperti ini. Tapi selama penyesuaian menghasilkan manfaat yang menyenangkan kedua pihak, tidak ada ruginya Anda berdua terlibat pencocokan tanggal. Berilah jeda 1-2 minggu dari berakhirnya cuti liburan ke pengajuan cuti liburan selanjutnya. Cara ini akan mampu meredam cekcok dan penyakit hati antar pekerja, sehingga perusahaan bisa tetap produktif.

Mempersiapkan Cuti Liburan

Logo Traveloka – Traveloka.com

Sebelum tergesa memesan tiket kereta api di situs Traveloka, sempurnakan dahulu persiapan cuti liburan Anda. Bermodalkan lima pertimbangan di atas, langkah yang harus Anda lakukan selanjutnya, yakni menentukan tujuan wisata.

Seandainya Anda sudah menentukan durasi cuti liburan selama 5 hari, maka bayangkanlah jenis wisata yang bisa Anda dapatkan dalam kurun waktu tersebut. Dari berbagai pilihan wisata alam, kuliner, sejarah, maupun wisata religi, temukan satu lokasi yang mampu menampung minat berlibur Anda.

Sebenarnya 5 hari bukanlah waktu yang ideal untuk berlibur ke luar pulau. Jadi, siapkan saja perjalanan liburan antar kota dalam satu provinsi. Anda bisa berkendara kereta api untuk menjangkau destinasi wisata tersebut. Tentukanlah jadwal keberangkatan kereta api pilihan Anda, sekurang-kurangnya 24 jam sebelum pemesanan.

Penentuan jadwal keberangkatan, yang bisa dilakukan sekaligus dengan jadwal kepulangan, akan sangat terbantu dengan mengakses pilihan penginapan di Traveloka. Dari sini Anda dapat memperkirakan personal rundown selama menikmati cuti liburan.

Mau bermalam di satu penginapan atau berpindah ke penginapan lain, menjadi semakin mudah dengan banyaknya pilihan hotel di Traveloka. Karena pilihannya direkomendasikan menurut objek wisata terdekat, penyusunan rundown juga semakin efektif. Jadi, jatah 5 hari cuti liburan bisa merangkum paket wisata sesuai minat Anda.

Melaksanakan Cuti Liburan

Aplikasi Traveloka – Traveloka.com

Sebagai penunjang kebutuhan wisata anda, fitur pemesanan di Traveoka semakin hari semakin lengkap. Setelah menemukan penginapan sesuai minat yang kita inginkan, barulah sekarang saatnya kita memesan tiket kereta api. Cobalah melakukannya dengan mengakses tiket kereta di aplikasi traveloka , agar mendapatkan e-tiket dengan harga yang terjangkau.

Melalui aplikasi tersebut, kita akan ditunjukkan berbagai destinasi pemberhentian kereta pada sejumlah kota di Pulau Jawa. Untuk cuti liburan ke destinasi wisata di sekitar Jawa Barat, kita bisa memilih sejumlah pemberhentian sebagai berikut :

  • Stasiun Bandung, Stasiun Cicalengka, Stasiun Cikadongdong, Stasiun Cimahi, Stasiun Gedebage, Stasiun Haurpugur, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Padalarang, Stasiun Rancaekek, dan Stasiun Rendeh di sekitar kota dan kabupaten Bandung.
  • Stasiun Cibatu, Stasiun Cipeundeuy, Stasiun Lebakjero, Stasiun Leles, Stasiun Nagreg, dan Stasiun Warung Bandrek di sekitar Kabupaten Garut.
  • Stasiun Awipari, Stasiun Ciawi, Stasiun Manonjaya, Stasiun Rajapolah, dan Stasiun Tasikmalaya di sekitar Kabupaten Tasikmalaya.
  • Stasiun Arjawinangun, Stasiun Babakan, Stasiun Ciledug, Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Karangsuwung, Stasiun Losari, Stasiun Luwung, Stasiun Sindanglaut, dan Stasiun Waruduwur di sekitar Kota Cirebon.

Untuk melengkapi akomodasi wisata di Jawa Tengah dan Jawa Timur, kita pun dapat memilih satu dari 18 stasiun utama yang tersedia di lokasi ini. Kedelapanbelas stasiun itu di antaranya :

  1. Stasiun Purwokwero
  2. Stasiun Pekalongan
  3. Stasiun Cilacap
  4. Stasiun Semarang Poncol dan Stasiun Semarang Tawang
  5. Stasiun Solo Balapan
  6. Stasiun Sragen
  7. Stasiun Babadan Ponorogo
  8. Stasiun Kediri
  9. Staiun Surabaya Gubeng dan Stasiun Surabaya Pasar Turi
  10. Stasiun Kepanjen, Stasiun Malang, dan Stasiun Malang Kota Lama
  11. Stasiun Rambipuji, Stasiun Tanggul, dan Stasiun Jember
  12. Stasiun Banyuwangi Baru

Demikian ulasan dan informasi wisata untuk mendukung rencana cuti Anda , semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda dan kita semua yang membutuhkan liburan , selamat berlibur dan hati-hati selalu dalam segala kondisi.

Wassalamu’alaikum

Aa Ikhwan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.