Si Hitam Ganti Cam Chain atau Rantai Keteng/Kamrat

Assalamu’alaykum

Bro Ules Bongkar si Hitam

Beberapa waktu lalu, Aa membawa si hitam ke beres untuk mengganti rante keteng atau kamrat yang memang sudah terasa sekali bunyinya terutama saat gas diputer,..ngeri loncat aja tuh rante n kl loncat dan lepas kan bisa merembet ke part lainnya termasuk piston πŸ˜€ cmiiw.

Padahal selama si merah mondok di goa mak lampir, Aa pake si hitam untuk ke kantor dan sudah tau bahwa rante ketengnya kendor tp tetep Aa coba bawa ngebut sampe 100kpj :mrgreen:, tapi setelahnya sih enggak lagi soalnya ngeri dan juga mengingat bunyi rante keteng yang cukup ajib :mrgreen:

Aa beli dan pasang rante keteng di beres seharga Rp 81000 dengan kode 94568-A8096 dengan mekanik langganan Aa yakni bro Ules.

Kalo diperhatiin sepertinya agak ribet juga proses pemasangannya, belum pasang aja udah ribet di pembukaannya :D, termasuk saat buka magnet yang katanya sih keras n mesti teliti dan hati-hati :D.


O ya, si hitam baru kali ini diganti rante ketengnya berarti sudah masuk usia 4 tahun baru diganti nih rante ketengnya.

Semoga bermanfaat, maaf foto-foto terbatas si robot ijonya lobet :mrgreen:, silahkan share pengalaman kawan-kawan saat pergantian part ini (baca:rante keteng).

Info :

S.K.P Sep 4, 7:45 am

Keteng = rantai (bhs. Belanda)
Jadi kalo Bro Ikhwan bilang β€œRantai keteng” = rantai-rantai

Thx infonya,..Aa baru tau, tp gpp ya soalnya istilah bekennya kan orang bilang mau ganti rante keteng :mrgreen: .

Wassalam

Aa Ikhwan

59 thoughts on “Si Hitam Ganti Cam Chain atau Rantai Keteng/Kamrat

  1. pengamat dari khayangan

    - Edit

    Reply

    hasilnya gimana bro..?? trus prosesnya penggantiannya berapa lama ??? apa perubahan nyata dari di gantinya tu rante kutang?? :mrgreen:

      1. yup itu ori ,..dan kl gak salah itu HET ,..pernah tanya di toko ajib yg ori jg harganya lbh murah 71rb, mungkin karena di beres kan untuk gaji karyawan πŸ˜€

  2. hehe keteng emang menganggu, tapi murah juga rantai keteng vixy. tigor 2000 sodara rantai ketengnya bisa 200rb klo gk salah. ckckck….

    1. pengamat dari khayangan

      - Edit

      Reply

      kalo da aus tandanya..lesu..kurang cairan,tenggorokan kering,bibir pecah2..vixi ane tetep jozz sllu prima

  3. Keteng = rantai (bhs. Belanda)
    Jadi kalo Bro Ikhwan bilang “Rantai keteng” = rantai-rantai

    Xixixixi…. πŸ˜€

    ntar diketawain orang yang pinter lho bro..

    mendingan tetep pakai istilah “cam Chain” saja atau “rantai timing” sekalian..

    ======================================
    Bukti “keteng = rantai;

    -> Keteng kas = tutup rantai/chain case.

    1. ooo baru tau,..tp gpp lah diketawain juga soalnya kebanyakan atau umumnya orang bilang ganti rante keteng bahasa gaulnya :mrgreen:.

      thx masbro atas informasinya, ntr diupdate info aja di tulisannya πŸ˜€

  4. kalau komponen mesin bagian dalam perlu diganti cara mengetahuinya bagaimana? (tanpa harus bongkar dulu).
    scorpio dah 4 tahun lebih buat kerja !50 an km (luar kota) belum minta ganti tuch. bagian dalamnya masih ori semua, tapi tetep aja rasanya beda dibandingkan motor baru πŸ™‚

    1. terakhir ane stel klep 1 tahun yang lalu saat selesai inreyen 165cc :D.
      kl patoka berapa km ane jg kurang faham, pernah ane cek di beres mekaniknya bilang masih bagus gak ada perubahan posisi stelan klep :D.

        1. ane cek sendiri suaranya di rumah baru firasat aja ini keteng yg kena,.cb tutup sebentar knalpot suaranya jg makin jelas n ykin keteng yg kena πŸ˜€

        2. Kl stel klep di beres langganan ane gak bongkar hanya lepas radiator cuma itu pun terlihat kurang enak saat mau stelnya, kl bengkel tempat ane boreup si merah, kl stel klep pasti mesin di turunin tp bukan dilepas ya πŸ˜€

Leave a Reply