Assalamu’alaikum

aaikhwan.com – Sebelumnya Aa pernah mengganti bohlam atau lampu depan R15 yang mati di bengkel kawan, karena kebetulan dia jual bohlamnya jadi sekalian pasang, nah beberapa waktu lalu lampu dekatnya kembali putus karena barangkali memang sering menyala AHO kalau lampu jauhnya tetap bisa menyala, karena Aa lebih sering menggunakan lampu dekat AHO sehingga tetap Aa ganti bohlamnya, nah kali ini Aa menggantinya sendiri saja di rumah, bagaimanakah caranya?

Sebetulnya cukup sederhana dan mudah, tidak jauh beda saat Aa mengganti bohlam di Vixion zaman old :mrgreen: , karena tipe soketnya pun masih sama yakni H4. Berikut langkah-langkahnya :

1. Lepas atau Buka Panel Console 

         

Panel console ini letaknya masih menempel dengan fairing atas atau berada di bawah stang , panel console ini ada 3 baut dan dibuka dengan kunci L , cukup mudah melepasnya setelah 3 baut terbuka angkat saja panel console tersebut perlahan-lahan, di posisi bawah spedometer ada kaitan panel console berupa karet angkat saja sampai semua bagian panel console terlepas 😀 .

2. Lepas Soket Bohlam

Setelah panel console dibuka/lepas akan nampak soket bohlam, seperti foto di bawah ini

Soket bohlam tersebut dilepas saja, cukup ditarik saja..mudah bukan 😀 .

3. Lepas Karet Pelindung Rumah Bohlam

Selain soket bohlam, ada juga lapisan karet pelindung bohlam atau rumah bohlamnya, itu pun sama tarik ke arah luar saja cukup mudah 😀 .

4. Lepas Bohlam dari Rumah Bohlam

Setelah karet pelindung dilepas, akan tampak kaki bohlam yang berjumlah 3 kaki dengan tipe H4, melepas  bohlam pun cukup mudah, lepas atau terik kawat yang mengunci bohlam tersebut lalu ambil bohlamnya.

5. Pasang Bohlam Baru

Setelah kawat pengunci dilepas tarik bohlam lama lalu pasang bohlam baru, dan jangan lupa kuci kembali dengan kawat penguncinya.

Setelah bohlam terpasang, pasang kembali karet pelindungnya lalu colokkan kembali soket yang tadi dilepas, kemudian test lampunya menyala dengan baik 😀 , selanjutnya pasang kembali panel consolenya. Mudah bukan dan bisa dilakukan sendiri di rumah 😀 .

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

Aa Ikhwan