Assalamu’alaikum

aaikhwan.com – Di Kota Tangerang sedang ada proyek pengerjaan jembatan yang melintasi sungai Cisadane, proyek pembangunan jembatan tersebut berguna untuk mengurai kemacetan parah yang sering terjadi semisal di Jl Teuku Umar , daerah Grendeng dan banyak wilayah lainnya yang mungkin perlu diurai kemacetannya.

Saat ini yang Aa tahu memang 2 jembatan yang sedang di bangun, satu di jalan Teuku Umar Cikokol, satunya lagi di grendeng Jl. Dadang Suprapto, menurut info akan ada 3 jembatan baru yang ketiga infonya di jalan KS. Tubun namun Aa belum jelas info tersebut karena pembangunan fisik belum terlihat di wilayah itu, namun memang ada penggusuran lahan dekat arah ke pintu air 10 samping kantor pemadam kebakaran namun sepertinya itu hanya jalanan bukan jembatan, ada juga di Tanah Tinggi Tangerang terlihat ada proyek di kali cisadane namun apakah memang itu jembatan yang termasuk proyek di atas atau proyek lain semisal penghubung ke Bandara agar cepat? Aa sendiri belum sempat mampir berhenti untuk melihatnya.

Untuk bagian pertama ini Aa akan berbagi info mengenai proyek jembatan Kota Tangerang di jl. Dadang Suprapto di wilayah Grendeng, pembangunannya melintasi sungai cisadane dari jalan Dadang Suprapto menuju ke jalan Benteng Jaya yang berada di seberang sungai.

Kemacetan biasanya terjadi di wilayah ks tubun menuju ke jembatan arah daan mogot, karena ada pertigaan dari pasar baru yang menuju ke ks tubun juga menuju ke jalan dadang suprapto, lalu pertigaan dekat gedung cisadane yang membuat kendaraan menumpuk karena jalan perlahan, belum lagi kendaraan yang menuju daan mogot melalui jalan berhias akan menumpuk saat memasuki jembatan, makanya jalan berhias dibatasi tidak boleh lewat situ sampai dengan jam 8 pagi.

Jl. Dadang Suprapto (satu arah)

Kemudian, kemacetan pun kerap terjadi di pertigaan jembatan jl. merdeka di mana sebagian kendaraan akan ke kiri menuju jalan benteng jaya, dan yang ke kanan menuju cimone atau karawaci, nah di pertigaan lampu merah “Pos” pun sering terjadi penumpukkan kendaraan bahkan sangat panjang, selain memang ada lampu merah namun sebelum lampu merah pun ada percabangan kendaraan kalau ke kanan menuju jalan M. Toha bisa ke pasar baru atau ke daan mogot kembali kalau ke kiri ya ke arah cimone.

Rencananya selain jembatan ini, akan dibangun juga fasilitas untuk warga di sekitaran jembatan ini, bisa tempat bermain atau olahraga walaupun saat ini sudah ada taman bermain dan olahraga di sekitaran Grendeng tersebut yang di sebut “Taman Dayung” yang Insya Allah akan Aa bahas nanti kalau sempat 😀 .

Kebetulan saat itu Aa sedang ada arisan keluarga di rumah kerabat yang memang berlokasi di Grendeng persis di pinggir jl. Dadang Suprapto, jadi Aa bisa menyempatkan mendokumentasikan proses pembangunan jembatan tersebut. Sebuah langkah yang bagus dari Pemkot Tangerang untuk perkembangan kota Tangerang yang lebih baik lagi, khususnya untuk mengatur kendaraan yang lalu lalang yang berpotensi menimbulkan kemacetan, sehingga kemacetan bisa terurai, namun sampai kapan bisa mengurai kemacetan kalau kendaraan bertambah terus ya :mrgreen: .

Azzam melihat proyek jembatan

Untuk alur lalu lintas setelah jembatan ini jadi Aa belum tahu, tapi biasanya akan ada uji coba jalur baru melalui jembatan ini, atau ada pengalihan jalan yang baru sesuai rute-rute yang dibuat oleh pemkot Tangerang. Jadi kita tunggu saja setelah jembatan ini jadi 😀 .

Berikut video singkat peroses pembangunan jembatannya :

Semoga bermanfaat, dan semoga bisa mengurai kemacetan yang ada selama ini, nantikan update berikutnya Insya Allah.

Wassalamu’alaikum

Aa Ikhwan