Klakson Ngadat, Antara Sikring dan Relay

0

Assalamu’alaikum

Klakson (4)

Kebetulan Aa menggunakan klakson keong di si merah yang dulu Aa beli dan pasang di bengkelnya om Koh Afandi yaitu bengkel Afmos di daerah Ciledug, cukup lama juga memang Aa memakain klakson keong ini sejak 2011 lalu sampai saat ini masih oke, masih ajib, masih nyaring bunyinya walaupun pernah nyemplung ke air banjir 😀 .

Nah beberapa minggu belakangan ini klakson keong si Merah mulai byarpet, kadang bunyi kadang tidak bunyi hanya suara ctek ctek saja dari relay 😀 , pernah Aa lepas semua klaksonnya dan Aa bersihkan soket-soketnya siapa tau kotor atau karat dan sempat berhasil namun kembali byarpet :mrgreen: .

Bagi Aa klakson itu penting banget walaupun Aa jarang menggunakannya hanya seperlunya saja , kebetulan waktu itu Aa pulang ke PIM karena bini mau menginap di sana dan kebetulan bengkel langganan semuanya dekat dengan rumah mertua jadi pulang kerja sekalian mampir dahulu ke bengkel untuk cek klakson motor.

Saat dicek klakson bunyi, namun beberapa saat sudah tidak bisa dibunyikan kembali, semua kabel-kabel klakson dari aki dan relay dicek semuanya normal, lalu test bunyi lagi lalu mati lagi , akhirnya mekanik coba cek sikring klakson dan memang ternyata putus sodara-sodara 😀 .

Klakson (1)

Sikring ini sejak pertama kali pasang klakson baru sekarang putus kalau tidak salah sikring ini 15A, lalu diganti dengan yang baru tapi 10A dan klakson normal bunyi lalu mati lagi..nah loh semakin galau dah, ternyata sikring putus lagi sepertinya tidak kuat, Aa menawarkan sikring yang memang ada di tas Aa yang 20A, kenapa gak ditawarkan saat awal?  karena biar berbagi rezeki 😀 .

Ternyata masalah belum selesai kawan-kawan, setelah menggunakan sikring baru yang 20A, klakson kambuh lagi penyakitnya byarpet kadang bunyi kadang tidak, dan akhirnya mekanik memutuskan penyakitnya di relay hmm.. okelah kalau begitu ganti saja berhubung sudah sering hujan-hujanan barangkali sudah tidak bagus kondisinya, sayang di bengkel tersebut tidak ada relay bagus yang ada hanya yang biasa saja seharga 10ribu ya sudahlah dicoba ganti saja udah malam 😀 .

Setelah diganti klakson akhirnya normal kembali ajib kembali bunyinya seperti sedia kala, sampai akhirnya dua hari kemudian setelah ganti relay itu penyakit kambuh lagi byarpet 🙁 , akhirnya hari minggu yang lalu Aa kebetulan servis vixion di bengkel JS spesialis Vixion :mrgreen: sekalian minta cek klakson motor yang byarpet semua langkah yang dicek sama seperti sebelumnya mulai kabel-kabel sampai sikring dan relay bahkan sampai menyambung ulang kabel relay klakson.

Mekanik curiga ke relay, saat relay bagian atas ditekan kalkson bunyi begitu seterusnya walau sempat saat ditekan tidak bunyi juga :mrgreen: , hmm Aa pun curiga dengan relaynya bermasalah, ya sudah Aa beli relay baru seharga 40ribu semoga asli 😀 , akhirnya relay baru dipasang dan klakson pun ajib kembali suaranya gak ada gejala byarpet lagi .

Klakson (7)

Untuk masalah Relay bekasnya nanti Aa bahas lain waktu ya Insya Allah 😀

Semoga bermanfaat
Wassalam

Aa Ikhwan

 

 

0 Comments

Leave a Reply