Assalamu’alaikum

aaikhwan.com – Agak telat nih Aa menulis hasil race Assen harap maklum sedang di luar soalnya :mrgreen: , Valentino Rossi menjadi juara podium pertama di racr Motogp Assen 2017 dan memang Rossi tercatat menjadi pebalap yang terbanyak memenangi balapan di Assen ini hingga mendapat julukan King Of Assen.

Posisi dua sukses diraih pebalap Octo Ducati Petrucci yang juga rekan senegara Rossi,  lalu Marquez sukses meraih podium ketiga setelah di dua tikungan akhir sukses menikung Crutchlow.

Sejak awal start balapan memang sudah seru,  Zarco sukses mempertahankan posisinya di depan,  disusul Marwuez lalu Rossi dari posisi empat sukses masuk ke posisi ketiga di depan Petrucci,

Pada lap 10 Rossi sukses menyalip Marquez kemudian berikutnya pun sukses menyalip Zarco bahkan sempat ada sedikit insiden senggolan antara Rossi dan Zarco, di mana Zarco ingin masuk dari dalam dan Rossi menutup celah tersebut sehingga ada seggolan sedikit di antara keduanya.

Dalam race Assen ini beberapa pebalap tercatat mengalami crash sebut saja Bautista,  Folger,  Vinales, Lowes , bahkan Vinales di lap 13 saat terjatuh nyaris saja tertabrak oleh Dovi sangat tipis.

 

Di 8 lap terakhir muncul bendera putih yang menandakan kondisi agak gerimis dan membolehkan pebalap mengganti motornya untuk menggunakan ban basah,  di mana hal ini sangat tidak disukai Rossi dan memang pada beberapa race sistm flag to flag ini Rossi tidak sukses 😀 .

Kurang lebih di 4 lap terakhir balapan di barisan depn tambah seru Rossi dan Petrucci terlibat aksi saling balap dan memng menjadikan tontonan motogp tambah seru,  Rossi akhirnya sukses kembali merebut posisi depan dari Perrucci hingga akhir garis finish, laju Petrucci memang sempat terhambat saat mengover lap Aleix Rins sehingga sedikit bersentuhan.

Di dua lap terakhir perebutan posisi ketiga gak kalah serunya,  terlebih tiba-tiba Crutchlow sukses masuk ke barisan di antara Marquez dan Dovi untuk saling berebut posisi ketiga.

Sayang di dua tikungan akhir Crutchlow lengah dan telat menutup racing lane pebalap di belakangnya hingga Marquez sukses menyalipnya dan sukses meraih podium tiga.

Rossi lalu Petrucci kemudian Marquez suses meraih podium,  dengan terjatuhnya Vinales maka klasmen sementara diambil alih Dovizioso dari Ducati kemudian Vinales kedua dengan selisih 4 poin lalu di posisi ketiga ada Rossi dengan selisih 7 poin,  semua pebalap masih berpotensi meraih juara dunia karena tiap race boleh dibilang seru kali ini 😀 .

Rossi sendiri di Assen ini adalah kemenangan perdana di tahun 2017 dan pertama menang kembali sejak setahun yang lalu di Barcelona.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

Aa Ikhwan