Rekam Video dengan Kamera Mini DV 5MP

Assalamu’alaikum

olong ya jangan rekam saya, saya  bukan artis :mrgreen:
Tolong ya jangan rekam saya, saya bukan artis :mrgreen:

Sekarang ini Aa ada mainan baru nih yaitu kamera mini, kameranya sih sudah lama ada di Aa tapi belum dieksploitasi :mrgreen:, kamera ini Aa coba gunakan untuk merekam kondisi lalu-lintas di jalanan yang memang menurut Aa kamera mini ini memang cukup bagus untuk hal perekaman video, kalau untuk ambil foto kurang bagus :D.

Kita bahas terlebih dahulu tentang kamera mini dv ini, bentuknya cukup kecil, mini, mungil seperi mainan tapi bisa difungsikan untuk merekam, ambil foto, dan rekam suara (audio), di dalam kemasannya terdapat kabel data, charger yang menggunakan battery AA, tali kamera, serta CD manual.

2013-10-30 13.10.30

2013-10-30 13.13.51

2013-10-30 13.14.21

Di kamera mini dv ini ada 2 tombol yakni Mode dan On/Off, juga ada 2 port yakni port USB untuk charge battery dan sebagai komunikasi dengan komputer, serta satu lagi port micro USB di mana bisa support sampai 8Gb walaupun Aa pasang 16Gb :D.

Tombol Mode dan On/Off
Tombol Mode dan On/Off
Port USB dan Micro SD
Port USB dan Micro SD

Bagaimana cara pengoperasiannya? Begini ceritanya :mrgreen:

1. Menyalakan kamera

Tekan tombol On/Off beberapa detik yang kemudian lampu di depan pojok kiri atas kamera akan menyala biru kemudian berubah menjadi merah yang menandakan kamera tersebut dalam posisi standby.

Tekan tombol On/Off dan tahan - akan menyala biru lalu akan menyala warna merah yang berarti standby
Tekan tombol On/Off dan tahan – akan menyala biru lalu akan menyala warna merah yang berarti standby

2. Rekam Video

Rekam Video
Rekam Video

Saat posisi dalam kondisi standby atau lampu berwarna merah itu pun sudah bisa dilakukan proses perekaman video dengan cara menekan kembali tombol On/Off sekali tanpa ditahan lama yang akan diikuti dengan berkedipnya lampu merah tersebut yang menandakan dalam kondisi merekam, untuk menghentikan perekaman tekan saja kembali tombol On/Off yang akan kembali ke standby (lampu menyala merah).

3. Ambil Foto

Ambil Foto
Ambil Foto

Saat posisi dalam kondisi standby atau lampu menyala merah, tekan tombol mode yang kemudian lampu menyala merah tadi akan berubah menyala biru lalu untuk melakukan pemotretan tekan sekali tombol On/Off maka lampu menyala biru akan mengedip (tidak cepat) yang menandakan sedang ambil gambar/foto lalu akan kembali menyala biru (tanpa kedip), tekan tombol On/Off lagi untuk ambil foto selanjutnya :D.

4. Rekam Suara

Rekam Suara
Rekam Suara

Posisi lampu menyala saat ini adalah stanby ambil foto (menyala biru) seperti yang ditulis di nomor 3 di atas, lalu untuk ke mode rekam suara tekan tombol On/Off sekali dan lampu warna biru tadi akan berubah menjadi ungu (merah campur biru mungkin :mrgreen: ), lalu tekan tombol On/Off sekali untuk proses perekaman suara dan lampu ungu tersebut akan kedip-kedip menandakan sedang dalam proses perekaman suara.

Lebih ringkasnya :

lampu indikator:
Video = merah
Foto = Biru
Audio = Ungu

:mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

Bagaimana hasilnya ?

kamera ini lebih sering digunakan untuk perekaman video ketimbang foto jadi yang mau Aa bahas di sini adalah hasil dari rekaman videonya saja 😀 , kalau foto boleh dibilang kurang bagus yah cukup lah :D.

Pertama kali Aa rekam video itu saat akan berangkat kerja sekitar jam 5 pagi, hasilnya sih kurang bagus banget kecuali mendekati terang pagi hari :mrgreen:.

start dari rumah
start dari rumah
saat di jalan lewat dari jam 5 pagi
saat di jalan lewat dari jam 5 pagi
mulai terang :D
mulai terang 😀

Tapi kalau rekaman pagi hari yang cerah wah lumayan bagus menurut Aa 😀 , di bawah ini beberapa screenshootnya :

wanita FU

MOVI0000.avi_snapshot_04.13_[2013.10.30_07.13.44]

metromini

Format file rekaman kamera ini adalah .avi dan wow besar sekali ukuran file dan sepertinya otomatis terbagi menjadi beberapa file .avi, pertama kali Aa coba dengan memory sd card 2Gb dan durasi videonya hanya sampai 40 menit-an, nah saat ini Aa menggunakan memory 16gb, durasi rekaman filenya sekitar kurang lebih 1 jam(ada 3 file) yang pertama dengan ukuran 1,9Gb, yang kedua 1,9Gb dan yang terakhir itu sekitar 700mb :D.

Yang masih menjadi permasalah adalah tulisan tanggal dan waktunya di mana sudah Aa setting sesuai dengan tanggalan dan jam tapi tetap saja masih ngaco, kadang tanggalnya benar tapi waktunya yang salah :mrgreen: .

Oya mau tau Aa pasang kameranya di mana ? nih di sini :mrgreen: :mrgreen:

minidv

Video Youtubenya masbero :

Potongan rekaman video lalu lintas di Grogol :

Potongan rekaman Video lalu lintas di Daan Mogot

Semoga bermanfaat…

wassalam

Wassalam

Aa Ikhwan

58 thoughts on “Rekam Video dengan Kamera Mini DV 5MP

  1. Ane punya nih om, setting tanggalnya di file text di dalam sd card.

    Disitu bisa di edit untuk time date nya.

    Ane pake sd card 4gb cepet penuh.. Wkwkwkwk

    Itu di taruh di motor pake apa?

    1. kalau menurut manual book tertulis 85menit khusus untuk video recording sampai kamera off sendiri,.. tp ane coba sepertinya kl lihat dari file yang kurang lebih 4Gb selama kurang lebih 1 jam perekaman kamera sudah mati sendiri 😀
      ini bisa dicharge pakai komputer

  2. Lagi ngidem nih kamera, mau coba dites ceburin kelaut nih diiket pake plastik es yg bening, gmna hasilnya y? hahaha,..
    #nunggu gajian baru beli

  3. bisa overwrite?
    dengan kata lain bisa merekam terus menerus, dan yang tersimpan hanya yang terkini sesuai kapasitas.

  4. ajib oom 😀
    tapi kalau kamera kayak gitu dijual di pasaran
    kudu bijak2 juga penggunaanya
    ya kalau dipake anak nakal, bisa dipake buat ngintip temennya :mrgreen:

    1. di antara spedo dan batok lampu,.. cukup doubletape busa soalnya ringan kamera ini.. plus didouble tape jg sisi2 kanan kiri dan bawah berbentuk siku..jd tambah kuat. kamera ini ada tali jd talinya sy cantolin ke braket terdekat kl jatoh msh bisa gantung.

  5. Di Lazada sekarang cuma 128rb tuh…

    Mau beli sayang, udah ada pocket juga soalnya. Tinggal buat bracket2 aja 😀

    1. siang semua..camera ane baru dateng hari ini hasil beli online di jakartanotebook. harga 99 plus ongkir jadi 116rb.waktu di tes kok hasil videonya yg berformat. avi putus2 ya selang tiap 3-4 detik. jad kayak maen game tapi memorinya dibawah requermt. Mohon pencerahnnya nih. ato ada masalah serupa?? :((

  6. saya baru beli kamera ini a, kalo pengecasan pertama kira2 berapa lama ya,, kalo pertama pake kan katanya harus dicas dulu,, satu lagi.. kalo pake ini kamera apa batrenya harus full dulu ya.. thanks

      1. udah saya cas satu jam lebih indikatornya lampu warna merah kedip2 lamban, kalo saya cabur cargernya lampunya mati ga mau nyala sudah saya pencet tombol on/off tetep gamau nyala.. apa nunggu full banget ya a batrenya,, atau kameranya bermasalah ya?

        1. kl tanda cas full itu lampu merah diam manteg.. kl msh kedip2 lama setelah lebih beberapa jam kemungkinan batrenya bermasalah..diklaim ke tokonya aja ganti baru 😀

Leave a Reply