Assalamu’alaikum

aaikhwan.com – Tulisan ini masih lanjutan dari artikel sebelumnya mengenai macet kembali jok belakang R15 yang bisa dibaca di sini , dalam tulisan kali ini Aa akan menceritakan solusi sementara dari kunci jok R15 yang macet yang penyakitnya sudah ketemu yakni di kabel joknya yang seret karena ada yang putus di dalam yang entah karena apa 😀 .

Setelah sukses membuka jok belakang dengan susah payah, dan diketahui penyebab macetnya jok belakang adalah karena kerusakan pada kawat dalam kabel jok sehingga seret dan tidak bisa menarik kuncian jok saat anak kunci diputar pada rumah kuncinya. Kemudian bang Anto Jawa Motor memberi solusi sementara dengan menggunakan kawat gas vespa, yang memang hal tersebut sudah Aa perkirakan, karena memang niatnya kalau jok terbuka mau Aa buatkan pembuka jok di luar model tarik :mrgreen:  .

Jadi kabel jok dipotong dititik yang diperkirakan kawat kabelnya macet, karena saat akan ditarik kawat yang lama masih ada sebagian yang tertinggal di dalam kabel jok, sehingga kabel/kawat gas vespa tidak bisa masuk sepenuhnya, mau tidak mau ya kabel jok harus dipotong.

titik kabel jok yang dipotong perkiraan kawat dalamnya bermasalah

Setelah dipotong, barulah kawat gas vespa bisa masuk dengan lancar, ke dalam kabel jok yang sudah dipotong sebagian tadi, tentunya juga akan dilakukan pengukuran untuk posisi tarikan kabel jok manual karena kondisi kabel jok yang sudah dipotong dan menjadi pendek. 😀 .

Awalnya Aa ingin diletakkan di lubang bodi samping coakan untuk footrest nya, namun akhirnya dipindahkan ke lubang baut bodi belakang bawah dengan melepas baut yang sebelumnya ada.

Setelah sukses dilakukan test, kemudian kawat gas vespa dipotong sesuai keluaran di bawah lalu ujung kawat gas vespa tersebut dikasih bandul atau baut nipel mungkin ya namanya 😀 , untuk pegangan kawatnya dan memudahkan Aa saat menariknya , berikut penampakkan kunci jok manual model tarik di R15 Aa 😆 .

.

Lumayan lah daripada susah buka jok 😀

silahkan lihat videonya berikut ini setelah kawat gas vespa terpasang untuk membuka joknya :

Saat tulisan ini dibuat, Aa sudah mendapatkan paketan kabel jok original Yamaha yang Aa pesan dari kawan Aa om Hary, nanti akan Aa share pemasangan kabel jok aslinya kalau sempat Insya Allah 😀 .

Semoga bermanfaat

 

Wassalamu’alaikum

Aa Ikhwan