Led Senja di Ujung Headlamp

Assalamu’alaykum

Judulnya lebay ya :mrgreen:, *abaikan saja

Beberapa minggu yang lalu, lampu senja si merah padam Aa, ini pertama kalinya lampu senja si merah padam di mana sudah menginjak usia 2 tahun 9 bulan :D, kalo lampu depan utama Alhamdulillah sampai sekarang masih hidup dan lampu belakang sudah dua kali putus :mrgreen:.

Aa Ikhwan berencana mengganti lampu senja yang putus bawan pabrik dengan lampu senja model led yang memang sedikit banyak sedang digandrungi di dunia otomotif, di samping bentuknya yang unik yang kadang di sebut led jagung :mrgreen:, dan juga disinyalir lebih hemat daya CMIIW.

Akhirnya saat itu juga pas pulang kantor Aa mampir ke toko AMX di sekitaran Perumnas Tangerang, karena kebetulan mau beli oli juga akhirnya Aa memutuskan membeli led senja sepasang seharga Rp 23.000,- warna putih merk Yosekimoto.

Tapi led warna putih tersebut tidak jadi dipasang, karena saat bongkar-bongkar laci Aa menemukan led jagung warna biru yang dulu pernah dikasih kawan kantor dan ukurannya pun lebih panjang dan tampilannya lebih rapi ( gambar paling atas), ya sudah akhirnya memutuskan pasang led yang warna biru ini daripada nganggur n mubajir :D.

Mari kita bahas cara pemasangannya

Langkah-langkah pemasangan led senja di headlamp

* Peralatan :
– obeng plus
– lampu led

* Instalasi :

– Bongkar ujung headlamp dengan menggunakan obeng plus untuk membuka baut2 yang mengikat di samping.

setelah baut2 tersebut dibuka, lepas ujung headlamp pelan2 sambil di tarik ke bawah soalnya ada kaitan di atasnya jadi perlu ditarik ke bawah.

rumah lampu senja

Nah yang dibuletin warna ijo itu adalah rumah lampu senja, dan cukup ditarik aja pelan2 sambil puter kanan kiri sedikit2 (karena rumahnya itu berbentuk karet tebal dan kedap air) sampe dia keluar..mudah kan :D, setelah ditarik akan nampaklah lampu led orinya yang berbentuk bohlam kecil.

tarik keluar pelan2

Selanjutnya kita lepaskan/copot bohlam senja yang mati dan gantikan dengan lampu led senja yang baru.

Led Putih
Led Biru

Selesai sudah pemasangan lapu led senja warna biru di si merah , yang putihnya nganggur :D, barangkali nanti untuk dipasang menggantikan lampe spedometer :mrgreen:.

Semoga bermanfaat, dan silahkan dicoba pengaplikasian lampu led di kendaraan anda :mrgreen: , kalau khawatir salah cara pemasangannya, lebih baik konsultasikan kepada ahlinya 😀

Wassalam

Aa Ikhwan

39 Comments

  1. Kalo jaman dulu lampu senja masih kepake (dinyalakan jam 5 sampe magrib), lah sekarang semua motor matanya wajib melotot tot

  2. mantap A..aku udah lama pake LED senja.. 😀
    btw A..itu yg putih kayanya ga bisa dipake di speedo..soalnya terlalu gede A..aku coba pake yg gede gitu malah ga nyala..nyalanya pake yg jagung 5 mata kalo ga salah..tapi ya dicoba dulu aja A.. 😀

  3. ane uda pasang led putih di speedo scorpio…tapi led yg biasa, yg ga panjang2 amat..biar bisa pas di speedo…mantap cahayanya.. 🙂

  4. Lampu led senja divixion advanced gw kok lgi jln tba2 mati lalu hidup lgi…pdhl bru beli…knp tu ya mohon infonya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.