Rasa atau Sugesti Pengendara Terhadap Motornya

Assalamu’alaykum

534514_4417514247286_658817208_n

Kawan-kawan pernah gak saat riding naik motor terkadang merasakan tumben nih motor kayaknya enak banget dikendarai ? :D, atau terkadang merasakan kok motor kayaknya gak enak nih dikendarainya :D, rasa itu pun juga pernah menghampiri Aa di mana ada perasaan atau mungkin hanya sugesti kita sendiri dalam merasakan enak atau gaknya sebuah motor dikendarai :D.

Kadang saat berangkat pagi si merah enak banget dikendarai, tapi kadang ada rasa aneh saat pulang kok nih motor gak seperti biasanya ya, jadi kurang enak dikendarai. Sebetulnya hal tersebut menurut Aa sih bisa dari sebuah sugesti kita sendiri atau dari situasi dan kondisi di jalanan CMIIW.

318625_2172830131586_5554358_n

Saat di jalanan yang sepi atau saat padat, rasa yang didapat saat berkendara akan berbeda atau saat pulang kerja misalnya dalam hal ini Aa sendiri, di mana Aa sudah lelah tenaga dan pikiran yang terkuras di kantor bisa juga menjadi salah satu yang menyebabkan “motor gak enak” dikendarai, padahal mungkin pengendaranya sendiri yang sudah lelah jadi perlakuan di motorpun jadi berbeda :mrgreen:.

312959_2411558459645_1773686723_n

Ada juga rasa atau sugesti di mana sehabis cuci motor atau steam, motor jadi enak larinya padahal kan wajar saja karena memang kotoran-kotran yang menumpuk dan menghambat di motor menjadi hilang dan bersih dan tentunya motor akan lebih enak dikendarai plus tambahan sugesti diri sendiri yang merasa motor dah kinclong siap tancap gas :mrgreen:.

Yang pasti banyak lah hal-hal yang menyebabkan kita memiliki perasaan atau sugesti bahwa motor yang kita kendarai sedang gak enak, mungkin kawan-kawan bisa menambahkan atau mungkin dari pengalaman pribadi saat merasa motornya tumben enak banget atau tumben nih motor lg gak enak :mrgreen:

Semoga bermanfat, monggo dishare πŸ˜€

Wassalam

Aa Ikhwan

82 thoughts on “Rasa atau Sugesti Pengendara Terhadap Motornya

      1. Assalamu’alaykum,

        Insya Allah ada penjelasan berdasarkan dalil tentang ini, salah satu ulama salaf pernah berkata,

        ” Sungguh saya bisa merasakan pengaruh dosa yang saya lakukan pada susahnya kendaraanku untuk dikendalikan ”

        Afwan, karena ana bukan perawi hadits mungkin kontekstual atsar tidak 100% tepat, tapi dari segi maksud insya Allah 97% mengarah pada maksud yang dimaksudkan ulama kita.

  1. hal yg sama aku alami.. kurang lebih begitu.. enak saat jalanan lengang dan ga enak saat jalanan macet itu bisa dijelaskan. tp kadang enak dan ga saat kondisi lalin sama nah ini yg mbingungi

  2. Adhitya Ramadian

    - Edit

    Reply

    iya ni si bejo lagi ga enak, lg kumpulin duit buat porting polish dan bobok knalpot, smentara stel klep dan ganti oli aja dah

  3. Bener tuh, kalau abis hujan perasaan enak banget tarikannya.

    Kalau abis cuci steam emang udah pasti enak banget dibawanya, entah kenapa semua orang begitu. Besoknya udah biasa lagi hehe..

  4. wah..sama mas bro…klw menurut ane disitulah cara kita tau perasaan motor kita…klw lg enak dibawa brarti motornya lg senang hati…klw gak enak di bawa brarti lgi galau mas bro…hihihi

  5. Menurut saya itu bukan sugesti. Tapi sangat logis. Motor terasa enak karena dua hal. Hal pertama adalah kwalitas bbm yg kita beli. Tentunya tdk selalu sama persis kan? Di saat kita beli bbm dg kwalitas baik,otomatis motor terasa enak.
    Hal yg kedua,saat cuaca dingin juga akan membuat motor terasa enak. Hal ini disebabkan krn molekul bbm akan merapat/padat saat cuaca dingin. Dengan artian,satu tetes bbm saat cuaca dingin akan lebih padat molekulnya drpd satu tetes saat cuaca panas.
    Hal ini tentu juga terjadi saat motor kita habis dicuci. Karena suhu disekitar tanki akan dingin karena basah.
    Mohon dikoreksi jika analisa saya salah.

  6. velg ga oleng dinsangka oleng. sugesti…. :mrgreen;
    motor stabil di sangka miring. sugesti…. πŸ˜†

      1. analisis ane:

        1. karakter 2 tak, semakin dingin mesin semakin joss klo panas loyo

        2. businya ga cocok

        3. pj kegedean minta turun

        4. settingan angin ga pas

        5. sugesti

        :mrgreen:

  7. yg sering ane rasakan, kalo 1 km pertama riding di bawah 50kpj, maka ketika dibetot, mesin terdenganr kasan n berat, sementara kalo dari awal udah di ajak lari, maka tarikan lebih enteng… entah ini sugesti atau bukan…

  8. hehehe
    kadang2 saya juga kayak gitu oom Ikhwan
    kalau motor gak dipaksa berakselerasi, justru mesinnya luar biasa enak. Makin dipaksa, makin gak mau lari πŸ˜€
    jangan2 benar kata orang, motor juga punya perasaan πŸ˜€

  9. Redribbon Army

    - Edit

    Reply

    kalo saya tambah aneh. .. bisa kerasa enak nggaknya kalo bawa motor laki aja… tapi kalo bawa supra bawaannya gak enak terus πŸ˜€ bawa kymco enaaakkkk terus…. sugesti banget. . xixixi. .. pemanasan saat mau start jua ngaruh koq… gak dipanasi maka motor terasa gembos bannya… abis dipanasi serasa powernya nambah 10dk. .. :mrgreen: sugesti pastinya

  10. Kalau suasana hati lagi seneng ya uenaak aja…, kalau lg galau ya ngaruh juga motornya jd terasa galau… klo kita sdh terbiasa dg motor kita, ada kelainan dikit pasti terasa.

  11. Sering merasakan…kadang merasa enteng tarikannya kadang berat,.apalagi habis dipake jarak jauh (pp jogja-brebes) terasa berat banget tarikan gas.nya meskipun udah di istirahatkan sehari…tanya kenapa??kenapa tanya?? :mrgreen:

  12. Sering Mas πŸ˜€

    Tapi emang cuaca n kondisi jalan pengaruh juga. Misal udah panas + macet, oksigen dikit n kopling ikut panas ya jadinya motor kurang enak.

    Nah di cuaca dingin, malam hari misalanya. Motor biasanya lebih enak, selain jalanan sepi AFR juga pengaruh karena udara dingin biasanya oksigen makin banyak diserap karbu masuk ke mesin πŸ˜€

  13. Assalamu’alaykum,

    Insya Allah ada penjelasan berdasarkan dalil tentang ini, salah satu ulama salaf pernah berkata,

    ” Sungguh saya bisa merasakan pengaruh dosa yang saya lakukan pada susahnya kendaraanku untuk dikendalikan ”

    Afwan, karena ana bukan perawi hadits mungkin kontekstual atsar tidak 100% tepat, tapi dari segi maksud insya Allah 97% mengarah pada maksud yang dimaksudkan ulama kita.

  14. Mikhael A.P Simanjuntak

    - Edit

    Reply

    Iya min, Sama dengan yang saya rasakan, Tp yg saya rasakan bukan msalah Jalan Sepi, Macet, Lebar, ataupun Mulus, Tp Rasa” Ada yang salah dengan motor itu, Saya menggunakan Knalpot Racing, jd Bisa merasakan Tarikan dan Suara Knalpot itu Pas atau tidak, Brrti Ada yang salah dengan Kinerja Mesin yang berubah”, Mnurt saya, Manusia saja bisa salah apalagi mesin.
    Saya Sudah melakukan Penelitian Bagaimana Rasanya Membawa Motor yg masih Dingin, dan Membawa motor yg sudah panas, Tp Biasa saja dan Tak Ada Hasil, Ya mngkin ini bisa menjadi suatu hal yang Misterius. Terimakasih

Leave a Reply