Assalamu’alaikum

bubuk kopi biji kurma

aaikhwan.com – Kurma, ya kurma tentunya kawan-kawan sudah mengetahuinya, buah yang sebagian besar berasal dari daerah timur tengah yang gersang, tanaman kurma ini tetap bisa tumbuh dengan baik di daerah gersang, bahkan beberapa negara timur tengah termasuk penghasil buah kurma yang sangat baik.

Kaum muslimin disunnahkan memakan kurma dan kalau bisa menyediakannya di rumah πŸ˜€ , apalagi saat bulan puasa biasanya buah kurma banyak dikonsumsi. Nah kalau buahnya bisa dikonsumsi bahkan baik untuk kesehatan, bagaimana dengan bijinya? ternyata bijinya pun dapat dikonsumsi juga dijadikan kopi dengan terlebih dahulu dikeringkan biji kurmanya lalu dimasak/goreng kemudian dihaluskan agar menjadi bubuk kopi biji kurma πŸ˜€

Proses menyeduh kopi sama seperti biasanya membuat kopi, biasanya Aa memasak air untuk menyeduh kopi sehingga panasnya air mendidih pas untuk memanaskan bubuk kopi yang akan diseduh.

Bubuk kopinya mengingatkan Aa dengan bubuk tanaman jinten hitam yang juga bermanfaat bagi kesehatan kita. Bagaimana rasa kopi biji kurma ini ? Jujur saja gak enak :mrgreen: , barangkali ini hanya masalah kebiasaan yang sebelumnya biasa minum kopi bubuk dari biji kopi, lalu pindah ke biji kurma di mana hitamnya sangat pekat lalu saat diseduh seperti tidak menyatu antara serbuk kopi biji kurma dengan air, rasanya bagaimana ? sulit dijelaskan memang bukan rasa kopi jadi rasa kurma :mrgreen: .

Aa sih belum coba mengendapkan kopi biji kurma tersebut, apakah seperti kopi biasa yang mengendap di bawah tapi bagian atas airnya tetap berwarna kopi dan rasa kopi, atau mengendap namun bagian atas tetap air rasa gula dengan sedikit rasa kurma ? πŸ˜€ , nanti perlu dicoba soalnya gak Aa habiskan semalam saat mencoba membuatnya, langsung Aa ganti kopi biasa karena rasa kopi kurma yang terasa hanya air gula saja, atau bisa juga cara Aa menyeduhnya salah atau memang perlu bubuk kopi kurma yang agak banyakan supaya pekatΒ  πŸ˜€

Semoga bermanfaat, barangkali ada kawan-kawan yang pernah mencoba kopi biji kurma silahkan dishare atau infokan di sini rasa dan juga cara penyeduhannya, apakah Aa memang salah dalam proses penyeduhannya atau memang rasanya seperti itu πŸ˜€ .

Wassalamu’alaikum

Aa Ikhwan