(DIY) Ganti Bohlam Headlamp Old R15

Assalamu’alaikum

aaikhwan.com – Sebelumnya lampu utama R15 seelah kiri (AHO) sudah pernah mati untuk lampu dekatnya saja, dan pernah diganti di bengkel JS namun saat adanya warna putih kebiruan yang akhirnya aa tukar posisi lampu kanan yang masih bagus Aa pindah ke kiri dan lampu barunya Aa pindah ke kanan yang sekaligus berfungsi kalau buat nge-dim :mrgreen: .

Sampai akhirnya lampu utama kiri untuk lampu dekatnya pun mati kembali atau putus sehingga Aa selalu mengaktifkan lampu jauh yang otomatis lampu headlamp kanan kiri akan hidup atau menyala seperti foto di awal, akhirnya Aa membeli bohlam baru ori Yamaha untuk mengganti bohlam yang putus walau yang putus untuk lampu dekatnya saja, tapi sayang juga kalau dua-duanya menyala dengan settingan lampu jauh 😀 .

Kali ini Aa pasang sendiri bohlam tersebut, bagaimana cara memasang lampu atau bohlam headlamp R15 ? , berikut langkah-langkahnya .

1.Buka dengan kunci L bagian console (sesuai yang tertera di katalog part Yamaha 😀  ) yang berwarna hitam  (lihat panah warna kuning) di bagian atas yang menyambung hingga spedometer, untuk bagian dekat spedometer console nya cukup diangkat saja karena pegangannya hanya karet dan cukup gampang melepasnya tarik saja ke atas.

Setelah bagian panel,console dilepas nanti akan terlihat karet penutup rumah bohlamnya beserta soket lampunya (soket tipe H4)

penampakkan soket H4 dan karet penutup rumah lampu

2. Lepas soket H4 nya cukup tarik saja pelan-pelan

soket H4 dilepas

3. Lepas Karet rumah bohlamnya

karet penutup rumah bohlam

 4. Lepas kawat pengunci bohlam

Setelah karet penutup rumah bohlam dilepas, akan terlihat kaki bohlamnya (3 kaki H4), namun sebelumm melepas bohlamnya, terlebih dahulu buka kuncian kawatnya yang berfungsi sebagai penahan bohlam agar tetap kuat pada tempatnya.

lepas kawat pengunci bohlam

5. Lepas bohlam yang mati lalu pasang bohlam yang baru

6. Pasang kembali kawat pengunci bohlamnya

7. Pasang kembali karet rumah bohlamnya

8. Pasang kembali soket H4 nya

9. Pasang kembali panel, console atas dan kencangkan dengan kunci L .

10. Selamat sudah sukses memasang sendiri :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

Aa Ikhwan

 

Leave a Reply