Assalamu’alaykum

Sikap idealis adalah sikap yang tumbuh dalam diri seseorang yang selalu ingin melakukan segala halnya secara sempurna dan benar sesuai dengan pengalaman atau kejadian yang dialaminya,..sikap realistis pun tumbuh pada diri seseorang yang biasanya lebih kepada mengikuti arus dengan terkadang mengabaikan sikap idealisme :D.

Tapi apakah kita sudah termasuk orang yang idealis atau yang realistis,..? terkadang seseorang bisa dianggap “sempurna” dengan mempertahankan idealismenya tapi terkadang idealisme bisa menjadi sikap yang fundamentalis, gak mau kalah, kekeh terhadap pendirian (idealismenya) karena mempertahankan idealismenya tersebut CMIIW.

Kalau realistis biasanya cenderung berusaha beradaptasi dengan lingkungan atau keadaan yang ada di sekelilingnya, kadang mungkin juga orang yang realistis adalah termasuk orang yang idealis (jadi bingung sendiri) 😀 , tapi karena sesuatu hal atau keperluan maka sikap idealis tersebut ditanggalkan dan mengikuti arus realistis yang ada saat itu.

Jadi kalo menurut Aa Ikhwan Blog, sikap idealis itu bisa berdampingan seiring sejalan dengan sikap realistis jadi bukan berarti sikap idealis itu berlawanan dengan sikap realistis bahkan mungkin bisa seimbang tergantung keadaan yang dialami oleh masing-masing individu.

Jadi kalau ada yang ingin idealis silahkan dengan tanpa mengesampingkan realistis yang ada, begitu juga yang ingin realistis silahkan saja tapi jangan terlalu banyak/sering menanggalkan sikap idealisme yang ada, keduanya mesti bisa berdampingan dan saling membutuhkan.

Keseimbangan di antara keduanya dengan penyesuaian mungkin cara yang terbaik, karena gak akan selalu mudah untuk bersikap idealis ataupun realistis, semuanya ada porsinya masing2 tergantung situasi dan kondisi yang dihadapi.

Semoga berguna , silahkan disharing pendapatnya masing-masing 😀

Wassalam

Aa Ikhwan