"Bedah" Lenovo S100

Assalamu’alaykum

2013-02-27 11.29.20-picsay

Beberapa waktu yang lalu di kantor ada user yang mengeluhkannetbook lenovonya bermaslah pada port USB nya di mana setiap usb storage dicolok tidak terdeteksi, sebelumnya Aa coba sarankan untuk perbaikan d counter resmi lenovo tapi ternyata dari lenovonya bilang ini hanya cukup diinstall ulang saja.

Netbook dibawa kembali ke kantor untuk dicoba install di kantor saj :D, nah masalahnya kan yg pertama adalah netbook gak ada CD Rom, usb storage tidak terbaca dan sudah barang tentu menggunakan CD Rom eksternal pun gak akan terbaca lah wong menurut Aa ini bukan permasalahan di OS kok tapi sepertinya problem di MB untuk chipset storage port USB CMIIW, tapi karena penasaran dan mengikuti saran dari lenovo akhirnya Aa coba install ulang OS nya :D.

2013-02-27 11.26.41-picsay

Bagaimana installnya? nah ini dia problem juga karena lenovo s100 ini letak hardisknya di dalam casing dan mesti dibongkar casingnya untuk melepas hardisknya agar bisa ditandem dengan netbook lain dan kebetulan ada netbook aspire one di mana posisi hardisk bisa dilepas dari samping tinggal install OS kemudian pasang kembali hardisknya ke lenovo s100 lalu install driver kelar deh :mrgreen:.

Nah yang ingin Aa ceritakan di sini adalah proses membongkar casingnya untuk melepas hardisk lenovo s100 ini yang menurut Aa perlu ketelitian serta hati-hati di samping karena tifis serta baut-baut yang ada pun kecil-kecil dan seperti baut pada motor setiap dibongkar lalu dipasang kembali ada saja yang lebih bautnya :mrgreen:.

2013-02-27 11.26.52-picsay

Prosesnya sebetulnya hanya melepaskan baut-baut casing dan melepas casingnya pelan-pelan, silahkan mulai dari baut yang mana saja :D, kalau Aa kebetulan mulai dari posisi baut di ruah batterry netbook ini.

2013-02-27 11.28.25-picsay

Lalu dilanjutkan dengan melepas baut casing yang letaknya dipinggir dan sudut-sudut casing :D, o ya jangan lupa di bawah karet keyboard pun ada baut yang mesti dilepas sehingga casing bawah netbook bisa terlepas seluruhnya tapi ingat pelan-pelan ya melepasnya :D.

baut di bawah keyboard
baut di bawah keyboard

2013-02-27 11.30.00-picsay

Setelah dicek seluruh baut terlepas maka selanjutnya silahkan dilepas casingnya perlahan-lahan dan biasanya ada bunyi2 ngeri “krek” :mrgreen:, gpp lanjtkan saja dengan percaya diri :mrgreen: , nanti setelah casingnya terlepas maka akan tampalah hardisknya dan tinggal kita lepas saja tuh hardisknya :D.

2013-02-26 11.06.57-picsay

2013-02-27 07.53.21-picsay

2013-02-26 11.34.36-picsay

2013-02-26 11.06.57-picsay

Sip ajib hardisk sudah dilepas dan ditandem dengan netbook yang lain untuk diinstall ulang OS-nya dan jangan lupa seelumnya backup kalau ada data-data yang penting ya :D, selesai Aa install ulang OS nya dan pasang kembali hardisknya ke lenovo s100 serta install driver, maka port usb untuk storage tetap tidak bisa terbaca, hany bisa untuk modem saja tapi untuk media storage penyimpanan tetap gak bisa dan memang Aa yakin penyakitnya di MB atau chipset khsusu port usb storage ini.

Semoga bermanfaat, jangan coba-coba bedah laptop,netbook atau yang lainnya kalau gak yakin :mrgreen:.

Wassalam

Aa Ikhwan

40 thoughts on “"Bedah" Lenovo S100

    1. kl untuk USB sebagai modem ini gak masalah tetap terbaca dan bisa internet dengan modem, tp untuk membaca sebagai storage itu yg gak bisa dan sepertinya chipset usb yg bermasalah alias hardwarenya 😀

    1. wah kl flashdisknya bisa terbaca sih udah kelar cepet,..masalahnya kan emang untuk membaca storage device ini yg gak bisa jd flashdisknya aja gak terdetek gimane mau install ane 😀

  1. oom, saya pernah baca kalau os bisa diinstal ulang pake usb, asal notebook/PC/netbooknya ada fitur UEFI-nya.
    aku kurang tau sih lenovo s1000
    tapi kalau ada kan enak oom 😀
    gak usah bongkar harddisk gitu
    (lebih gampang dan ajib 😀 )

    -komentator koplak- 😀

    1. sebetulnya UEFI itu hanya eprkembangan dri BIOS saja dan tampilannya yg sudah graphical user console tapi tetap saja kl chipset storage usb bermasalah (hardware) gak akan bisa terdetek CMIIW 😀

  2. nyoba bantu:
    – uninstall semua usb driver yg nyantol di device manager
    – colokin USB FD. klik kanan my computer > manage > storage. usbnya kedetek gak? kl ada volume yg sama ky usb yg kita colok, tapi BELUM ada drive letternya, kasih aja drive letter baru. klik kanan drive nya > change drive letter
    – atau gampangnya sih. kl masih kedetek di boot option, berarti masih bs diusahain. kl ngga kedetek, wasalam 😀

  3. coba Aa,dicek berapa volt teganan usb ya sama brapa amper arus yg dikosumsi…..kemungkinan ic nya short….hehe

    maaf cuma solusi dr newbie…heh

  4. wah, ane gk pake bongkar sih, ane pake flashdisk aj nginstalx.. cm masalahnya setiap boot harus pencet F12 melulu, kalo cm setting bios di boot optionnya tetap gk pengaruh,, t gmn ya solusinya,,?

Leave a Reply