jump to navigation

Ganti Bearing Depan Si Merah May 3, 2013

Posted by aaikhwan in : Serba Roda Dua, Uncategorized , trackback

Assalamu’alaykum

Bearing depan kanan kiri

Bearing depan kanan kiri

Beberapa hari belakangan ini si merah khususnya bagian kaki depan (roda : red) sering mengalami gejala oleng atau limbung terutama saat melewati jalan yang kurang rata alias jelek nah repotnya saat mau menyalip ketemu aspal yang seperti itu hmm ngerii masbero.

Sebenernya Aa mendiagnosa beberapa bagian yang mungkin menjadi penyebab limbung tersebut, yakni bearing roda, ban, velg, dan atau mungkin juga kondisi piringan cakram si merah yang memang sudah sedikit termakan kampas rem :mrgreen:

Aa coba dulu dengan mengganti bearing roda depan si merah karena kebetulan sudah hampir 80ribu KM 😀 dan juga beberapa waktu lalu sempat menghantam lubang cukup keras , beli di beres mau sekalian pasang tapi lagi rame ya sudah beli bearingnya saja dua bji kanan kiri di mana kodenya berbeda karena ukurannya pun beda besar dan kecil 😀 yang kanan dengan kode bearing 93306-301XE dan yang kiri dengan kode bearing 93306-201XA, akhirnya Aa mampir aja ke bengkel pinggir jalanan langganan Aa untuk pasang bearingnya kebetulan tempatnya gak jauh juga .

2013-04-14 10.34.28

Setelah dilepas bearing yang lama memang sedikit oblak, ya sudah lanjut aja ganti dengan yang baru yang semoga menyelesaikan penyakit limbungnya :D.

2013-04-14 10.35.34

Kelar pemasangan langsung ane test di jalanan yang gak bagus dan hasilnya memang ajib gejala limbung hilang seketika, dan disinyalir memang sepertinya problem di bearng apalagi umur si merah jg sudah mulai menua :mrgren:.

Tapi sekarang kasusnya jadi aneh nih, kalau di aspal rata nan bagus Aa coba bawa pelan stang motor terasa sedikit bergetar atau sedikit ajlut-ajlutan, sedikit ya gak banyak :mrgreen: kadang ada gejala limbung kembali walau sedikit Aa jadi curiga ke ban, karena memang Aa lihat agak kurang rata permukaan ban Corsa S123 yang Aa gunakan ini padahal baru sekitar 7 bulanan..kenapa Aa dari awal gak langsung curiga ke ban? karena dari awal ban depan selalu pake Corsa S123 dan no problem :D.

Sekedar info juga, piringan atau cakram depan memang sedikit sudah tergerus oleh kampas rem apakah itu juga yang menyebabkan masih adanya sedikit gejala limbung ? atau memang ban atau mungkin velgnya juga ? mohon share pengalaman dan infonya ke Aa.. oya kalau komstir masih aman 😀

Semoga bermanfaat

Wassalam

Comments»

1. gasspoll83 - 03/05/2013

ia nih seiring bertambahnya umur mesin masih sehat tapi kaki-kaki mulai reyot

2. Aa Ikhwan - 03/05/2013

yup tul betul…

3. mas wahyu - 03/05/2013

wajar mas,,,,mesin kan rutin servis,,,,,sedang kaki kaki jarang tersentuh sang mekanik

4. gasspoll83 - 06/05/2013

ia nih bro

5. orong-orong - 03/05/2013

baru 7 bulan dah oblak, gimana cara pakainya
http://sarikurnia980.wordpress.com/

6. Aa Ikhwan - 03/05/2013

7 bulan itu ban nya dan masih diagnosa ane apa mungkin ban problemnya

7. orong-orong - 03/05/2013

bisa jadi gan, kwalitas bannya kurang baik. atau tekanan angin didalam ban kurang atau kelebihan

8. rusmanjay - 03/05/2013

bannya gambot, ukuran berapa?

9. Aa Ikhwan - 03/05/2013

100/80 😀

10. aru_kun - 03/05/2013

Barangkali velg nya agak peyang setelah menghantam lubang..

11. Aa Ikhwan - 03/05/2013

mungkin memang mesti dr velg yg dicek 😀

12. ipanase - 03/05/2013

murah juga ya 😀
padahal ga diyulis harganya 😀

13. Aa Ikhwan - 03/05/2013

iya murah 42ribu sepasang :mrgreen:

14. bagas - 03/05/2013

gear set nvl sdh ada di sana a ??
Klo d sini kata delernya kira2 bulan depan baru dateng

15. Aa Ikhwan - 03/05/2013

blm tanya kl girset NVL 😀

16. baridienbp - 03/05/2013

wah gejala mirip sama HSX ku cuma belum ketemu yg jd masalah,bengkel ini bilang mesti stel velg,eh bengkel yg lain nyuruh ganti bearing
http://baridienbp.wordpress.com/

17. vixy182 - 03/05/2013

Motor dah berumur.minta jajan aja…. Sama kek pnya ane dah tua juga motorx .. 🙂

18. Aa Ikhwan - 03/05/2013

tul betul..berumur plus jalan jauh walau bukan touring :mrgreen:

19. Trisna Ariwibawa - 03/05/2013

waktunya cek motor…
http://trexton.wordpress.com/

20. Aa Ikhwan - 03/05/2013

cek dompet jg :mrgreen:

21. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 03/05/2013

sama nih…
laher depan udah oblak sebelah kiri.. belom sempet ganti juga sih…

🙁

22. deidara - 03/05/2013

motor ane juga gitu,,,
tapi biarin aja yg penting bisa glinding

23. Aa Ikhwan - 03/05/2013

glindingnya mereng :mrgreen:

24. deidara - 04/05/2013

hihi.. :mrgreen:

25. dani - 03/05/2013

Saya Curiga Ban…..FDR aja XT gold sayang..ukurannya gak ada yang gedean…

26. Aa Ikhwan - 03/05/2013

kl sy antara velg dan ban nih 😀 ,..sebetulnya yg bearing masih bagus walau sedikit banget oblaknya sudah terlanjur beli sekalian biar refresh 😀

27. kong firman - 03/05/2013

Ban.. :mrgreen:
Velg jga Βȋ̊$ɑ̤̥̈̊.. 😆
Ayo di cek di cek.. :mrgreen:

28. Aa Ikhwan - 03/05/2013

lah dr td ane telp ke esianye gak bisa2… BB lg problem nih batrenya :mrgreen: , besok buka jam brp ?

29. joko - 03/05/2013

cakram gak ngefek mas bro, asal gak peyang ya gak masalah.
coba kempesin dikit ban depannya, lalu dites jalan, kalo enak berarti ban minta tekanan udara yg rendah, gak kuat tekanan tinggi

30. Duinnn - 03/05/2013

Sama dgn jupiter, mungkin velgnya agak peyang karena meskipun kondisi ban kempes atau tidak tetap saja ajrut-ajrutan, kudu stel velg kayaknya.

31. mas wahyu - 03/05/2013

vivio ane malah yg belakang A,,,,,, as swing arm nya goyang,,,,,,,

32. Erit07 - 04/05/2013

Enteng. .

33. archnine - 06/05/2013

kalo piringan cakram termakan kampas, mengurangi power motor jadi sepersekian dk a’ 😆

34. Aa Ikhwan - 06/05/2013

tul betul :mrgreen:

35. boerhunt - 06/05/2013

udah brp kali tuh nabrak lobang a’.. hehehe

http://boerhunt.wordpress.com/2013/05/05/video-kecelakaan-ini-memberi-pelajaran-bagi-kita-sandaran-untuk-boncenger-itu-ada-manfaatnya/

36. Aa Ikhwan - 06/05/2013

banyak tp kecil2,.. kena lubang paling gede n keras ya akhir2 ini :mrgreen:

37. boerhunt - 06/05/2013

wah..minta ganti rugi dinas pu kang, kan ada undang2nya tuh.. hehehe

38. Aa Ikhwan - 06/05/2013

iya nih antara dinas PU kota Tangerang, Jakarta Barat, Pusat, dan jakarta Utara :mrgreen:

39. bachtiaryuan - 06/05/2013

sy juga sering limbung nih a….waspada nih..

40. tata' - 25/05/2013

harga nx brapa y a’??
vixion ane juga punya gejala seperti itu,,
42ribu udah beli d dealer y??

41. Aa Ikhwan - 25/05/2013

iya 42 ribu di dealer

42. Press Velg Si Merah | Aa Ikhwan Blog - 27/05/2013

[…] gak stabil dan lain sebagainya yang menurut Aa banyak faktor penyebabnya. Mulai dari penggantian bearing depan yang memang sudah agak oblak dan gak ajib lagi, sampai Aa pun mengganti ban depan yang baru berusia […]


%d bloggers like this: