jump to navigation

Back to Nature September 12, 2012

Posted by aaikhwan in : Serba Kesehatan , trackback

Assalamu’alaykum

Dahulu kala saat Aa kecil, Ibu di rumah memiliki beberapa tanaman bumbu dapur sendiri yang juga bisa dijadikan obat herbal atau obat alami dan juga beberapa tanaman buah2an ala kadarnya karena memang hanya ditanam beberapa tanaman aja gak banyak :D.

Saat liburan Idul Fitri 1433H yang lalu, Aa beserta istri mencoba mencari tanaman obat/herbal untuk ditanam di pekarangan depan rumah (baca:rumah mertua :D), sekaligus bisa dikonsumsi oleh siapa saja yang memang nantinya membutuhkan.

Target awal tanaman yang dicari adalah pohon binahong, di mana daun binahong banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan dan pengobatan seperti batuk, luka bakar, tumor, asma, dan lain sebagainya yang bisa kawan-kawan search di mbah google :mrgreen:.

Aa beli pohon binahong ini di toko trubus di daan mogot samping Hermina Daan Mogot, Aa beli 2 pot di mana 1 potnya seharga Rp 10.000,- cukup terjangkau dan banyak manfaatnya :D.

Kemudian Aa mencari herbal sarang semut papua yang memang sudah terkenal khasiatnya dan sudah diteliti oleh para peneliti dari LIPI cmiiw, sarang semut papua ini pun sangat banyak khasiatnya dan beragam cara olahan untuk dibuat obat, bisa langsung direbus, dijadikan bubuk dengan blender, dan sebagainya.

Aa beli sarang semut papua ini dari pak Umar di daerah Grogol dengan harga per 100gram-nya Rp 35.000,- dan Aa beli 1Kg karena kebetulan ada perlu dengan herbal ini terutama juga untuk Bapak yang memang ada penyait asma dan ini salah satu ikhtiar pengobatan selain berobat ke dokter Insya Alloh bermanfaat.

Prose pengolahan sarmut (sarang semut) yang Aa lakukan dan atas saran dari Pak Umar adalah dengan diblender dijadikan bubuk agar saat direbus semua saripati obatnya bisa larut ke dalam air 2 gelas yang direbus.

Kemudian setelah sarang semut tersebut, Aa lanjut mencari tanaman herbal lainnya, salah satunya yaitu pohon sirsak yang kebetulan Aa dapatkan dari tetangga mertua, daun sirsak ini pun sangat banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan silahkan searching sendiri :mrgreen:.

Saat ini pohon sirsak yang Aa miliki ada 3 pohon di mana 2 pohon lainnya Aa dapatkan dari mertua saat silaturahim ke kerabat di Balaraja. Semua tanaman herbal yang Aa tanam binahong dan sirsak masih kecil dan mudah2an segera berkembang dan bisa diamil manfaatnya kelak untk pengobatan.

Catatan :

– Untuk yang ingin tanaman binahong barngkali bisa mencari toko tubus tedekat atau cari di media online walau mungkin harganya lebih mahal daripada di toko trubus cmiiw :D.
– Untuk yang mencari sarang semut, di media online sangat banyak atau bisa juga hubungi Pak umar tempat Aa beli. pondok obat papua atau di Umar Herbal.

Semoga bermanfaat dan berusaha hidup sehat walaupun terkadang sulit :mrgreen:

Wassalam

Aa Ikhwan

Comments»

1. cak poer - 12/09/2012

ajib surajib a’… 😀

2. Aa Ikhwan - 12/09/2012

Alhamdulillah 😀

3. yisha - 12/09/2012

wah, berarti halaman aa luas yaaaaaaaa……….. senangnyaaaaaaaa…..

4. Aa Ikhwan - 12/09/2012

duluu yisha skrang engga,..yg luas skrang halaman rumah mertua 😀

5. Salim - 12/09/2012

wuihh..ajiib herbalnya 🙂
kalo saya suka konsumsi jus temulawak sama rebusan sambiloto 🙂

6. Aa Ikhwan - 12/09/2012

temulawak sering juga tuh,,ajib apalagi pas masuk angin…:D

7. vixionr15 (ˆ⌣ˆ‎​​​​)┌П┐, - 12/09/2012

temulawak buat yg badannya kurus 😆

8. Aa Ikhwan - 12/09/2012

haha…

9. vixionr15 (ˆ⌣ˆ‎​​​​)┌П┐, - 12/09/2012

harvest moon

10. Aa Ikhwan - 12/09/2012

blm pernah maen gamenya :mrgreen:

11. Gmc Paradise - 12/09/2012

Ngeri ah dah mainan nature alias alamiah hihihihihi…
http://gombongmotorcommunity.com/

12. Aa Ikhwan - 12/09/2012

lbh ngeri obat kimia walau susah dihindari 😀

13. whitesmilee - 12/09/2012

insya alloh bermanfaat AA……. amien

sirih merah juga ajib banyak manfaatnya, antibiotik alami

14. Aa Ikhwan - 12/09/2012

yup betul..

15. galah pengering - 12/09/2012

sirsak…banyak di kebon
binahong….dulu ada ditanam deket sumur, sekarang sudah nggak ada
semut………..bangak juga tapi nggak mau bikin sarang :mrgreen:

16. Aa Ikhwan - 12/09/2012

wah mesti dipaksa bikin sarang tuh semutnya :mrgreen:

17. Gmc Paradise - 12/09/2012

ajib…
http://gombongmotorcommunity.com/

18. kong firman - 12/09/2012

tanaman buat obat kuat ad kga,a??? :mrgreen:

19. Aa Ikhwan - 12/09/2012

jiahahaha… ada sirih buat kuat gigi :mrgreen:

20. kong firman - 12/09/2012

:mrgreen:

21. anx45 - 12/09/2012

kunyit jga ok bro,

#pengalaman nginap di rumah sakit seminggu kena hepatitis, eh sembuhnya malah sama kunyit#

22. Aa Ikhwan - 12/09/2012

yup ajib juga bro,..cm blm ane tanam kl sekedar minum untuk pengobatan pernah n ajib 😀

23. Susilo Hadi Widodo - 12/09/2012

Herbal memang bagus dan top, bisa juga lo dapat duit dari obat herbal, Mau? klik aja XAMthonePlus.asia

24. kenthoet - 12/09/2012

di kebon q malah di tanami bambu sama bapak 🙄
btw bambu buat apa ya?? 🙄

25. anx45 - 12/09/2012

buat bikin kuda lumping

26. kharis27 - 12/09/2012

wah yang sarang semut ajib a baru tau ane hehe semoga bapaknya aa cepet sembuh ,,. aamiin

27. Aa Ikhwan - 12/09/2012

Amin..thx ya

28. itemompong - 12/09/2012

sarang semut papua, fisiknya belum pernah liat tapi pernah baca emang banyak khasiatnya.
satu lagi KUNYIT sebagai antibiotik utama, herbalis biasanya nambahin kunyit di obat apapun CMIIW

29. Aa Ikhwan - 13/09/2012

Kunyit jg ane konsumso tp blm menanam 😀

30. Yudakuzuma - 13/09/2012

baru tahu tanaman binahong bisa buat mengobati asma
cari ah… kali kali bermanfaat [mumpung tanah depan rumah masih kosong melompong] 😛

31. Aa Ikhwan - 13/09/2012

ayo tanam 😀

32. pengen ngakak aja - 16/09/2012

mmbhekk…mmbekk…mbekkk 😀

33. Aa Ikhwan - 16/09/2012

Hush hush..jangan makan tanaman ane :mrgreen:

34. kartini - 02/05/2015

alhamdulillah.. andai aaikhwan bisa buatkan kapsul binahong, kita mau dong

35. Aa Ikhwan - 03/05/2015

Baru cm daun langsung aja saya :D.
Barangkali apotik2 herbal sdh bnyk yg bikin kapsul binahong.


%d bloggers like this: