Ganti Aki Vixion

81

Assalamu’alaykum

2012-11-06 20.50.29-picsay

Sudah lama nih artikel nyangkut gak rilis-rilis :mrgreen:, lanjut aja ye.. di usia si merah vixion Aa yang sudah beranjak tua :mrgreen: yakni sudah 3 tahunan mau gak mau ada beberapa part yang mesti dianti salah satunya yaitu AKI yang cukup penting apalagi di motor injeksi agar aliran listrik ke ECU tetap segar dan stabil walaupun ECU Vixion sendiri sudah memiliki power bank tersendiri CMIIW.

Awal gejalanya sih sering susah elektrik starter, sudah dicek distarternya gak ada masalah, cek di busi juga masih ajib lalu terkadang jarum rpm naik turun gak beraturan saat langsam di mana, dan menurut info kawan kemungkinan di aki, berbeda di mana saat dulu pernah juga jarum rpm ngedrop ke angka nol (bukan naik turun) waktu itu cukup ganti skring aja sudah normal kembali tapi yang saat ini beda dan tidak bisa hanya ganti sikring saja :D.

Ya sudah Aa beli saja aki baru, di mana awalnya Aa mau beli aki motor satria FU yang 6Ah mengingat Aa memakai klakson keong jadi biar tahan lama saja akinya, tapi sayang sedang kosong dan Aa di tawari aki yuasa 12V tapi yang 5Ah yakni Yuasa YTZ6V seharga 185ribu.

2012-11-06 20.51.13-picsay

Untuk pemasangan aki ini cukup mudah, hanya melepas aki lama beserta gabus penahan di bawahnya soalnya kalo gabusnya gak dilepas aki terlihat tinggi dan njedol jadi lebih baik di lepas saja dan kasih alas dengan potongan kardus saja :mrgreen:.

2012-11-06 20.50.42-picsay

2012-11-06 20.52.10-picsay

2012-11-06 20.53.00-picsay

2012-11-06 20.53.46-picsay

Sip ajib kan :mrgreen:, walaupun belakangan diketahui motor susah hidup karena disinyalir seal klep bocor sehingga susah hidup dan salah satunya ditandai dengan hitamnya busi yang menurut Aa ada oli yang masuk ke ruang bakar CMIIW, sehingga si merah sekalian Aa servis besar πŸ˜€ (tunggu sja artikelnya) .

Semoga bermanfaat

Wassalam

Aa Ikhwan

81 Comments

  1. kalimantan selatan · Edit

    Ane satu rumpun ama vixy182… Tapi ga knal orangnya… Haha… Oh iya 1 lagi knee protec yg bagus ap ya aa? Disini susah nyarinya

    Reply
  2. lho kok busanya g dipake?kayaknya itu buat meredam goncangan biar aki ga mencelat…….aki kering memang lama abis, ni aja hampir 3 tahun masih bisa starter elektrik (lancar)………tapi kalo dah gejala h lancar nti diganti…berabe kalo habis ditengah jalan…..:p

    Reply
  3. mantapp artikelnya :thumbup

    ane baru aja kmaren ganti aki.. umur vixion ane udah 5tahun, gejala2nya udah susah di starter, ternyata gara2 pake kapasitor bank, dan ternyata aki lama masih sehat, walaupun udah 5 taon..

    Reply
  4. ane pernah beli dulu aki kering merk duration 7A. kalo gak salah punya thunder. cuma 180rb (lupa persisnya maklum dah lama) garansi 10 bulan πŸ˜€
    mayan dah…beli aki yuasa juga gak dapet garansi sama sekali hehehe…
    bisa awet alhamdulilah, gak awet ya wajar aki murah. dan alhamdulilah sampe sekarang masih bisa greng.

    Reply
  5. pemakaian kayak gimana tuh…..masak 3 tahun seal klep sudah bocor ??? perasaan dulu saya punya yamaha 5 tahun (60.000km) mesin fine -fine aja, daleman mesin oke semua, cuma ganti aki sama ban aja….

    Reply
  6. Tri_Aja_Gunung_Kidul · Edit

    lah piye ki sibiruku masih ok je..padahal wis >5th rung ganti aki. stater masih jreng..Justru spul dah ganti 6bl yg lalu..indikasine..
    lampu indikator mesin kedip2 saat kunci di on n jarum indikator rpm naik/turun ga braturan apalagi pas nyalain lampu utama putaran bawah brebet..tp pas sdh jalan rpm >4rb normal..info spul vixy katanya pengisian 3phase..punyaku baru 1 phase yg kebakar pd wkt itu..

    Reply
      • walaupun bengkel atau toko onderdil pada ngerti kalo dibilangin aki 6 ampere dan umumnya mereka bukan orang teknik, cuma pedege.
        ga ada salahnya membiasakan sesuatu yg benar
        btw, aki saya udah 4 belum pernah ganti lho, masih aki bawaan pabrikan. cuma dikasih capasitor bank bikinan sendiri, lampu2 diganti LED semua kecuali headlight itu pun dirubah DC ngikut AKI (bukan fullwave). electric starter masih greng

        Reply
        • sip ajib,.. sebetulnya melihat hasil pemeriksaan si merah problem sulit hidup karena seal klep dan seal oli dah mesti ganti, oli masuk ke ruang bakar jd agak susah hidup πŸ˜€ . CMIIW

          Reply
  7. dear bro yg baik hati πŸ™‚
    dimana bengkel yamaha yg terlengkap dan mekaniknya yg jago2 ya, soalnya saya sudah ganti spool,kiprok,aki, sekring tapi semingu kemudian tidak bisa stater, pas di chek aki lagi, ternyata akinya jadi rusak, untung masih garansi, saya ganti aki baru, seminggu kemudian, tidak bisa stater lagi, padahal pengisian aki normal, sudah di cek listriknya oke, pusing deh gue, apalagi nih masalahnya.

    Reply
  8. bos aku ganty aki pakai 5 ampere di vixion olgd malah mati2 trs motornya… ketika aki di kisaran 13,8 motor tiba2 mati. apanya ya bos

    Reply

Leave a Reply