jump to navigation

Servis Force Fi di Java Motor April 20, 2017

Posted by aaikhwan in : Serba Roda Dua , trackback

Assalamu’alaikum

aaikhwan.com  – Liburan Pilkada Jakarta kemarin 19 April 2017, Aa menyempatkan diri untuk menservis motor bebek yang sehari-hari digunakan istri yaiu Yamaha force Fi generasi penerus motor Yamaha Vega 😀 , kali ini bebek Force Fi Aa bawa ke salah satu bengkel langganan Aa juga yaitu Java Motor, pemilik bengkelnya bernama Yanto di daerah perumnas Tangerang juga gak jauh dari bengkel JS Motor.

Motor Force Fi Aa bawa ke bengkel ini sejak dari pagi, jadi pertama kali pelanggan yang diservis motornya 😀 , karena memang siangnya Aa sudah ada janji dengan sales Yamaha untuk mengambi unit Nmax milik adik yang sudah ada. Daftar servis yang dilakukan pada si Force Fi ini adalah :

  1. Servis ringan rutin
  2. Ganti oli
  3. Stel Kombstir
  4. Ganti lampu belakang

Servis rutin meliputi pembersihan dibeberapa area yang memang kotor, filter pun dibersihkan seperti lazimnya saat servis motor, busi pun dicek dan dibersihkan, namun kali ini tidak ada servis injektor karena sebelumnya sudah dilakukan di bebek ini dengan sistem “infus” 😀 .

Pergantian oli Aa menggunakan oli yang baru pertama kali Aa gunakan, yaitu oli BM1 15W50 , menurut bang Yanto oli ini cukup bagus jadi gak ada salahnya Aa coba, kemungkinan nanti punyang R15 akan Aa coba menggunakan oli ini. Bagaimana rasanya setelah pakai oli BM1 di bebek Force Fi? Insya Allah di artikel berikutnya ya 😀 .

Seperti biasa penyakit motor Yamaha adalah kmstirnya yang sering bermasalah cepat kendor atau oblagh, bahkan jaman motor Vixion dahulu sering banget kena kombstir oblagh, caranya masih cara klasik digetok , mungkin ditulis di artikel berikutnya saja :mrgreen: .

Penggantian bohlam belakang, sebetulnya lampu belakang force fi ini tidak mati, hanya saja karena lampu ini menggunakan model luminos maka lampu belakang menjadi tidak berfungsi, hanya lampu rem saja yang berfungsi. Penyebab lampu belakang tidak berfungsi karena menurut Aa listrik di motor bebek Fi ini menganut sistem AC bukan DC, sedangkan lampu belakang luminos akan berfungsi padamotor yang berarus DC. Penggantian bohlam belakang akhirnya menggunakan bohlam model biasa seperti bawaan motor.

Berikut video saat si force fi diservis :

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

Aa Ikhwan

Comments»

1. Aa Ikhwan BlogNyoba Oli BM1 di Yamaha Force Fi - Aa Ikhwan Blog - 04/21/2017

[…] Saat servis yamaha force fi di bengkel Java Motor Rabu lalu saat libur pilkada, Aa melakukan penggantian oli yang memang […]

2. Aa Ikhwan BlogModifikasi Vario 125 Mulai Dari Visor, Spion, Stang Fatbar dan Spedometer Satria FU - Aa Ikhwan Blog - 04/26/2017

[…] Sewaktu Aa servis yamaha force fi di bengkel Java Motor milik bang Ynto, ada penampakkan motor Vario 125 CBS dengan beberapa […]


%d bloggers like this: