Assalamu’alaykum

2012-12-03 09.37.06-picsay

Beberapa bulan yang lalu (tahun lalu), si merah terpaksa diinapkan di beres karena mati mendadak susah di starter dan juga diengkol, kejadian susah hidup in sebetulnya sudah beberapa kali terjadi dan normal kembali ketika busi dibersihkan atau menggunakan busi cadangan yang memang selalu siap walaupun busi yang dicabut bisa digunakan kembali ketika ada peristiwa mati mendadak tersebut aneh kan :mrgreen:.

Sesuai informasi dari kawan ada yang bilang seal klep bocor, seal oli, dan lain-lain yang memang Aa pun kurang faham :D, sampai akhirnya mau berangkat kerja motor malah mogok ya sudah Aa bawa ke beres aja dengan distut si ijo spacy oleh adik :mrgreen:, dan bengkelnya pun masih sepi karena masih pagi :D.

2012-12-03 08.07.28-picsay

Sampai di beres si merah sebetulnya bisa hidup kembali dengan penggantian busi baru seperti yang sudah sering Aa lakukan :D, tapi Aa minta coba dicek semua aja biar enak dan gak terulang kembali si merah mati mendadak, ya sudah si merah Aa inapkan saja di beres, awalnya sih mau dibawa ke vjrs tempat awal bongkar2 si merah :mrgreen: , tapi jauh jadi yang dekat aja di beres dengan beberapa panduan atau informasi dari juragan vjrs bro Ivan :D.

Nah si mekanik beres sempet kaget pas cek air radiator sepertinya agak berkurang dan dia sempat memvonis air radiator udah bercampur dengan oli tapi ternyata gak juga tapi memang benar ada rembesan air radiator ke ruang mesin yang apabila telat maka akan menjadi seperti bubur :mrgreen:, ya sudah lah bongkar aje daripada jadi bubur seperti yang pernah dibahas om ivan seperti foto di bawah ini :D.

pic : modifmania.com
pic : modifmania.com
pic : modifmania.com
pic : modifmania.com

Syerem kan :D, ayo bagi yang merasa kendaraan beradiator yang sering abi cairan radiatornya gak ada salahnya mengeceknya sebelum terlambat :mrgreen:.

Kita lanjut, setelah dicek memang ada beberapa part yang mengalami keausan, seperti seal klep yang sudah gak bagus, rotoar baling2 (impeller shaft), seal oli yang jg sudah gak ajib yang sudah bermasalah dan sebagainya, seal waterpump yang sobek yang semua hal tersebut menyebabkan pengaruh si merah sering bermasalah mati tiba-tiba :D.

2012-12-03 13.38.49-picsay

2012-12-03 13.39.36-picsay

minta diganti dengan part yang baru 😀

2012-12-03 14.18.48-picsay

2012-12-03 14.18.59-picsay

2012-12-03 14.19.07-picsay

Akhirnya proses bongkar-bongkar pun di lakukan dan Aa pun meminta untuk cek kondisi blok dan seher bore up-an si merah :mrgreen:, ternyata masih ajib, semua paket borup baik itu blog, seher, kem recing semuanya gak ada masalah dan oleh mekanik pun dilakukan skir ulang klep si merah, semua dikerjakan atas persetujuan Aa via telepon karena Aa kan kerja hanya hari pertama saja Aa tongkrongin si merah :mrgreen:.

2012-12-03 13.40.40-picsay

2012-12-03 13.41.01-picsay

2012-12-03 13.40.00-picsay

Aa sempat bertanya kepada bro Ivan (VJRS), penyebab seal oli dan rotoar atau baling-baling di radiator bermasalh, beliau menjawab itu efek dari seringnya main di rpm tinggi hadeeeh..ini dia salah satu penyebabnya :mrgreen: , yah mau gimana lagi lah wong kem recing nya memang enak dan ajib di rpm atas ya enak geber di jalanan apalagi kalau kondisi lengang :mrgreen: .

Nah Aa baru inget, bahwa paking blok atas itu kan custom made in vjrs hadeeh lupa Aa, akhirnya Aa tanya ke bro ivan dan memang stoknya belum ada lagi dan beliau menyarankan paking bawah tambah selembar, dan paking atas sementara pake yang ori vixion dulu dan pasang 3 lapis :mrgreen:.

paking atas yang seharusnya (custom made in vjrs)
paking atas yang seharusnya (custom made in vjrs)

2012-12-06 08.12.58-picsay

3 lapis paking atas
3 lapis paking atas

Sebetulnya agak gimana gitu ya soalnya kan si merah diameter sehernya sudah menggunakan yang 60mm dan diameter paking ori kan gak segitu ya sudah untuk sementara dpasang dulu sesuai instruksi bapak presiden juragan vjrs :D, dan memang sih tarikan di atasnya kurang greget mungkin karena pengaruh paking atas yang 3 lapis tersebut CMIIW, tinggal mampir ke vjrs untuk pasang paking custom dan setting ulang lagi :D.

Setelah selesai dan ditotal pergantian parts (7 buah) plus ongkos servis besarnya, total biayanya adalah Rp 390.000,- dengan rincian seperti berikut :

2012-12-06 12.58.10-picsay

2012-12-06 12.58.40-picsay

Ternyata ongkos servis besarnya cuma sekitar Rp 95.000,- yang sebelumnya Aa kira sekitar di atas ratusan ribu :D.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa perhatikan kondisi air radiator, dan selalu siap dengan resiko yang ada terkait ubahan atau modifikasi motor :mrgreen:.

Wassalam

Aa Ikhwan

44 thoughts on “Ketika Si Merah Servis Besar”
  1. sepertinya siBiru vixy’07 sdh minta servis besar soale dah ada bunyi aneh (Tek/tek) bagian rante keteng tapi pas baru idup stlh panas bunyi ilang…indikasi ane sih rante /stasionerny dah molor…
    Ada info tambahan buat ane mengenai bunyi tsb.

  2. om kalo air radaitor nyampur sma oli di mesin tuh gejala nya apa yo? apa langsung sering mogok gtu ato ada gejala ringan dlu? suwun infonya

  3. truz paking head ma cylnder pake custom kang vhan ato gmn! Oalnya paking gua rembes,hehe,,,bis rayon 500km lwt dah,,saran kang vhan,dbentot eh ngrembes gwa pake 62mm,,dah nanya ma kang vhan lum dbls whatsapp sbuk x,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *