Review – Menyalakan lampu motor di siang hari

Assalamu’alaikum

Masih ingakah dengan peraturan lalu lintas dan angkutan jalan “Pasal 107 Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, menyebutkan bahwa (1) Pengemudi kendaraan bermotor wajib menyalakan lampu utama kendaraan bermotor yang digunakan di jalan pada malam hari dan pada kondisi tertentu, (2) Pengemudi sepeda motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.

Sosialisasi mengenai harus dinyalakannya lampu di siang hari mungkin dari pagi juga ya :D, menurut Aa Ikhwan Blog sudah berjalan baik walaupun belum sempurna, dan masih menurut Aa Ikhwan Blog motor2 yang lalu lalang di siang hari di jalan dan menyalakan lampu depan termasuk motor2 yang diproduksi di tahun2 yang lalu sebelum ada pabrikan yang menggunakan system AHO “Automatic Headlight On”.

Jadi kalau melihat di lapangan hampir sebagian biker mulai menyadari pentingnya menyalakan lampu di siang hari, dan juga sepertinya gak perlu lagi pabrikan membuat motor dengan system AHO yang memang ada pro dan kontranya 😀 , karena dengan sosialisasi yang baik dan terarah tentang pentingnya keselamatan di jalan khususnya para biker, maka dengan sendirinya peraturan tersebut akan teraplikasi dengan sendirinya karena muncul kesadaran dari para biker tp asal jangan karena takut ditilang aja :D.

Berbicara mengenai system AHO, ternyata ada juga beberapa biker yang motornya sudah AHO malah dibuat panel untuk dapat menyalakan dan mematikan lampu, soalnya ada beberapa kawan yg bilang kadang kala suka mengganggu saat jalan dilingkungan perumahan dan ditegur karena menyalakan lampu dan bikin silau, tapi dibalik semua itu tetap kita apresiasikan system ini karena dibuat untuk safety.

Cuma menurut Aa Ikhwan Blog, kalau sosialisasi masalah lampu di siang hari dilakukan dengan baik maka walaupun tanpa motor dengan system AHO, para biker akan dengan senang hati menyalakan lampu demi keselamatannya dan sudah terlihat di lapangan banyak yang dinyalakan lampu depannya.

Semoga bermanfaat dan jaga keselamatan kawan2 semua, selamat beraktifitas 😀

Wassalam

Aa Ikhwan

23 thoughts on “Review – Menyalakan lampu motor di siang hari

      1. yah bgtlah bro, saya pake angel eye ukuran 15cm dari bro bems. terang loh. g udah pake selama 6bln ini udah jarang pake lampu utama waktu siang

    1. ^adam : mungkin sebagian mamang takut, tp kl diperhatikan di jalur2 yg memang gak banyak polisi pun sudah dinyalakan berarti kemungkinan sudah sejak berangkat sudah siap safety 😀

    1. ^vixy182 : iya banyak yg dibikin saklar lg, nah kl lupa itu yg bingung Pak Polisi mau gak alasan lupa? ane pernah liat biker yg disuruh nyalain lampunya di lampu merah tp trnyta gak mau nyala2 mungkin dah koit 😀 , tp pak polisi msh bijak n gak ditilang 😀 😀

  1. ^kid781 : bagus n cakep kl terang boleh juga tuh, ane memeng ada rencana beli n pasang nanti2 dulu 😀 , tp mesti hati2 jg kl pak polisi cari2 alasan untuk nilang siapa tau ntr pak polisinya bilang kok bukan lampu utama yg nyala :D.

    1. bro, g udah tanya ama polisi jg waktu pasang di bengkel langganan polisi2 yg pake motor gede itu. katanya aman2 aja. jd g pake terus ampe skg

Leave a Reply