Assalamu’alaykum

Dahulu kala saat Aa kecil, Ibu di rumah memiliki beberapa tanaman bumbu dapur sendiri yang juga bisa dijadikan obat herbal atau obat alami dan juga beberapa tanaman buah2an ala kadarnya karena memang hanya ditanam beberapa tanaman aja gak banyak :D.

Saat liburan Idul Fitri 1433H yang lalu, Aa beserta istri mencoba mencari tanaman obat/herbal untuk ditanam di pekarangan depan rumah (baca:rumah mertua :D), sekaligus bisa dikonsumsi oleh siapa saja yang memang nantinya membutuhkan.

Target awal tanaman yang dicari adalah pohon binahong, di mana daun binahong banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan dan pengobatan seperti batuk, luka bakar, tumor, asma, dan lain sebagainya yang bisa kawan-kawan search di mbah google :mrgreen:.

Aa beli pohon binahong ini di toko trubus di daan mogot samping Hermina Daan Mogot, Aa beli 2 pot di mana 1 potnya seharga Rp 10.000,- cukup terjangkau dan banyak manfaatnya :D.

Kemudian Aa mencari herbal sarang semut papua yang memang sudah terkenal khasiatnya dan sudah diteliti oleh para peneliti dari LIPI cmiiw, sarang semut papua ini pun sangat banyak khasiatnya dan beragam cara olahan untuk dibuat obat, bisa langsung direbus, dijadikan bubuk dengan blender, dan sebagainya.

Aa beli sarang semut papua ini dari pak Umar di daerah Grogol dengan harga per 100gram-nya Rp 35.000,- dan Aa beli 1Kg karena kebetulan ada perlu dengan herbal ini terutama juga untuk Bapak yang memang ada penyait asma dan ini salah satu ikhtiar pengobatan selain berobat ke dokter Insya Alloh bermanfaat.

Prose pengolahan sarmut (sarang semut) yang Aa lakukan dan atas saran dari Pak Umar adalah dengan diblender dijadikan bubuk agar saat direbus semua saripati obatnya bisa larut ke dalam air 2 gelas yang direbus.

Kemudian setelah sarang semut tersebut, Aa lanjut mencari tanaman herbal lainnya, salah satunya yaitu pohon sirsak yang kebetulan Aa dapatkan dari tetangga mertua, daun sirsak ini pun sangat banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan silahkan searching sendiri :mrgreen:.

Saat ini pohon sirsak yang Aa miliki ada 3 pohon di mana 2 pohon lainnya Aa dapatkan dari mertua saat silaturahim ke kerabat di Balaraja. Semua tanaman herbal yang Aa tanam binahong dan sirsak masih kecil dan mudah2an segera berkembang dan bisa diamil manfaatnya kelak untk pengobatan.

Catatan :

– Untuk yang ingin tanaman binahong barngkali bisa mencari toko tubus tedekat atau cari di media online walau mungkin harganya lebih mahal daripada di toko trubus cmiiw :D.
– Untuk yang mencari sarang semut, di media online sangat banyak atau bisa juga hubungi Pak umar tempat Aa beli. pondok obat papua atau di Umar Herbal.

Semoga bermanfaat dan berusaha hidup sehat walaupun terkadang sulit :mrgreen:

Wassalam

Aa Ikhwan