jump to navigation

Lagi Jok Belakang R15 Susah Dibuka, Ini Dia Penyebabnya March 6, 2017

Posted by aaikhwan in : Serba Roda Dua , trackback

Assalamu’alaikum

aaikhwan.com – Beberapa waktu yang lalu motor R15 Aa mengalami problem susah buka jok belakang kembali seperti kejadian sekitar satu tahun yang lalu, pernah Aa tulis di sini namun artikelnya hilang karena sempat ada masalah backup data di blog.

Kejadian susah buka jok belakang sebetulnya sudah lama terasa namun Aa biarkan saja menunggu waktu luang unuk coba bongkar, yang pasti Aa dulu bongkar sendiri banjir keringet, akhirnya mampir ke bengkel kawan JS motor untuk mencoba membuka jok belakang tersebut dan memakan waktu cukup lama 😀 .

Untuk kejadian yang kedua ini Aa meminta bantuan bengkel kawan aa yang lain karena pas kebetulan mau cari oli motor jadi sekalian coba bongkar jok di bengkel kawan Aa tersebut nama bengkelnya Java Motor juragannya namanya bang Anto mantan mekanik bengkel jalanan sekarang buka bengkel sendiri ajib dah 😀 .

Aa jelaskan kasus susah buka jok elakang R15 ini kepada bang anto, juga memberitahu solusi waktu buka jok pada kasus yang pertama dengan melepas bodi samping belakang kanan kiri lalu mencari baut yang mengikat jok depan dengan harapan bahwa saat jok depan bisa dibuka maka untuk melihat penyakit macetnya jok belakang mudah diketahui, dan memang waktu itu setelah jok depan terlepas lalu kemudian mencoba membuka jok belakang dengan sesekali memainkan kabel joknya langsung kunci jok belakang bisa terbuka, dicoba kembali secara normal tetap lancar sampai terakhir kemarin macet kembali 😀 .

Bang anto bersama Aa pun mencoba membuka bodi-bodi samping r15 namun sepertinya bang Anto memiliki solusi sendiri dengan mencoba memaksa membuka dudukan rumah kunci yang berbahan plastik namun masih susah, sampai Aa bilang pernah ada yang membuka paksa jok belakang R15 dengan menekannya ke arah depan untuk melepas kaitan jok belakang pada besi diburitan R15, dan setelah mencoba dengan dipaksa akhirnya terbuka juga jok belakang R15 Alhamdulillah 😀 .

Untuk memudahkan pengecekan atau pencarian penyebab jok belakang macet, maka semua yang ada di jok belakang dilepas termasuk karet tempat atau wadah untuk menyimpan tools.

Baut-baut tempat kaitan kunci jok pun dilepas agar jelas di mana yang menjadi penyebab jok macet.

Rumah kunci jok belakang dicoba putar lancar tidak ada masalah, namun bang Anto melihat sepertinya saat memutar kunci di rumah kuncinya, tidak ada reaksi ujung kabel jok untuk membuka kaitan kunci jok, sehingga bang anto berkesimpulan penyebabnya ada pada kabel jok.

Memang setelah dicoba tarik manual kawat di kabel jok tersebut ternyata susah alias keras alias seret dan macet 😀 , hmm ternyata ini dia penyebabnya kawan pada kabel jok tidak lancar bergerak sehingga dicoba diberi pelumas ke dalam lubang kabel jok dengan harapan kawat dalam kabel jok menjadi lancar bergerak.

Namun setelah diberi pelumas pun pergerakan kawat di kabel jok masih macet, sehingga diputuskan untuk memotong kabel jok tersebut dan dijumpai ada bagian kawat yang putus di dalam atau nyangkut sehingga pergerakannya tertahan.

 

Jadi untuk kasus kali ini penyebabnya bisa diketahui yakni dari kawat dalam kabel jok yang macet karena rusak di dalam, sehingga menyebabkan sulitnya menarik kawat kuncian jok saat anak kunci diputar.

Lalu bagaimana nasib jok R15 Aa setelah kabel joknya dipotong, bagaimana cara membuka joknya? nanti dilanjut diartikel berikutnya ya Insya Allah 😀 .

Semoga bermanfaat dan membantu kawan yang mengalami kasus serupa 😀

Wassalamu’alaikum

Aa Ikhwan

Comments»

1. Aa Ikhwan BlogKunci Jok Sistem Tarik di R15 - Aa Ikhwan Blog - 10/03/2017

[…] ini masih lanjutan dari artikel sebelumnya mengenai macet kembali jok belakang R15 yang bisa dibaca di sini , dalam tulisan kali ini Aa akan menceritakan solusi sementara dari kunci jok R15 yang macet yang […]


%d bloggers like this: