jump to navigation

Uban adalah Cahaya Bagi Seorang Mukmin July 6, 2012

Posted by aaikhwan in : Serba Islam , trackback

Assalamu’alaykum

Sangatlah wajar dan manusiawi jika seorang manusia normalnya pada saat memasuki usia tua akan memiliki warna putih di rambutnya alias uban ๐Ÿ˜€ , dan itu merupakan sebuah proses manusia dari kecil hingga dewasa dan tua lalu meninggal.

ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ุฎูŽู„ูŽู‚ูŽูƒูู… ู…ู‘ูู† ุถูŽุนู’ูู ุซูู…ู‘ูŽ ุฌูŽุนูŽู„ูŽ ู…ูู† ุจูŽุนู’ุฏู ุถูŽุนู’ูู ู‚ููˆู‘ูŽุฉู‹ ุซูู…ู‘ูŽ ุฌูŽุนูŽู„ูŽ ู…ูู† ุจูŽุนู’ุฏู ู‚ููˆู‘ูŽุฉู ุถูŽุนู’ูุงู‹ ูˆูŽุดูŽูŠู’ุจูŽุฉู‹ ูŠูŽุฎู’ู„ูู‚ู ู…ูŽุง ูŠูŽุดูŽุงุกู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุงู„ู’ุนูŽู„ููŠู…ู ุงู„ู’ู‚ูŽุฏููŠุฑู

โ€œAllah, Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.โ€ (QS. Ar Ruum: 54)

Mengenai uban ini kebetula Aa Ikhwan Blog sudah mengalaminya dan barangkali juga kawan-kawan yang lainnya sudah lebih dulu :D, tapi tenang aja Insya Allah semua kebagian kok jatah berambut ubannya :D.

Kira-kira uban itu boleh dicabut tidak?

Dari โ€˜Amr bin Syuโ€™aib, dari ayahnya, dari kakeknya berkata bahwa Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ู„ูŽุง ุชูŽู†ู’ุชููููˆุง ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุจูŽ ู…ูŽุง ู…ูู†ู’ ู…ูุณู’ู„ูู…ู ูŠูŽุดููŠุจู ุดูŽูŠู’ุจูŽุฉู‹ ูููŠ ุงู„ู’ุฅูุณู’ู„ูŽุงู…ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ู„ูŽู‡ู ู†ููˆุฑู‹ุง ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู

โ€œJanganlah mencabut uban. Tidaklah seorang muslim yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, melainkan uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat nanti.โ€ (HR. Abu Daud dan An Nasaโ€™i. Syaikh Al Albani dalam Al Jamiโ€™ Ash Shagir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Hukuman bagi orang yang mencabut ubannya adalah kehilangan cahaya pada hari kiamat nanti, Dari Fudholah bin โ€˜Ubaid, Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda :

ู…ูŽู†ู’ ุดูŽุงุจูŽ ุดูŽูŠู’ุจูŽุฉู‹ ูููŠ ุณูŽุจููŠู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ู†ููˆุฑู‹ุง ู„ูŽู‡ู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŒ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ููŽุฅูู†ู‘ูŽ ุฑูุฌูŽุงู„ู‹ุง ูŠูŽู†ู’ุชููููˆู†ูŽ ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุจูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู…ูŽู†ู’ ุดูŽุงุกูŽ ููŽู„ู’ูŠูŽู†ู’ุชููู’ ู†ููˆุฑูŽู‡ู

โ€œBarangsiapa memiliki uban di jalan Allah walaupun hanya sehelai, maka uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat.โ€ Kemudian ada seseorang yang berkata ketika disebutkan hal ini: โ€œOrang-orang pada mencabut ubannya.โ€ Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam lantas bersabda, โ€œSiapa saja yang ingin, silakan dia memotong cahaya (baginya di hari kiamat).โ€ (HR. Al Bazzar, At Thabrani dalam Al Kabir dan Al Awsath dari riwayat Ibnu Luhaiโ€™ah, namun perowi lainnya tsiqoh โ€“terpercaya-. Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targib wa At Tarhib mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Perkataan Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam: โ€œSiapa saja yang ingin, maka silakan dia memotong cahaya (baginya di hari kiamat)โ€; tidak menunjukkan bolehnya mencabut uban, namun bermakna ancaman.

Rambut uban mana yang dilarang dicabut?

Larangan mencabut uban mencakup uban yang berada di kumis, jenggot, alis, dan kepala. (Al Jamiโ€™ Li Ahkami Ash Shalat, Muhammad โ€˜Abdul Lathif โ€˜Uwaidah, 1/218, Asy Syamilah).

*kalau masalah hukum mencabutnya ada yang mengatakan makruh, ada juga sampa haram tapi silahkan dicek dan dibahas sesuai kaidah ulama apalagi dalam menyingkapi perbedan.

Kira-kira rambut uban itu boleh gak sih di semir ? ada yang mengatakan lebih utama dibiarkan tapi ada pula yang mengatakan lebih utama dirubah/semir tapi dari sini sudah jelas pula bahwa “boleh menyemir” rambut uban.

Dari Abu Dzar radhiyallahu โ€˜anhu berkata, Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ุฅูู†ู‘ูŽ ุฃูŽุญู’ุณูŽู†ูŽ ู…ูŽุง ุบูŽูŠู‘ูŽุฑู’ุชูู…ู’ ุจูู‡ู ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุจูŽ ุงู„ู’ุญูู†ู‘ูŽุงุกู ูˆูŽุงู„ู’ูƒูŽุชูŽู…ู

โ€œSesungguhnya bahan yang terbaik yang kalian gunakan untuk menyemir uban adalah hinnaโ€™ (pacar) dan katm (inai).โ€ (HR. Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan An Nasaโ€™i. Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shahihah mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Dari Jabir radhiyallahu โ€˜anhu, dia berkata, โ€Pada hari penaklukan Makkah, Abu Quhafah (ayah Abu Bakar) datang dalam keadaan kepala dan jenggotnya telah memutih (seperti kapas, artinya beliau telah beruban). Lalu Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ุบูŽูŠู‘ูุฑููˆุง ู‡ูŽุฐูŽุง ุจูุดูŽูŠู’ุกู ูˆูŽุงุฌู’ุชูŽู†ูุจููˆุง ุงู„ุณู‘ูŽูˆูŽุงุฏูŽ

โ€œUbahlah uban ini dengan sesuatu, tetapi hindarilah warna hitam.โ€ (HR. Muslim). Ulama besar Syafiโ€™iyah, An Nawawi membawakan hadits ini dalam Bab โ€œDianjurkannya menyemir uban dengan shofroh (warna kuning), hamroh (warna merah) dan diharamkan menggunakan warna hitamโ€.

Kesimpulannya rambut uban itu adalah karunia atau “cahaya” bagi seorang mukmin dan boleh saja atau silahkan menyemirnya asal selain langsung warna hitam, barangkali bisa dengan campuran beberapa warna.

Wallahu A’lam

Semoga bermanfaat

Sumber : www.muslim.or.id , dengan sedikit perubahan gaya bahasa ๐Ÿ˜€

Wassalam

Aa Ikhwan

Comments»

1. eyang ali topan - 06/07/2012

uban saya banyak ๐Ÿ˜€

2. Aa Ikhwan - 06/07/2012

Pastinya eyang.. :mrgreen:

3. mariodevan - 06/07/2012

tapi banyak yg disemir ya biar kelihatan muda dan gaul katanya xixixi

http://mariodevan.wordpress.com/2012/07/06/jupiter-z1-asa-yamaha-menghajar-blade-dan-menghadang-supra-125/

4. #99 bro. - 06/07/2012

masih muda blm ubanan..

5. Aa Ikhwan - 06/07/2012

Ajib..Alhamdulillah.. ๐Ÿ˜€

6. Ari CX Rider - 06/07/2012

kadang ane ada dikit,,, sehelai ๐Ÿ˜€

7. Novian Agung - 06/07/2012

Wah si “rambut perak” hatta Rajasa bakar seperti lampu taman dong kepalanya nanti di akhirat. ๐Ÿ˜†

Ane belum beruban gan padahal udah 30tahun, bagi dong ubannya barang sehelai ๐Ÿ˜€

8. lare - 06/07/2012

uban ane kadang nampak, kadang enggak… ๐Ÿ˜†

9. simu - 06/07/2012

ada teman sejak smp rambutnya sudah bercahaya.

10. Aa Ikhwan - 06/07/2012

Ajib..kl itu gen tp barokah insya Allah ๐Ÿ˜€

11. sugiedane - 06/07/2012

ubanan tapi cuman dikit2 pas dicukur pendek doang ketauan

12. nunk iman - 06/07/2012

kalo orang2 bule yg rambutny putih gmana a’?
itu jd cahaya juga gak? ๐Ÿ™‚

13. Aa Ikhwan - 06/07/2012

bulenya mukmin bukan ? ๐Ÿ˜€

14. nunk iman - 06/07/2012

jelas dong a’…
๐Ÿ™‚

15. athar - 06/07/2012

Larangan mencabut uban mencakup uban yang berada di kumis, jenggot, alis, dan kepala. (Al Jamiโ€™ Li Ahkami Ash Shalat, Muhammad โ€˜Abdul Lathif โ€˜Uwaidah, 1/218, Asy Syamilah).
mencabut ama memotong beda nggak?, lha kalo mencukur kumis gimana?, bukankah kita di sunnahkan mencukur kumis?dan memanjangkan jenggot?

16. Aa Ikhwan - 06/07/2012

wallahu a’lam, kalo yang ane fahami sih “merapikan kumis” . beda2 tafsiran para ulama

17. Andi - 06/07/2012

Nice info A’

18. Aa Ikhwan - 06/07/2012

sip ajib,..sebagai pustaka atau wawasan ๐Ÿ˜€

19. bimo96 - 06/07/2012

uban ane lumayan…kadang dicabut temen2 hampir ada 20 an ๐Ÿ˜€

20. bachtiar - 06/07/2012

subhanalloh…setuju aa…mantabzzz…

21. Nichoz Ahmad - 06/07/2012

tambah ilmu lhi a,,, thanks,,

http://chozinahmad.wordpress.com/2012/07/06/penjualan-sepeda-motor-bulan-juni-anjlog/

22. Yoshi - 06/07/2012

kalau dicabut gak boleh,
kalau digundul boleh gak?

23. bensdoing - 06/07/2012

tandanya sudah diingatkan yach gan….

24. joe abangirengku - 06/07/2012

alhamdulilah rambutku dah beruban sob…walaupun umurku belum kepala 3….tapi paling tidak dah punya cahya di surga kelak insyaallah….

sangat bermanfaat sob..

salam dari http://abangirengku.com

25. gafuri46 - 07/07/2012

wah ane belum punya cahaya nih..

http://gafuri46.wordpress.com/2012/06/30/12-tips-sehat-kala-berpuasa-part-2/

26. redbike92 - 07/07/2012

wah ga bisa komentar banyak soal uban
soalnya nenek saya umur 76 ubannya ga terlalu banyak
anaknya (papa saya) umur 54 ubannya banyak ๐Ÿ™„

27. ipanase - 08/07/2012

sip

28. galah pengering - 09/07/2012

wah, kalo tak semir kuning jadi sama dengan crystal dong

29. arif - 09/07/2012

baru ngeh tentang uban adalah cahaya ^_^.
perlahan rambut kepala saya satu dua uban mulai nongol. semoga lekas benar2 dewasa mental dan pikiran ๐Ÿ˜€

30. akhfauzan - 09/07/2012

Salah satu tanda yang dikirim malaikat maut kang…
http://akhfauzan.wordpress.com/2012/07/09/nih-cara-buat-pass-beam/

31. journey - 10/07/2012

mau tanya agak melenceng sedikit, kalo tua kan pasti setiap rambut yang ada di badan kita pasti berubah warna jadi putih (ubanan) nah yang jadi pertanyaan saya untuk yang sudah tua,pengalaman pribadi ato liat secara langsung orang lain, apakah bulu J***ut kita kalo sudah tua akan ikut berubah jadi hitam, soalnya setau ane orang bule rambut asli memang pirang tapi bulu bawahnya warna hitam jadi ga sinkron..jawab thx Gan


%d bloggers like this: