Old Vixion Pasang Arm dan RDB NVL, Plus Disc Tirev

Assalamu’alaikum

2013-11-16 13.46.33

Kita lanjutkan yuk upgrade kaki-kaki si merah dengan kaki-kaki NVL :mrgreen: di mana salah satu partNVL yakni Footrest NVL sudah Aa tulis beberapa waktu yang lalu, kemudian saat ini Aa lanjutkan ke bagian yang lebih ajibnya yakni pemasangan arm NVL plus RDB nya :D.

Sebelumnya Aa mau cerita sedikit nih ,..

Boleh dibilang ini kecerobohan Aa dalam mencari info mengenai pemasangan arm dan rdb nvl tersebut, berawal dari velg yang memang sudah lama Aa incar untuk menggantikan velg power yang lama karena masih bingung antara jari-jari atau velg racing akhirnya menguap begitu saja sambil menunggu update harga velg racing yakni chemco :mrgreen:, setelah Aa membeli arm nvl beserta rdb nya dan terakhir beli velg chemco, ternyata untuk pemasangan rdb ini yang menjadi masalah khususnya penempatan cakramnya karena bawan velg chemco itu adalah untuk disc tiger revo (tirev) yang ukuran diameternya lebih besar dari disc ori nvl dan ternyata kawan Aa yakni bro Hary yang sebelumnya sudah pasang arm dan rdb nvl itu menggunakan velg chemco edisi tromol yang dibuat adaptor kemudian dipasang dengan disc new jupiter mx yang diamaternya sama dengan disc nvl hanya berbeda posisi lubang baut pegangan cakram ke velg :D.

2013-11-16 14.38.43

Nah jadi masalah kan :mrgreen: jadi di tulisan ini Aa akan infokan cara modif dari bengkel kawan Aa yakni Bengkel JS :D.

Part kaki-kaki NVL yang Aa dapatkan adalah RDB, di mana Aa memperolehnya dari kawan Aa yakni Bro Suparman Yapimen yang menjual seken RDB NVL yang sudah dipakai sekitar seminggu dan Aa tebus dengan mahar 350ribu, tapi RDB nya masih ok dan ajib malah diantar langsung ke kantor Aa di Sunter karena sekalian kerja di daerah Pulogadung,..thanks ya Bro Suparman :D.

RDB plus Braket NVL
RDB plus Braket NVL

Lalu Part kaki-kaki NVL yang kedua Aa peroleh adalah arm NVL yang Aa peroleh di loakan juragan rongsok :mrgreen: , di mana arm ini sudah komplit bearing, as, pengencang rantai dan sebagainya tinggal pasang yang Aa tebus sekitar 500ribuan :mrgreen: .

Arm NVL
Arm NVL
Dibantu oleh si forsi buat angkutnya     :mrgreen:
Dibantu oleh si forsi buat angkutnya :mrgreen:

Tentunya yang terakhir adalah Velg chemco yang sudah Aa tulis di sini, dan karena velg chemconya itu harus menggunakan disc tirev mau gak mau Aa mesti melakukan sedikit modifikasi dari ringan sampai ekstrim :mrgreen:.

Modif yang Aa lakukan di sini meliputi :

1. Braket Kaliper
2. Kampas Rem

Kita mulai dari yang pertama yakni modif braket kaliper, karena Aa menggunakan velg chemco plus disc tirev jadi braket kalipernya kurang tinggi sehingga diperlukan beberapa modif di antaranya dengan memasang ring, bro Heru dari JS memasang sekitar 6 ring untuk pegangan braket kaliper ke arm karena untuk mengimbangi tinggi dari disc tirev.

Penambahan ring (yang dilingkari merah)
Penambahan ring (yang dilingkari merah)

Modif selanjutnya yang dilakukan pada braket kaliper ini adalah dengan dibubut..nah loh :mrgreen: , karena dengan hanya menambahkan ring saja belum cukp, terpaksa bro Heru membubut atan membuat lubang yang sudah ada di kaliper tersebut menjadi besar :mrgreen:.

Lubang yg masih original :mrgreen:
Lubang yg masih original :mrgreen:
Setelah dibubut..bagian bawah disisakan 2mm :mrgreen:
Setelah dibubut..bagian bawah disisakan 2mm :mrgreen:

Terlihat kan hasil bubutannya :mrgreen: , bagian bawahnya hanya disisakan 2mm kata Bro Heru dan diklaim masih aman,..ya sudah lanjutkan 😀 , boleh dibilang dengan pembubutan ini posisi braket sudah lebih tinggi dan pas dengan tinggi disc tirevnya.

2013-11-16 13.50.18

Kita lanjut ya ke modif yang kedua yakni modif kampas rem :mrgreen: , kenapa dimodif? karena setelah braket kaliper dipasang di si merah plus arm nvl-nya, saat roda diputar ada suara gesekan yang setelah diselidiki ternyata kampas rem bagian dalam menyentuh sedikiit ke velg chemco tepatnya tempat dudukan baut disc, sehingga mau gak mau mesti dipapas sedikiit saja pada kampas rem bagian dalam :D.

2013-11-16 12.17.21

Setelah dipapas sedikit kampasnya, abrulah semuanya normal dan ajib :mrgreen: .

2013-11-16 13.50.30

2013-11-17 13.52.26

2013-12-05 19.57.35

2013-11-21 06.08.03-1

2013-11-29 08.07.03

Semoga bermanfaat,.. nanti Aa akan tulis sedikit kesimpulan mengenai beberapa cara/ modifan pemasangan RDB NVL di Velg Chemco baik itu Chemco Tromol atau Chemco Disc Brake Insya Aloh selain cara di tulisan ini :mrgreen:.

Wassalam

Aa Ikhwan

62 thoughts on “Old Vixion Pasang Arm dan RDB NVL, Plus Disc Tirev

  1. wewww…
    Mantab nih artikel ny, nanti d cb ah pasang ky gini…
    Tmbh semok ky ny ovi d gniin…
    Mksh info ny aa…
    Heheeee….

  2. Pingback: Solusi Lain Pasang Arm NVL dengan Velg Chemco DD plus Disc Tirev | Aa Ikhwan Blog

  3. ketimbang pake 6 ring mending pake baut yg agak gede. kalo lebih bisa digerinda, kalo kurang cukup tambah 1 ring. lebih enak.
    itu yg dibubut dudukan kaliper yg ke as roda ya?
    apa gak bahaya tuh sampe tipis gitu.

  4. A’ mau nanya sbgi sesama penunggang vixion, benar tidak antara arm ov dan nvl memiliki kekuatan yg beda? Kuatan dan jika dinilai dr segala aspek, sebaiknya ttp pertahankan arm ov atau upgrade ke arm nvl? utk masalah rdb, bagaimana jika menggunakan set rdb dari tiger? Terimakasih

    1. Berbeda..krn tentunya arm nvl dibuat dan disesuaikan dengan lebar velg dan besarnya ban menurut kawan2 n sy pribadi arm nvl memang agak stabil di bamding arm ovi. Kl mslh rdb mnurut sy bs saja tp akan n pasti ada modifan ringan atau extrem :D. Braket kalipernya aja disesuaikan. Cmiiw

      1. oh begitu logis juga kalo kita kaitkan dengan kenyataan nvl yg memiliki ban besarrrrr lg galau berat a’ alhamdulillah misteri kasus ttg arm nvl dapat dishare dengan aa’ dan mendapatkan ilhami, tinggal set rdb antara ori nvl atau tirev dan velg chemco spt aa’ yg double disc atau tromol diberikan adaptor, menurut aa’ lebih kuat mana antara kedua velg tsb? cmiww

    1. Lbh mudah..tinggal buat adaptor dudukan cakram disesuaikan dgn lubang baut cakram New jupiter mx..krn cakram njmx diameternya sm dgn nvl hny beda lubang baut cakram..setelah itu pasang dah rdb nvl..finish 😀

      1. kalau misal di bengkel referensi bro di karawaci sana itu ahli gini2an bro?
        soalnya dulu pas pake bebek bengkel cakram gk ada yang bener, seret semua.
        jadi disc nya pake njmx punya? terus kaliper pakai njmx? adaptornya itu buat sendiri atau emang ud ada bro? soalnya pengalaman dulu buat adaptor sendiri gk presisi jadinya

      2. dari awal juga uda salah soalnya beli nya yg tromol chemco nya, sekarang sampai setengah mati saya cari gk ada yang jual velg belakang aja yg cakram chemco, krn emang btuh yg belakang doang.

  5. arm nya pnp buat old vixi apa ada yg harus d rubah.? dudukan monosok nya sama apa beda.?
    as+bosh roda belakang nya pake punya old vixion juga apa harus ganti pake punya nvl.?

  6. mantabb tmbh kekar,cm ad yg agak bikin ngeri itu tuh yg dibubut jd tipis :D, tp ndak ape2 dgn share mslh bgni ane jd bs ad patokan spya ga kerulang (ikutan kek modifan vxion Aa :D)

      1. penampakan udh dikirim gan,untuk menghindari pengereman yg seret saya pakai part ory semua dan hasil nya sama seperti nvl,thaks gan

  7. Aa, Kayanya krg safety deh kl pasangnya begitu. Mending dilepas dulu trus tempa pake pelat 6 mili disesuaikan dengan tinggi disk. Soalnya bagian yang dicoak itu dijepit bushing kanan dan setelan rantai. Tktnya pecah saat ngencangin mur as roda.

    Ovl ane udah modif jg. Pake velg depen blkg +ban+piringan cakram blkg+swing arm new vixion lightning dan rdb dari jupiter mx.
    bole ga dimasukin ke blognya aa ikhwan?

Leave a Reply