aaikhwan.com – Qadarullah semalam blog Aa (aaikhwan.com) kena hack, dan ini merupakan hack tipe deface karena merubah tampilan depan halaman blog.

Terakhir Aa bisa akses dan menulis blog tanggal 17 Mei 2017 tentang garage sale di kantor, sejak itu Aa belum nulis kembali maklum blog angin-anginan kadang nulis kadang enggak dan banyak enggaknya haha..blog sampingan saja kalau ada bonusnya ya Alhamdulillah 😀 .

Lanjut masalah deface yang menimpa blog Aa, awalnya Aa mau mencoba mengorek-ngorek file yang kira-kira kena rubah dengan masuk ke cpanel aaikhwan.com karena memang buka login wp-admin tidak bisa.

Sempat mencoba mendisable semua plugins yang ada karena barangkali masuk melalui plugins yang Aa install ternyata tidak berhasil.

Sebetulnya banyak yang ingin Aa coba-coba untuk dicek di mana yang kena defacenya, berhubung hosting Aa nebeng di server umat milik bang Elang Endrik yang tentunya mudah “diganggu” (baca : dihubungi) 😆 ya sudah Aa “nyerah” dan menyerahkan semuanya ke juragan hostingnya haha, barangkali Aa perlu nanti menulis mengapa memilih hosting di server umat.

Langsung saja bang Endrik memberikan solusi awal yang cepat dengan merestore blog Aa sehingga bisa pulih kembali, mantap dah juragan hostingnya , sambil nanti dicek dan ricek beberapa data yang terkena deface.

Sepertinya ini saat proses restore berlangsung jadi tidak ada hak akses untuk masuk ke blog kecuali admin hostingnya 😀 .

Usut punya usut Hacker yang mendeface Aa ini bernama kakatoji  sesuai dengan yang tertulis di tampilan deface blog Aa, dia tergabung di tim Indo Ghost Cyber  dan memang terlihat beberapa kali mendeface blog.

Lumayan banyak ya korban defacenya :mrgreen: , sepertinya memang iseng saja dan memang ada teks “sorry admin” pada tampilan blog yang kena deface.

Semoga bermanfaat, semoga ke depannya blog lebih aman Insya Allah.

Wassalamu’alaikum

Aa Ikhwan