Assalamu’alaykum

Bearing depan kanan kiri
Bearing depan kanan kiri

Beberapa hari belakangan ini si merah khususnya bagian kaki depan (roda : red) sering mengalami gejala oleng atau limbung terutama saat melewati jalan yang kurang rata alias jelek nah repotnya saat mau menyalip ketemu aspal yang seperti itu hmm ngerii masbero.

Sebenernya Aa mendiagnosa beberapa bagian yang mungkin menjadi penyebab limbung tersebut, yakni bearing roda, ban, velg, dan atau mungkin juga kondisi piringan cakram si merah yang memang sudah sedikit termakan kampas rem :mrgreen:

Aa coba dulu dengan mengganti bearing roda depan si merah karena kebetulan sudah hampir 80ribu KM 😀 dan juga beberapa waktu lalu sempat menghantam lubang cukup keras , beli di beres mau sekalian pasang tapi lagi rame ya sudah beli bearingnya saja dua bji kanan kiri di mana kodenya berbeda karena ukurannya pun beda besar dan kecil 😀 yang kanan dengan kode bearing 93306-301XE dan yang kiri dengan kode bearing 93306-201XA, akhirnya Aa mampir aja ke bengkel pinggir jalanan langganan Aa untuk pasang bearingnya kebetulan tempatnya gak jauh juga .

2013-04-14 10.34.28

Setelah dilepas bearing yang lama memang sedikit oblak, ya sudah lanjut aja ganti dengan yang baru yang semoga menyelesaikan penyakit limbungnya :D.

2013-04-14 10.35.34

Kelar pemasangan langsung ane test di jalanan yang gak bagus dan hasilnya memang ajib gejala limbung hilang seketika, dan disinyalir memang sepertinya problem di bearng apalagi umur si merah jg sudah mulai menua :mrgren:.

Tapi sekarang kasusnya jadi aneh nih, kalau di aspal rata nan bagus Aa coba bawa pelan stang motor terasa sedikit bergetar atau sedikit ajlut-ajlutan, sedikit ya gak banyak :mrgreen: kadang ada gejala limbung kembali walau sedikit Aa jadi curiga ke ban, karena memang Aa lihat agak kurang rata permukaan ban Corsa S123 yang Aa gunakan ini padahal baru sekitar 7 bulanan..kenapa Aa dari awal gak langsung curiga ke ban? karena dari awal ban depan selalu pake Corsa S123 dan no problem :D.

Sekedar info juga, piringan atau cakram depan memang sedikit sudah tergerus oleh kampas rem apakah itu juga yang menyebabkan masih adanya sedikit gejala limbung ? atau memang ban atau mungkin velgnya juga ? mohon share pengalaman dan infonya ke Aa.. oya kalau komstir masih aman 😀

Semoga bermanfaat

Wassalam