Assalamu’alaikum

aaikhwan.com – Beberapa waktu yang lalu saat sedang riding Aa perhatian Aa tertuju ke indikator sein di dashboard motor di mana hanya menyala hijau tanpa kedip saat melakukan sein kanan (baca:belok ke kanan) , sedangkan saat belok ke kiri (sein kiri) indikator berkedip normal.

Saat berhenti di lampu merah, Aa cek lampu sein motor yang kiri memang menyala normal dan berkedip, sedangkan lampu sein kanan bagian depan mati tidak menyala yang belakang kanan menyala namun tidak berkedip wah bagi Aa ini suatu hal yang mengkhawatirkan alias berbahaya karena sein kanan depan mati dan bagi kendaraan dari depan Aa tidak akan tahu Aa akan belok ke kanan walau dari pergerakan motor bisa menebak namun tetap saja berbahaya, sein belakang kanan masih lumayan bisa menyala walau tidak kedip.

Awalnya Aa pikir ini ada masalah di flasher lampu seinnya sehingga tidak berkedip normal, namun kawan Aa di kantor bilang kalau yang sebelahnya kedip kemungkinan flasher tidak masalah hanya cukup coba ganti bohlam yang putus saja, saat di rumah Aa coba mengganti dengan bohlam seadanya yang ada di rumah dan akhirnya bisa menyala namun kok tidak kedip, sepertinya memang semua bohlamnya harus sama dari sisi tegangannya CMIIW .

bohlam T10 bukan bawaan R15
Bohlam T10 bukan bawaan R15 saat menyala namun tidak berkedip, karena beda tegangan dengan standar bohlam R15 CMIIW

Akhirnya saat libur Aa coba ganti dengan bohlam yang memang standar bawaan motor namun kaca bohlamnya bening tapi saat nyala berwarna kuning, pemasangan bohlam ini cukup mudah hanya melepas atau mencongkel sedikit mika rumah sein dan ganti bohlamnya kelar dah 😀 . Saat ditest lampu seinnya ternyata berkedip dan kesimpulannya memang bohlam putus pada lampu sein menyebabkan sein tidak berkedip jadi belum tentu karena flashernya yang bermasalah.

 

Rencananya Aa mau coba lampu sein led untuk R15 ini tentunya mesti mengganti flasher yang bisa untuk lampu mode led agar bisa berkedip , berikut video saat Aa mengganti sein R15 yang putus :

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

Aa Ikhwan