Assalamu’alaykum

Barangkali kawan-kawan sedang tidak punya pulsa buat internetan atau mungkin kuota internetnya dah ludes :mrgreen:,..mari kita manfaatkan internet android kawan kita yang masih punya kuota internet :D.

Atau mungkin juga kawan-kawan masih ada pulsa atau kuota masih full banget buat internet tapi males n pegel kalo terus-terusan internet dengan ponsel android yang kecil mungil :mrgreen: , kawan-kawan bisa memanfaatkan hotspot di android untuk berinternet ria via PC atau laptop :D.

Begini langkah-langkahnya :

1. Masuk ke Menu Settings

Menu Settings Robot Ijo

2. Pilih Wireless and Networks

Wireless and Networks

3. Pilih Tethering and Portable Hotspot

Tethering and ortable Hotspot

4. Setting Mobile Access Point

Sebetulnya user bisa saja langsung mengaktifkan hotspot dengan nama access poit standar bawaan ponselnya, kalau mau dibuat namanya pun gampang dan tentu lebih menarik :D.

Saat di menu Tethering and Portable Hotspot, kawan-kawan bisa melihat dan pilih Mobile AP Settings.

Mobile AP Settings

di foto terlihat ada pilihan yang dilingkari warna hijau, itu adalah pilihan bila user ingin menggunakan nama access point bawaan ponsel, dan yang tanda panah hijau adalah pilihan kalau user ingin membuat nama access point sendiri.

5. Configure Mobile AP

Nah Setelah memilih Mobile AP Settings di langkah no. 4, lanjut kita pilih Configure Mobile AP seperti di bawah ini .

Configure Mobile AP

Setelahnya akan muncul tampilan di mana user dipersilahkan mengisi atau membuat nama access point atau Network SSID misalnya di sini Aa buat dengan nama Aa Ikhwan :D. Selain itu, user pun diberikan 2 pilihan security yakni Open Security dan WPA2 PSK, hanya berbeda di akses koneksi

Open Security : User lain yang ingin gabung internet akan mudah connect ke hotspot yang sudah kita buat.

WPA2 PSK : User lain yang ingin conncet internet ke hotspot akan dimintai password yang sudah kita buat jika kita memilih opsi ini.

Kita coba saja opsi yang kedua ya dengan memberikan password di hotspot kita :D,..di sini misalkan passwordnya adalah password.

WPA2 PSK Security

Proses selanjutnya adalah pilih Save

6. Aktifkan Mobile AP

Setelah di Save, kita akan kembali ke menu Mobile AP Settings di mana selanjutnya kita akan mengaktifkan akses point/hotspot yang sudah dibuat di atas yaitu dengan memilih atau mencentang Mobile AP.

Aktifkan Hotspot

Setelah aktif nanti di kiri atas si robot ijo akan muncul logo hotspot berwarna biru yang menunjukkan Tethering atau akses point atau hotspot sudah aktif,..selanjutnya di ponsel,pc, atau laptop yang lain tinggal koneksi ke hotspot yang sudah dibuat ini yaitu hotspot Aa Ikhwan.

7. Koneksi ke Hotspot Robot Ijo

Yang Aa coba di sini dengan menggonakn Netbook.

Klik Kanan Wireless Connection di Netbook atau Laptop dan pilih View Available Wireless Network

View Available Wireless Network

akan tampil daftar wireless dan kebetulan di sini hanya ada 1 access point yaitu Aa Ikhwan :mrgreen:

Acces Point “Aa Ikhwan”

Terlihat di foto atas ada nama Hotspotnya yakni Aa Ikhwan dan juga keterangan security di bawahnya plus logo gembok cakram :mrgreen:,

Pilih dan klik 2x hotspotnya “Aa Ikhwan” atau klik tombol connect yang ada di bawah, lalu akan tampil kotak security dan masukkan security password yang tadi sudah dibuat yakni “password

Password Security

Lalu akan ada proses pencarian IP Address hotspot yang tentunya dalam hal ini adalah IP Dynamic atau DHCP yangs secara otomatis mencari dan mendapatkan ip addressnya secara otomatis :D, kalo bingung lanjut aja ya :D.

Pencarian ip address

Setelah dapat ip addressnya, maka proses koneksi ke hotspot dinyatakan sukses alias connected 😀

Connected

Silahkan lanjut browsing internet dan jangan lupa mampir ke Aa Ikhwan Blog :mrgreen: .

Aa Ikhwan Blog :mrgreen:

Kalau untuk koneksi hotspot via robot ijo, caranya hanya mengaktifkan fitur Wifi saja di robot ijonya dan pilih hotspot yang tersedia :D.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba :mrgreen:.

Ket : Settingan ini Aa buat di Android Samsung Gio 😀

Wassalam

Aa Ikhwan