Assalamu’alaikum

aaikhwan.com – Kawan-kawan pasti sudah tahu kan mengenai fungsi Yellow Box Junction yang biasanya dibuat dipersimpangan jalan ? Mengutip dari laman FB NTMC Korlantas Polri Yellow Box Juntion (YBJ) ini berfungsi sebagai kawasan kosong tanpa kendaraan atau benda penghalang lainnya. Tujuannya untuk mencegah kemacetan di salah satu jalur dan berakibat pada kepadatan arus kendaraan di jalur lain yang sebenarnya tidak macet.

Nah apakah fungsi dan tujuan YBJ yang biasanya ada di persimpangan jalan sama dengan fungsi YBJ di perlintasan kereta api seperti foto di atas di mana Aa melewati perlintasan kereta dan sebelum palang kereta api ada YBJ juga sama seperti di persimpangan jalan namun bentuknya lebih kecil. Kalau di persimpangan jalan kendaraan tidak boleh berada di YBJ bagaimana dengan yang di perlintasan kereta yang memang hanya menunggu kereta lewat saja?

Karena kalau melihat foto Aa di perlintasan kereta Gmenuju kemayoran dari arah Gunung Sahari, jika pengendara berhenti di luar area YBJ maka kendaraan dari arah kiri yang mau menyeberang ke kanan tidak akan bisa melintas karena tertutup kendaraan yang harus berhenti di luar kotak kuning :mrgreen: , barangkali khusus untuk di perlintasan kereta hanya cukup menunggu persis sebelum palang kereta api yang tentunya jangan menerobos palaang yang sudah turun ya 😀 .

Kalau Aa perhatikan YBX di persimpangan jalan dibuat setelah tiang lampu lalu lintas CMIIW , sedangkan kalau di perlintasan kereta api YBX dahulu baru paang pintu kereta api 😀 .

Memang kalau kita maru rapi dan tertib di jalan sangat susah sekali, situasi dan kondisi di jalanan yang membuat sulit tertib, kita sudah berusaha tertib belum tentu yang lain tertib yang kadang membuat kita terbawa arus … fakta !  😀  .

Dengan adanya YBJ di perlintasan kereta ini diharapkan menggugah kesadaran masyarakat agar jangan menerobos palang pintu dan sabar menunggu kereta lewat, walau kenyataannya masih banyak yang menerobosnya padahal bahaya di depan mata.

Semoga bermanfaat, hati-hati selalu di jalan.

Wassalamu’alaikum

Aa Ikhwan