Assalamu’alaykum

Beberapa waktu lalu si merah mengalami problem yang sebelumnya belum pernah terjadi, yaitu saat si merah dihidupkan atau ON, indikator engine check si merah mati hanya ada suara ngiiiing dan indikator radiator yang menyala seperti biasanya yang kemudian mati setelah beberapa saat . Tapi mesin si merah tetap bisa hidup saat distarter…kira2 apa penyebabnya ? πŸ˜€ .

Sebelumnya gak sadar sama sekali engine checknya mati, saat di ON kok gak nyala ya indikator engine checknya hmm…sesuatu nih :mrgreen:, sampai sempet Aa posting di FB dan ada yg bilang termostatnya karena di foto memang yg terlihat nyala indikator radiator :D, tapi ternyata enggak soalnya ini baru di hidupkan dan indikator radiator nyala biasanya kl lagi macet-macetan di jalan nih kayak foto di bawah ini :mrgreen:

Sampai akhirnya ada koh Afandi dari Afmos.Net yang bilang coba cek kabel ijo di bawah jok, yang memang sepertinya itu kabel yang biasa digunakan untuk alat FIDT,..ya sudah langsung ane buka jok dan ternyaataaaaa….ampun dah πŸ˜€

Dimakan tikus sodara-sodara :mrgreen:, hmm sepertinya kejadian ini terjadi saat si merah ditinggal sehari di garasi samping rumah ortu dan sepertinya ada sabotase dari tikus-tikus di rumah :mrgreen:, putusnya sampe ke ujung yang ada lapisan pelindung kabel euy ckckck…ya sudah Aa potong sedikit agar dapat kabel ijonya supaya memudahkan menyambung tembaganya :D.

Akhirnya kedua ujung kabel yang putus itu Aa sambung kemali dengan terlebih dahulu mengupas kabel ijo bagian luarnya lalu disambungkan kembali satu dengan yang lainnya supaya menjadi satu lagi :mrgreen:.

Lanjut penyambunagn tembaga kabelnya lalu kita lapisi dengan lakban hitam kembali untuk melindungi dari air,..kalo dari tikus sepertinya tetep terkupas :mrgreen:.

Sekarang kita colokkan kembali konektornya yang memang biasa dilepas dan pasang saat cek dengan FIDT.

Selesai semua penyambungan kabel putus dan menyambung konektornya,..saat ditest ON kunci kontak…well sudah normal masbro :D,.. Alhamdulillah

Satu lagi ilmu atau pengalaman Aa bertambah dari problem si merah walau ilmunya dari problem digigit tikus :mrgreen:,.. terimakasih kawan2 yang kasih tanggapan dan juga koh Afandi salah satu master suhu Vixion yang langsung tepat sasaran.. ajib koh :D.

Semoga bermanfaat

Wassalam

Aa Ikhwan