Aa Ikhwan Blog bikin e-KTP

Assalamu’alaikum

e-KTP

Apa kabarnya kawan2 semua? semoga semuanya dlam keadaan sehat dan selau alam keberkahan Amin, dan buat yang sakit semoga lekas sembuh ya n tetap semangat serta sabar dalam menjalani hidup dan kehidupan ini, ini rtikel cukup panjang dan banyak foto2nya jd yang sabar ya bacanya πŸ˜€

Aa Ikhwan Blog beserta keluarga besar (cuma 5 orang) kok istri Aa Ikhwan Blog gak ikut πŸ˜€ kalo istri blm ikut wilayah Aa Ikhwan Blog belum buat surat pindah :D.. Aa Ikhwan Blog sekeluarga dapat panggilan untuk hadir dalam pembuatan e-KTP Kota Tangerang sesuai dengaan kecamatannya masing2.

Tapi yang ikut bikin sih 4 orang soalnya adik Aa Ikhwan Blog yang wanita sudah bikin duluan n ikut alamat suami, jadi yang bikin adalah Bapak, Ibu, Aa Ikhwan Blog, dan adik yg paling bontot, kami sekeluarga dapat panggilan pada tanggal 16 Februari 2012 untuk proses pembuatan e-KTP di Kantor Kecamatan Tangerang.

Panggilan bikin e-KTP

Kebetulan Ibu lebih dahulu datang karena sambil mengajar sebagai guru dan kebetulan juga tempat mengajarnya (SD) dekat kantor Kecamatan tangerang yaitu sekitar wilayah alun2 Ahmad Yani Tangerang tepatnya Jl. Nyimas Melati, Aa Ikhwan Blog dan keluarga datang pagi sekitar jam 9 itu pun antrian yg sudah ada terlihat menumpuk dengan antrian warga yang duduk di tempat/bawah tenda yang sudah disiapkan.

antrian warga

antrian warga

Nah disystem antrian ini ada sedikit masalah yang menurut Aa Ikhwan Blog klasik tapi bikin rusuh :D, pertama kertas/surat panggilan ditumpuk di atas meja di depan antrian warga di bawah tenda, entah bagaimana ceritanya ada yang taro suratnya di atas dan aa juga yang di bawah dan juga ada yg bolak-balik cek suratnya gak ngerti mau diapain tuh hadeeh…sampe akhirnya ada petugas yang datang dan merapikannya tp setelah petugas pergi mulai lagi kasak-kusuknya warga yang penasaran cek surat2 yang sudah ditumpuk.

AKhirnya surat dibalik dan yang baru datang taro di atas, tapi ada yang protes karena kertas dia jd jauh urutannya, Aa Ikhwan Blog cuma geleng2 kepala aja liatnya, udah gak ada petugas, warga saling merasa duluan wah mulai kacau nih, sampai akhirnya ada petugas lagi dan tetap terjadi cekcok, petugas yg disuruh jaga pun pusing liatnya dan bingung nih kertas maumulai dari mana.. salah sendiri sih gak dijaga n diawasi dari awal.

meja tumpukan surat gak ada yang jaga-sebuah kelalaian πŸ˜€

dijaga tapi mulai ada benih2 "rusuh"

tambah panas

masih rame aja ya yg di depan hadeeh...

Sampai akhirnya mulai reda ketegangan yang ada, meja pun dijaga oleh 2 wanita siswa SMU yang mungkin sedang magang di Kantor Kecamatan

Siswi SMU yang jaga πŸ˜€

Sudah dijaga oleh siswi SMU pun masih aja ada yang penasaran ke depan tanya antrian,..ato mau kenalan yak πŸ˜€ πŸ˜€

Masih rame aja ya,.. mendingan duduk Pak,.Bu..

Akhirnya urutan keluarga Aa Ikhwan Blog dipanggil dan mendapat nomor antrian untuk proses pembuatannya, di dalam ruangan pembuatan e-KTP pun masih harus menunggu panggilan dan kalo Aa Ikhwan Blog perhatikan ada 4 petugas dengan masing2 dilengkapi dengan 4 peralatan pembuatan e-KTP.

Antrian pembuatan e-KTP berdasarkan no urut yang sudah diberikan

Proses pembuatan e-KTP ada 5 langkah yaitu :
1. Sesi Foto
2. Tandatangan pertama
3. Sidik Jari
4. Foto/scan retina mata
5. Tandatangan Kedua

Semua 5 langkah tersebut dilakukan dalam satu meja, dengan kelengkapan semua peralatan yang dibutuhkan seperti Kamera Foto, alat scan sidik jari, alat scan retina, dan alat scan tandatangan semuanya dilakukan secara berurutan dengan sebelumnya dimasukkan data2 warga sesuai dengan identitasnya masing2, karena nama Aa Ikhwan Blog pun sempat kurang 1 huruf, dan jg adik Aa Ikhwan Blog lebih 1 huruf :D.

Peralatan pembuatan e-KTP

Berikut beberapa penampakkan proses e-KTP :

Pengambilan Foto - my brother πŸ˜€

Tandatangan

Scan Sidik Jari

Scan Retina mata

Aa Ikhwan Blog - scan sidik jari πŸ˜€

Secara keseluruhan proses dari program pembuatan e-KTP khususnya untuk Kecamatan Tangerang saat Aa Ikhwan Blog bikin cukup lancar dan bagus hanya kekurangannya saat antrian awal saja yang mesti diperbaiki ke depannya dengan sedari awal disiapkan petugas yang menjaga meja antrian penumpukan surat bikin e-KTP.

Semoga bermanfaat dan tetap menjaga tata tertib ya saat membuatnya, gak usah gaduh dan lebih baik duduk saja dengan santai menunggu giliran dipanggil :D.

Wassalam

Aa Ikhwan Blog

11 thoughts on “Aa Ikhwan Blog bikin e-KTP

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: