Si Merah Ganti Tali Kopling…Yang Lama Udah Seret

44

Assalamu’alaykum

Pasang Tali Kopling

Hari Minggu kemarin Aa Ikhwan Blog mengganti/pasang tali kopling baru buat si merah di usianya yang sudah 2 tahun lebih dan jarak tempuh yang sudah jauh KM56XXX, soalnya tali kopling yang lama sudah terasa seret ret..ret 😀

Beli tali koplingnya hari sabtu di beres seharga Rp 31.000,- lebih mahal Rp 1.000,- dari tali kopling yang dibeli oleh bro Tovavanjava :mrgreen: , Aa Ikhwan Blog baru pasangnya hari minggu soalnya sabtu gak sempet :D.

Pemasangannya cukup sederhana hanya melepas tali kopling yang lama mulai yang di ujung yang di bawah dan ujung yang ada di handle kopling di stang.

lepas ujung tali kopling bawah

lepas ujung tali kopling atas di stang

sederhana dan mudah bukan 😀

tali kopling lama ..udah kaku 😀

tali kopling yang lama udah sangat terasa seret dan terlihat kaku khawatirnya akan putus, bahaya nanti kalo udah putus apalagi di jalan :D.

Pemasangan tali kopling yang baru pun gak jauh beda dengan saat melepaskannya,..cukup simple dan mudah,..

pemasangan tali kopling baru

pemasangan tali kopling abru di bagian bawah

Selesai sudah,..tapi kenapa ya saat mau disetting kopling agak deket kok mentok ya gak bisa lebih dekat lagi,..soalnya kl jaraknya jauh lumayan pegel saat beracet ria :mrgreen:… ada yang tau kenapa ?

Semoga berguna dan selamat mengganti tali koplingnya yang udeh seret ya jangan nunggu sampe putus tus..tus 😀

Wassalam

Aa Ikhwan

44 Comments

  1. *ane beli di bengke biasa (bukan beres) makanya lebih murah..xixix… 😛
    tuas setelan kabel kopling vixi bagian bawah tidak lurus dg pengait (atau apalah namanya) kopling…jadi kawat koplingnya cepet tergerus dg penutup bagian luarnya..ane sebulan sekali chek tuh kabel kopling..takutnya tau2 putus dijalan… #dorng lageeee… :mrgreen:

    Reply
  2. coba cek nipel timah yang bawah masbro(gambar no 2) ada kemungkinan tu nipel ngga duduk sempurna di kaitannya(bagian yang tirus harus masuk sempurna di kaitannya) kalau setelannya ngga bisa dekat seperti semula,soalnya kalau kabel ori sih mestinya setingan bisa pas seperti sebelum diganti

    Reply
    • mestinya sih enggak pengaruh di stang jepitnya..kan yang sebelum ganti kabel juga pakai stang jepit…hanya mungkin kabel yang asli bawaan motor ama yang part pengganti meskipun sama2 genuine tapi beda vendor(penyuplai),jadi mungkin ada perbedaan ukuran sedikit(yang tentunya masih masuk toleransi dari yamaha(atau pabrikan motor lainnya))..dan ini bisa terjadi,karena blm tentu 1 part disuplay dari 1 vendor,bisa banyak vendor jika itu bukan merupakan part vital(jeroan mesin)

      Reply
      • sangat jarang ada pabrikan motor yang membuat seluruh komponennya sendiri..yang mereka lakukan adalah membuat contoh atau mungkin cuma spek yang dimaui kemudian ditenderkan ke pabrik2 lain yang mana pemenangnya(biasanya yang spek bagus dan murah) yang membuatnya..tapi vendor ini pun ngga mesti cuma 1 vendor,tergantung standar kualitas area pemasaran motor yang akan dituju(dan juga masalah cost..produk di indonesia masa partnya harus dari jepang semua..kan jadi mahal masbro) dan mungkin karena keterbatasan kapasitas produksi vendor terkait sehingga bisa jadi ada banyak vendor yang mensupply part yang sama (dengan toleransi standar mutu yang diberikan pabrikan tentunya)

        Reply
  3. pake.stang.sport.emang.rawan.kopling.bisa.seret,solusinya.pake.sistem.hidrolis.yg.lokal.500rb.yg.merk.kitaco.2jt.saja.pilih.yg.mana?

    Reply
    • ^bayu mandala : sebelum pk stang jepit udh keset jg, saat pk stang jepit n kabel yg lama masih bisa setting jauh drket.. skrang ganti kabel baru malah settingan jauh kl disetting deket udh mentok. ane jg smpt pikir krn stang kali..tp posisi stang jepiy lbh rendah. thx masukannya bro 😀

      Reply
  4. mumpung belom sampe putus, emang mending diganti…
    pengalaman meggy, makin lama kok setelan kopling makin dalem yak?? ternyata sudah hampir separo serabut kawat sang kabel kopling putus :mrgreen:

    Reply

Leave a Reply