Ganti Aki Si Ijo

Assalamu’alaykum

599691_4364924492575_1298291902_n

Kita ngomongin si ijo yuk :mrgreen: , beberapa minggu lalu saat Aa mau menghadiri pernikahan kawan di daerah Kelapa gading hari sabtu, di mana sehari sebelumnya Aa sudah mengontak adik Aa yang biasa menggunakan si ijo (spacy, red) untuk berubah bertukar kendaraan dengan si merah, karena Aa khawatir istri kelelahan kalau dibonceng si merah :mrgreen:.

Malamnya (Malam Sabtu), terjadi transaksi pertukaran si merah dengan si ijo :D, dengan beberapa informasi yang didapat dari adik Aa bahwa si ijo akinya soak ..walah ya sudahlah karena Aa pikir masih bisa diengkol dan Aa coba engkol juga langsung hidup dan enteng saat mengengkolnya, ternyata pagi hari mau berangkat malah gak bisa diengkol dan terpaksa menggunakan si suprit untuk kondangan di mana Aa sangat khawatir dengan ranjau paku karena si suprit belum tubeless tapi ALhamdulillah dengan niat dan Bismillah selamat berangkat sampai pulang (nanti Aa ceritain perjalanan yang waspada) :mrgreen:.

Kita lanjut ya dengan si ijo yang akinya soak, hari minggunya Aa langsung mengganti aki si ijo dengan yang baru dan Aa beli yang merk bawaan si ijo yakni GS hanya beda tipe dan naik 0,5Ah menjadi 3,5Ah di mana sebelumnya 3Ah, Aa beli seharga Rp 180.000,-.

Letak aki si ijo ada di body depan, jadi mesti lepas bodi depan si ijo, berikut langka singkat pemasangan atau penggantian aki di si ijo :

1. Beli aki baru
2. Bongkar bodi depan
3. Pasang Aki Baru
4. Pasang kembali bodi depan

Penjelasan :

1. Beli Aki Baru

Silahkan beli aki baru di tempat atau bengkel motor terdekat dengan rumah :D, seperti yang Aa sebutkan di atas Aa beli dengan merk yang sama dengan yang sebelumnya yaitu GS seharga 180ribu, kalau aki bawaan Spacy adalah GS GTZ4V (12V, 3A) kalau yang Aa beli ini yang GTZ5S (12V, 3.5A).

2013-05-19 12.30.43

2. Bongkar Bodi Depan

Karena letaknya di bodi depan, mau gak mau mesti bongkar dah :D, kebetulan sangat mudah karena sebagian baut-baut bodi depan si ijo diganti dengan kabel ties karena belum sempat ganti setelah kecelakaan yang lalu nyium angkot :mrgreen:.

2013-05-19 12.34.22

2013-05-19 12.29.59

2013-05-19 12.34.22

Terlihatkan letak atau posisi akinya :D.

3. Pasang Aki Baru

Setelah dilepas aki lamanya, tinggal dipasang aja aki barunya dan kencangkan kabel-kabel di kutub positif dan negatif dengan baut yang tersedia seperti sebelumnya.

2013-05-19 12.30.25

Jangan lupa pasang plat pengait atau penahan aki yang ada di atas yang berguna menahan aki dari guncangan, test starter dahulu motornya sebelum memasang kembali bodi depannya :D.

4. Pasang Kembali Bodi Depan

Kalau dirasa sudah benar pemasangan aki barunya dan motornya sudah hidup dengan starter lektrik , maka tinggal proses selanjutnya yang sudah pasti pasang bodinya kembali kalau si ijo cukup 2 baut saja selebihnya kabel ties :mrgreen:.

2013-05-19 12.35.00

2013-05-19 13.15.20

Semoga bermanfaat, jaga selalu kesehatan kita dan juga kendaraan kita agar tidak merepotkan :mrgreen:.

Wassalam

Aa Ikhwan

19 thoughts on “Ganti Aki Si Ijo

    1. ane juga habis beli buat beat temen ane , harga Rp.167.500 di jl. kebon jeruk 3 toko langganan ane dari dulu .

  1. ane kapan hari beli aki,
    spik spik si engkonya dulu bilang, ada aki china MF harga dibawah GS/yuasa. pake garansi juga,
    kalo gs/yuasa gak ada garansi.
    timbang-menimbang pake yg cina aja, coba-coba, hihihi.. jauh lebih murah dan ada garansi, tapi lupa merk apaan.

  2. pemakaian kayak gimana tuh…..masak 3 tahun seal klep sudah bocor ??? perasaan dulu saya punya yamaha 5 tahun (60.000km) mesin fine -fine aja, daleman mesin oke semua, cuma ganti aki sama ban aja….

Leave a Reply