jump to navigation

Ganti Aki Vixion January 9, 2013

Posted by aaikhwan in : Serba Modif Motor , trackback

Assalamu’alaykum

2012-11-06 20.50.29-picsay

Sudah lama nih artikel nyangkut gak rilis-rilis :mrgreen:, lanjut aja ye.. di usia si merah vixion Aa yang sudah beranjak tua :mrgreen: yakni sudah 3 tahunan mau gak mau ada beberapa part yang mesti dianti salah satunya yaitu AKI yang cukup penting apalagi di motor injeksi agar aliran listrik ke ECU tetap segar dan stabil walaupun ECU Vixion sendiri sudah memiliki power bank tersendiri CMIIW.

Awal gejalanya sih sering susah elektrik starter, sudah dicek distarternya gak ada masalah, cek di busi juga masih ajib lalu terkadang jarum rpm naik turun gak beraturan saat langsam di mana, dan menurut info kawan kemungkinan di aki, berbeda di mana saat dulu pernah juga jarum rpm ngedrop ke angka nol (bukan naik turun) waktu itu cukup ganti skring aja sudah normal kembali tapi yang saat ini beda dan tidak bisa hanya ganti sikring saja :D.

Ya sudah Aa beli saja aki baru, di mana awalnya Aa mau beli aki motor satria FU yang 6Ah mengingat Aa memakai klakson keong jadi biar tahan lama saja akinya, tapi sayang sedang kosong dan Aa di tawari aki yuasa 12V tapi yang 5Ah yakni Yuasa YTZ6V seharga 185ribu.

2012-11-06 20.51.13-picsay

Untuk pemasangan aki ini cukup mudah, hanya melepas aki lama beserta gabus penahan di bawahnya soalnya kalo gabusnya gak dilepas aki terlihat tinggi dan njedol jadi lebih baik di lepas saja dan kasih alas dengan potongan kardus saja :mrgreen:.

2012-11-06 20.50.42-picsay

2012-11-06 20.52.10-picsay

2012-11-06 20.53.00-picsay

2012-11-06 20.53.46-picsay

Sip ajib kan :mrgreen:, walaupun belakangan diketahui motor susah hidup karena disinyalir seal klep bocor sehingga susah hidup dan salah satunya ditandai dengan hitamnya busi yang menurut Aa ada oli yang masuk ke ruang bakar CMIIW, sehingga si merah sekalian Aa servis besar πŸ˜€ (tunggu sja artikelnya) .

Semoga bermanfaat

Wassalam

Aa Ikhwan

Comments»

1. rusmanjay - 09/01/2013

nunggu artikel yang servis besar πŸ˜€

2. Aa Ikhwan - 09/01/2013

nunggu apanya, jeroannya ? :mrgreen:

3. Muhammad Aulia - 09/01/2013

ya benar aa, ane tunggu juga :mrgreen:
https://brigade15.wordpress.com/2013/01/07/ane-jual-nano-energizer-gan/

4. bagas29ps - 09/01/2013

Kapan ganti NVL nih? πŸ˜†

5. Aa Ikhwan - 09/01/2013

gak ah makasih , yg old masih ajib :mrgreen:

6. bagas29ps - 09/01/2013

isine racun.. ampunnnnn dahhh :mrgreen: πŸ˜†

7. Aa Ikhwan - 09/01/2013

hati2 keracunan, tanggung sendiri :mrgreen:

8. Iwan Budi Santoso - 10/01/2013

geng hijau??

9. Aa Ikhwan - 11/01/2013

genk ijo ya kawasaki :mrgreen:

10. warungbaksosabar - 09/01/2013

baru tiga tahun udah servis besar.. pertanda jam riding ketinggian.. :mrgreen:

11. Aa Ikhwan - 09/01/2013

iye nih :mrgreen:

12. joko - 09/01/2013

resiko motor gak standart πŸ˜€

13. Aa Ikhwan - 10/01/2013

:mrgreen:

14. vixy182 - 09/01/2013

Siipp ..Punya ane msih normal…, msih blm ada gejala ntuk ganti…

15. Aa Ikhwan - 09/01/2013

sip ajib,..soela jeroan si emrah banyak ubahan :mrgreen:

16. marga - 09/01/2013

nunggu ganti motor aja aha πŸ˜‰

17. Aa Ikhwan - 09/01/2013

enggak ah makasih,.. eh tp gak tau jg ke depannya :mrgreen:

18. marga - 09/01/2013

didoaken semoga makin sukses dan bisa nambah motor dan lebih bagus. amin.

19. Aa Ikhwan - 09/01/2013

amin,.. tp mungkin mau nabung untuk kendaraan sekeluarga saja Insya Alloh πŸ˜€

20. kalimantan selatan - 09/01/2013

Tes coba comen

21. Aa Ikhwan - 09/01/2013

komen diterima πŸ˜€

22. kalimantan selatan - 09/01/2013

Bisa akhirnya salam knal aa. Rizki banjarmasin… Aki buat fu brp harga aa?

23. Aa Ikhwan - 09/01/2013

aki untuk fu di sini sekitar 200ribuan kl gak salah πŸ˜€

24. kalimantan selatan - 09/01/2013

Ane satu rumpun ama vixy182… Tapi ga knal orangnya… Haha… Oh iya 1 lagi knee protec yg bagus ap ya aa? Disini susah nyarinya

25. Aa Ikhwan - 09/01/2013

hehe satu daerah ya,. janjian aja kopdar :mrgreen:
kl yg bagus ya biasanya yg mahal seperti alpine star dan kawan2nya πŸ˜€
atau yang lumayan ya FOX πŸ˜€

26. kalimantan selatan - 09/01/2013

Wah yg fox nemu dmana ya? Moga ajha ga di gunung aa… Hehe

Auuuuuuuu uuuu

27. Aa Ikhwan - 09/01/2013

wah jangan berubah di sini :mrgreen:
cb aja cek di sini http://www.rodadua.net/katalog-produk/cid-1299025706747243/dekker-dewasa.html

28. beckhem - 09/01/2013

lho kok busanya g dipake?kayaknya itu buat meredam goncangan biar aki ga mencelat…….aki kering memang lama abis, ni aja hampir 3 tahun masih bisa starter elektrik (lancar)………tapi kalo dah gejala h lancar nti diganti…berabe kalo habis ditengah jalan…..:p

29. Aa Ikhwan - 09/01/2013

aki yang baru ini bukan bawaan vixion jadi agak tinggi n mentok jadi mesti dilepas atau kalo mau sih dipotong sedikit busanya πŸ˜€

30. bachtiaryuan - 09/01/2013

mantabzzz,,,,,bisa buat referensi nih…

31. Aa Ikhwan - 09/01/2013

sip ajib kang,..ato kl mau pake aki FU πŸ˜€

32. Trisna Ariwibawa - 09/01/2013

Jozz.. Makin ajib buat nelaksonin alay dong? Xixi
http://trexton.wordpress.com/

33. Karis - 09/01/2013

NVL NVL NVL NVL πŸ˜€

http://rideralam.wordpress.com/2013/01/09/ada-rencana-pasang-box-di-si-pio-sreg-kan-hati-dulu/

34. Agasta - 09/01/2013

moga awet akinya!!!!

35. Ferdinand - 09/01/2013

mantapp artikelnya :thumbup

ane baru aja kmaren ganti aki.. umur vixion ane udah 5tahun, gejala2nya udah susah di starter, ternyata gara2 pake kapasitor bank, dan ternyata aki lama masih sehat, walaupun udah 5 taon..

36. axo92 - 09/01/2013

asik aki baru.. πŸ™‚

37. kommotor.com - 09/01/2013

Congratulation…aki baru…asala jangan aki-aki baru…wkwkwkwk..peace..
http://kommotor.com/agostini-ragu-rossi-bisa-raih-gelar-kesepuluh/

38. ipanase - 09/01/2013

genius πŸ˜€

39. Aa Ikhwan - 10/01/2013

logitech :mrgreen:

40. ipanase - 10/01/2013

kapan2 si kebo merah ganti 6 A eh 5 A tapi kayaknya ga muat je

41. Aa Ikhwan - 10/01/2013

taro di atas tangki sekalian tempel gps :mrgreen:

42. joko - 09/01/2013

ane pernah beli dulu aki kering merk duration 7A. kalo gak salah punya thunder. cuma 180rb (lupa persisnya maklum dah lama) garansi 10 bulan πŸ˜€
mayan dah…beli aki yuasa juga gak dapet garansi sama sekali hehehe…
bisa awet alhamdulilah, gak awet ya wajar aki murah. dan alhamdulilah sampe sekarang masih bisa greng.

43. Aa Ikhwan - 10/01/2013

Alhamdulillah,..ajib om πŸ˜€

44. SuRyA - 10/01/2013

jangan2 minta ganti motor baru tuh mas hehehe

http://www.dk8000.co.nr

45. Aa Ikhwan - 10/01/2013

jiahaha…engak ah,..enggak tau :mrgreen:

46. Motorseo - 10/01/2013

bener tuh minta di temenin adik nya, si NVL di garasi he he he he…

47. Aa Ikhwan - 10/01/2013

:mrgreen:

48. yisha - 10/01/2013

wah, si merah lagi manja nih……..

49. Aa Ikhwan - 10/01/2013

iya nih yisha πŸ˜€

50. gasspoll83 - 10/01/2013

jarum rpm naik turun ga beraturan dulu sempet kepikiran ganti aki tapi sama mekanik malah diganti kabel positif yang warna merah itu

51. jnakawara - 10/01/2013

sip.. boleh dicoba tipsnya…
btw kalo vixion akinya soak gimana yah?
apa ada gejala” gimana gitu mas?
http://nakawara.wordpress.com/2013/01/09/new-v-ixion-fairing-r125/

52. Aa Ikhwan - 10/01/2013

biasanya susah hidup sih, klakson mbrebet dan biasanya indikator di spedometer nyala yang kuning kalo gak salah jadi mesti ganti aki, tp kl dr pihak resmi yamahanya sih mesti ganti setiap 1,5 tahun agar ecunya tetap segar πŸ˜€
bisa baca jg pengalaman mbah edo yg 4 tahun baru ganti aki vixionnya : http://edorusyanto.wordpress.com/2012/08/28/empat-tahun-vixion-ganti-aki/

53. redbike92 - 10/01/2013

nice post oom πŸ˜€
berguna buat pemilik Vixion yang lain πŸ˜€
semoga habis servis besar, Vixionnya oom Ikhwan jadi ajib lagi πŸ˜€

54. Aa Ikhwan - 10/01/2013

amin,.. slam ajib πŸ˜€

55. Diposedicigp8 - 10/01/2013

akiny imut2 :mrgreen:, ga kaya aki pulsar πŸ™„

56. Aa Ikhwan - 10/01/2013

mini aki :mrgreen:

57. kong firman - 10/01/2013

segerrrrrrr,.. :mrgreen:

58. Aa Ikhwan - 10/01/2013

fresh πŸ˜€

59. edm135 - 10/01/2013

pemakaian kayak gimana tuh…..masak 3 tahun seal klep sudah bocor ??? perasaan dulu saya punya yamaha 5 tahun (60.000km) mesin fine -fine aja, daleman mesin oke semua, cuma ganti aki sama ban aja….

60. Aa Ikhwan - 10/01/2013

mesin udah banyak ubahan πŸ˜€

61. Tri_Aja_Gunung_Kidul - 10/01/2013

lah piye ki sibiruku masih ok je..padahal wis >5th rung ganti aki. stater masih jreng..Justru spul dah ganti 6bl yg lalu..indikasine..
lampu indikator mesin kedip2 saat kunci di on n jarum indikator rpm naik/turun ga braturan apalagi pas nyalain lampu utama putaran bawah brebet..tp pas sdh jalan rpm >4rb normal..info spul vixy katanya pengisian 3phase..punyaku baru 1 phase yg kebakar pd wkt itu..

62. Aa Ikhwan - 10/01/2013

itu baru dugaan ane aja bukan dari mbengkel :D, sepertinya sih masih ajib hanya untuk jaga2 aja karena jeroan si merah udh banyak ubahan jadi biar ecu tetep segar :mrgreen: , paling aki bekasnya ntr buat si hitam πŸ˜€

63. Tri_Aja_Gunung_Kidul - 10/01/2013

cepet men balese lg nyantai yo..

64. Aa Ikhwan - 10/01/2013

πŸ˜€

65. An_Syahri - 10/01/2013

Koq ga pakai yang genuine part mas…?

66. Aa Ikhwan - 10/01/2013

ini ori yuasa kok :D, cuma beda di ampere-nya saja yang 5A soalny ane ada beberapa ubahan di kelistrikan jadi ECU masih aman πŸ˜€

67. cotto - 10/01/2013

Siip infonya…

68. kharis27 - 10/01/2013

wew tar abis servis besar si merah langsung 180cc hehe

69. Aa Ikhwan - 11/01/2013

jiahaha,.. enggak ah,..enggak tau :mrgreen:

70. itemompong - 10/01/2013

koreksi A’
bukan 6A atau 5A yg artinya 5 Ampere atau 6 Ampere …
yg bener 6Ah (Ampere Hour) yg pengertian technical sangat berbeda. Ampere adalah satuan arus, sedangkan Ampere hour adalah kapasitas battery. CMIIW

http://itemompong.wordpress.com/2013/01/10/nvl-new-vixion-lightning-termurah/

71. Aa Ikhwan - 11/01/2013

wah salah ya,..sip2 infonya ntr ane edit πŸ˜€

72. itemompong - 11/01/2013

walaupun bengkel atau toko onderdil pada ngerti kalo dibilangin aki 6 ampere dan umumnya mereka bukan orang teknik, cuma pedege.
ga ada salahnya membiasakan sesuatu yg benar
btw, aki saya udah 4 belum pernah ganti lho, masih aki bawaan pabrikan. cuma dikasih capasitor bank bikinan sendiri, lampu2 diganti LED semua kecuali headlight itu pun dirubah DC ngikut AKI (bukan fullwave). electric starter masih greng

73. Aa Ikhwan - 11/01/2013

sip ajib,.. sebetulnya melihat hasil pemeriksaan si merah problem sulit hidup karena seal klep dan seal oli dah mesti ganti, oli masuk ke ruang bakar jd agak susah hidup πŸ˜€ . CMIIW

74. jtxtop - 11/01/2013

Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

75. hanif - 30/05/2013

dear bro yg baik hati πŸ™‚
dimana bengkel yamaha yg terlengkap dan mekaniknya yg jago2 ya, soalnya saya sudah ganti spool,kiprok,aki, sekring tapi semingu kemudian tidak bisa stater, pas di chek aki lagi, ternyata akinya jadi rusak, untung masih garansi, saya ganti aki baru, seminggu kemudian, tidak bisa stater lagi, padahal pengisian aki normal, sudah di cek listriknya oke, pusing deh gue, apalagi nih masalahnya.

76. hanif - 30/05/2013

eh lupa kasih tahu motor ane, yamaha vixion 2011

77. Aa Ikhwan - 30/05/2013

memangnya lokasi masbro di mana ?

78. Aa Ikhwan - 30/05/2013

mungkin di pusatnta di DDS Cempaka :D.
tp kl ane sendiri malah ke bengkel non beres sama kawan di Cijantung πŸ˜€

79. rudi - 26/11/2013

aslmkum.a klo ganti kiprok tiger gmn, beban motor hid proji+doble ae+bebeapa led fariasi
mtorku vixi ’11

80. gino - 27/07/2016

bos aku ganty aki pakai 5 ampere di vixion olgd malah mati2 trs motornya… ketika aki di kisaran 13,8 motor tiba2 mati. apanya ya bos

81. Aa Ikhwan - 01/08/2016

cb cek kiproknya, kalau kiproknya bermasalah maka pengisian ke aki pun bermaalah dan aki akan cpt rusak. cmiiw

82. Eko - 13/04/2018

Vixy ane sudah 7 tahun masih sehat bro

83. aaikhwan - 13/04/2018

Ajiib


%d bloggers like this: