Donor Darah di Kantor – April 2017

Assalamu’alaikum

aaikhwan.com – Alhamdulillah untuk kesekian kalinya Aa bisa ikut donor darah kususnya di kantor yang memang tiap tahun ada acara donor darah 2x dalam setahun, ini donor darah Aa yang ke 8 sebelumnya sempat ditolak karena Aa sedang minum obat jadi tidak dibolehkan untuk ikut donor, seharusnya kalau boleh sudah yang ke 9 nih :mrgreen: .

Pada hari ini 7 April 2017 kantor tempat Aa bekerja kembali mengadakan acara donor darah, seperti yang sudah-sudah acara donor dilaksanakan di ruang tengah lantai satu yang memang cukup luas untuk aktivitas donor darah, tentunya acara donor darah ini kerja sama antara PMI dengan kantor yang diprakarsai oleh staff HSSE.

Petugas PMI sudh datang dari pagi dengan kendaraan PMI nya, langsung tim dari PMI menyusun peralatan donor untuk diletakkan dilokasi yang memang sudah disusun dan diatur oleh panitia.

Petugas PMI
Petugas PMI

Prosedur untuk para pedonor yaitu sebagai berikut :

1. Isi Formulir Donor Darah

Isi formulir pedonor

Para pedonor ambil formulir pendaftaran donor darah yang sudah disediakan oleh panitia/PMI, isi formulir dengan data yang sebenarnya, termasuk beberapa riwayat penyakit yang memang ada di formulir tersebut, jangan lupa nomor kartu pedonor kalau yang sudah pernah donor sebelumnya, tulis pula donor darah yang ke berapa saat donor darah ini.

2. Cek Darah

Pak Haji Ary cek darah

Setelah isi formulir, nanti pedonor akan dipanggil untuk dilakukan cek darah termasuk golongan darahnya, cek darah pun juga menentukan boleh tidaknya seseorang untuk donor darah, seperti yang HB nya rendah atau tinggi tidak diperbolehkan untuk donor darah, tadi pun ada beberapa kawan yang ditolak untuk donor 😀 .

3. Cek Tensi Darah

Pak haji cek tensi darah

Setelah dilakukan pengecekan tekanan darah beserta HB dan juga berat badan, lalu dinyatakan lolos, barulah kemudian akan dipanggil untuk pengecekan tekanan darah oleh petugas yang lainnya, kemudian menunggu panggilan berikutnya yaitu donor darah.

4. Donor Darah

Pak haji donor darah 😀

Setelah selesai ditensi, kumpulkan formulir dan kartu donor kepada petugas atau sesuai dengan prosedur yang ada saat itu, kalau dulu formulir dan kartu Aa letakkan sendiri di kasur tempat donornya baru kemudian dipanggil, kalau tadi lebih rapi karena semua formulir dikumpulkan kembali di panitia lalu datanya ditulis di kantong darah yang kemudian dikumpulkan sebagai antrean untuk para pedonor.

proses pengambilan darah (donor darah)
bos malu-malu difoto 😀

Aa pun sukses donor darah hari ini, setelah beberapa bulan lalu ditolak karena sedang minum obat antibiotik :mrgreen: .

diencus jarum suntik 😀

4. Selesai Donor Darah

Ingat ya setelah selesai donor, bangun dari tempat tidur pedonor pelan-pelan saja jangan buru-buru nanti malah pusing 😀 , setelah donor kita ambil kembali kartu donor yang ada di panitia plus bingkisan kecil goodie bag yang di dalamnya berisi mie instant kemasan gelas, obat panambah darah, susu kotak, jus buah kemasan kotak, telur matang. Barangkali isi bingkisan berbeda-beda ya saat donor namun yang rutin memang mie instant dan telor 😀 .

O ya, pada donor darah kali ada ada pemberian penghargaan dari PMI kepada beberapa pedonor yang sudah 10x melakukan donor sesuai jumlah yang ada pada kartu donor.

penghargaan 10x donor darah

Video saat donor darah :

Semoga bermanfaat, ayo donorkan darah untuk kesehatan dan membantu bagi yang membutuhkan 😀 .

Wassalamu’alaikum

Aa Ikhwan

Leave a Reply