Assalamu’alaykum

Tire Guard

Ranjau paku khususnya di Jakarta memang meresahkan bukan saja kendaraan dengan ban dalam, ban tubeless pun resah kalo mesti cabut n tambal tubeless paku yang menancap di ban :D.

Si merah aja yang baru 3 mingguan menggunakan ban baru sudah kena ranjau paku dan sepertinya kenanya di sekitaran grogol yang memang sangat rawan ranjau paku.

Saat tertancap paku, ban belakang si merah ini belum diisi dengan cairan penambal seperti yang sudah-sudah :D, akhirnya Aa mencari cairan penambal via online alias ngaskus :mrgreen:, niat awalnya mau minta kirim aja n beli 2 buah tapi setelah lihat jalur COD-annya ternyata di Cengkareng dan searah dengan arah pulang Aa dari kantor :D.

Cairan penambal yang Aa beli adalah merk lokal yaitu Tire Guard yang Aa beli dari bro Septian di Kaskus , langsung sms dan janjian COD malam saat Aa pulang kantor dan diantarkan walau belinya hanya 1 buah aja thx ya bro Septiaon cendolnya nyusul ya :mrgreen:. O ya dulu juga saat pake ban FDR Sport XR Evo Aa menggunakan cairan penambal juga tapi lupa merknya dan sedikit banyak memang membantu :D.

Cairan Penambal saat di Ban FDR Sport XR Evo

Esok harinya Aa pasang cairan ini di kantor saat jam pulang kerja dibantu oleh beberapa kawan, Yuk kita lihat cara pengisiannya ke dalam ban.

Langkah-langkah pengisian cairan penambal ke dalam ban :

1. Lepas Pentil Ban Untuk Membuang Angin

Pentil motor dibuka dan dilepas untuk membuang angin dalam ban, membukanya menggunakan alat pembuka pentil seperti gambar di bawah ini yang kebetulan itu bonus sat kita membeli cairan penambal tire guard…lumayan 😀

2. Kocok cairan penambal

Sebelum digunakan ada baiknya cairan tire guard tersebut dikocok beberapa saat agar tercampur semua cairan penambal di dalamnya.

3. Isi Cairan Penambal ke dalam Ban

Pasang selang bening yang sudah tersedia di kemasan ke ujung kemasan tire guard, tapi sebelumnya potong sedikit ujung kemasan tire guard karena belum berlubang :mrgreen:, lalu pasangkan selang ke ujung tersebut dan ujung satunya ke pentil ban.

Isi terus sampai gak ada cairan lg yang keluar karena biasanya numpuk di ujung tutupnya karena itu mesti di tekan terus sampe tuntas tas tas.. :D.

4. Pasang Kembali Pentil

Jangan lupa ya pasang kembali pentil yang tadi dilepas dan sebelumnya mesti hati2 taronya jangan sembarangan,..nanti malah hilang repot kan :mrgreen:.

5. Pompa Ban/Isi Angin

Lalu kita pompa ban yang memang sengaja digemboskan tadi, kebetulan gak ada kompressor sehingga dengan pompa tangan/sepeda yang sedikit dimodifikasi oleh kawan :mrgreen:

Kebetulan tadi ada 1 paku yang menancap, jadi sekalian ditest aja :D,..cabut paku n ternyata angin keluar tanpa cairan penambal yang biasanya akan keluar melalui lubang lalu menambalnya sendiri,.. sepertinya cairan tire guardnya belum merata di dalamdan memang prosedurnya setelah isi cairan mesti dijalankan atau diputar cukup lama supaya merata :D.

Selesai diputar dan posisi bekas paku di bawah agar cairan penambal ngumpul semud di situ :D, pelan tapi pasti angin yang keluar menjadi senyap lalu hilang sebagai tanda cairan penambal sukses menambal :D.

Aa bilang cukup sukses dan ajib :mrgreen:, o ya jangan lupa pasang kembali tutup pentilnya,..kebetulan Aa pake tutup pentil yang menyala :mrgreen:

Semoga bermanfat dan silahkan dicoba :D, o ya menurut tulisan di kemasan cairan ini bisa untuk ban dalam dan ban luar.

Wassalam

Aa Ikhwan