Assalamu’alaykum

Sabtu kemarin Aa menyempatkan diri mampir ke Kantor Kecamatan Kota Tangerang untuk aktivasi e-KTP yang sebelumnya sudah jadi dan sudah Aa terima dari Pak RT.

Aktivasi ini memang diperlukan dan memang harus agar data kita masuk ke dalam database yang memang sudah terpusat dan online :D, jadi setiap warga yang sudah membuat e-KTP, dan sabar menanti e-KTP lalu sudah dapat e-KTP, maka diwajibkan melakukan aktivasi ulang di kantor yang ditunjuk dan tidak bisa diwakilkan karena memang ada proses sidik jari ulang :D.

Si Merah parkir di Kecamatan

Prosesnya cukup sederhana, cukup mengumpulkan e-KTP yang sudah jadi kepada petugas , lalu menunggu panggilan untuk aktivasi dan sidik jari ulang oleh petugas yang berwenang.

Kalau di Kecamatan Kota Tangerang, beberapa warga dipanggil (5 orang) sesuai urutan e-KTP yang sebelumnya dikumpulka lalu masuk dan duduk di dalam ruangan untuk antrian aktivasi :D.

Petugasnya melirik :mrgreen:

Tiba giliran Aa, menyerahkan e-KTP yang oleh petugas langsung dibaca dengan card reader khusus yang terintegrasi dengan aplikasi database di komputer dan memang ada datanya, beda dengan alat yang pernah Aa test dan gak keluar datanya,..ya iyalah la wong beda gimana sih Aa :mrgreen:

Reader yang pernah Aa test πŸ˜€

Tahapan selanjutnya yaitu dengan scan ulang sidik jari dan kali ini Aa hanya diminta satu jari aja yaitu jari telunjuk :D.

sidik jari

Alhamdulillah kelar sudah e-KTP Aa mulai dari awal bikin, nunggu, jadi, dan aktivasi ulang, perjalanan panjang ya :mrgreen:.

Kesimpulan proses pembuatan e-KTP sampai selesai (aktivasi)

1. Surat panggilan pembuatan e-KTP
2. Pembuatan e-KTP
3. Pengambilan e-KTP
4. Aktivasi e-KTP

Artikel terkait sebelumnya :

bikin e-KTP

perpanjang KTP lama + kena denda :mrgreen:

e-KTP kapan jadinya ?

antara KTP lama dan e-KTP

Semoga bermanfaat dan gunakan e-KTP dengan sebenar-benarnya penggunaannya :mrgreen:.

Wassalam

Aa Ikhwan