Aktivasi e-KTP

Assalamu’alaykum

Sabtu kemarin Aa menyempatkan diri mampir ke Kantor Kecamatan Kota Tangerang untuk aktivasi e-KTP yang sebelumnya sudah jadi dan sudah Aa terima dari Pak RT.

Aktivasi ini memang diperlukan dan memang harus agar data kita masuk ke dalam database yang memang sudah terpusat dan online :D, jadi setiap warga yang sudah membuat e-KTP, dan sabar menanti e-KTP lalu sudah dapat e-KTP, maka diwajibkan melakukan aktivasi ulang di kantor yang ditunjuk dan tidak bisa diwakilkan karena memang ada proses sidik jari ulang :D.

Si Merah parkir di Kecamatan

Prosesnya cukup sederhana, cukup mengumpulkan e-KTP yang sudah jadi kepada petugas , lalu menunggu panggilan untuk aktivasi dan sidik jari ulang oleh petugas yang berwenang.

Kalau di Kecamatan Kota Tangerang, beberapa warga dipanggil (5 orang) sesuai urutan e-KTP yang sebelumnya dikumpulka lalu masuk dan duduk di dalam ruangan untuk antrian aktivasi :D.

Petugasnya melirik :mrgreen:

Tiba giliran Aa, menyerahkan e-KTP yang oleh petugas langsung dibaca dengan card reader khusus yang terintegrasi dengan aplikasi database di komputer dan memang ada datanya, beda dengan alat yang pernah Aa test dan gak keluar datanya,..ya iyalah la wong beda gimana sih Aa :mrgreen:

Reader yang pernah Aa test πŸ˜€

Tahapan selanjutnya yaitu dengan scan ulang sidik jari dan kali ini Aa hanya diminta satu jari aja yaitu jari telunjuk :D.

sidik jari

Alhamdulillah kelar sudah e-KTP Aa mulai dari awal bikin, nunggu, jadi, dan aktivasi ulang, perjalanan panjang ya :mrgreen:.

Kesimpulan proses pembuatan e-KTP sampai selesai (aktivasi)

1. Surat panggilan pembuatan e-KTP
2. Pembuatan e-KTP
3. Pengambilan e-KTP
4. Aktivasi e-KTP

Artikel terkait sebelumnya :

bikin e-KTP

perpanjang KTP lama + kena denda :mrgreen:

e-KTP kapan jadinya ?

antara KTP lama dan e-KTP

Semoga bermanfaat dan gunakan e-KTP dengan sebenar-benarnya penggunaannya :mrgreen:.

Wassalam

Aa Ikhwan

35 thoughts on “Aktivasi e-KTP

    1. tidak berbelit2 juga. karena ini sistem pengisian, bisa saja error jadi didalam stiker chipnya data tidak ada atau tidak terbaca. dulu sering terjadi begini waktu kartu mahasiswa, data tdk terisi di chipnya. cap jempol hanya buat tanda bahwa sudah benar terisi. semoga bisa jadi informasi

      1. kalau data sih bisa dicek. tapi kalau ada yang ketukar sidik jari dan lain2 bagaimana?. lebih baik direpotkan awal2 daripada ada masalah dikemudian hari. lagian ga sampe 5 menit kok.

  1. Tri_Aja_Gunung_Kidul

    - Edit

    Reply

    saiki tinggal tunggu jadinya si e-KTP
    padahal wis berbulan bulan Photo n dll + uang 5rb hehe
    sing sabar mas urip mong sepisan n e-KTP ga ditanyain ma Malaikat…hihiiii ..piss

  2. hehe,udh pd jd y.Ak kpn y mau bikin e-ktp?dl bikin ktp gara” mau melalang buana k luar pulau.trs ilang,sampe skrg blm punya ktp,jd kaya Abg hihihi

  3. E-ktp saya dah setahun blm jadi mas
    trus pas buat saya komplain krn data saya salah
    Data saya single. Padahal saya sdh nikah
    eh petugasnya cm blg “udah buat aja dulu.nanti aja dirubahnya.yg penting dpt nik dulu”
    Pertanyaan saya, kok ga sekalian aja ya dirubah. Kan ga buang2 wkt n uang. Lgsng pikiran mengendus aroma proyek. Hmm ya sudahlah klo gt

    http://www.dk8000.co.nr

  4. klo aktivasi di daerah lain bisa gak, saya e-ktp bandung, tapi gk sempat!
    karena suatΓΌ hal, sekarang saya pindah kerja di cikarang, aktivasi di cikarang bisa gk ya?

Leave a Reply