Menghidupkan fungsi “Turn Off Autoplay” di Windows XP

Assalamu’alaikum

autorun CD

Sekedar sharing yang ringan2 saja :D, kawan2 pernah melihat tampilan di atas? mungkin sering ya setiap kali memasukkan CD ke dalam CDROM akan langsung muncul pesan autorun di layar komputer, begitu pula halnya saat memasukkan USB akan tampil autorun flashdisknya.

Apakah hal ini penting ? Aa Ikhwan Blog jawab penting, karena seperti halnya flashdisk ketika autorun berjalan maka semua file2 yang kemungkinan terdapat virus yang hinggap dan bersemi di flashdisk akan berjalan seiringan dengan proses autoplay tersebut dan akan sangat dengan mudah menginfeksi PC.

Nah, kira2 bagaimana step-stepnya agar autorun tidak berjalan otomatis nanti akan Aa Ikwan Blog rinci, yang perlu sedikit diketahui di sini adalah secara default fungsi Turn Off Autoplay dalam keadaan mati atau tidak dikonfigurasi maka perlu kita hidupkan atau enable, berikut langkah-langkahnya :

1. Klik Start lalu pilih menu Run

Klik Start lalu pilih menu Run

2. Di kotak menu Run ketik gpedit.msc

ketik "gpedit.msc" di kotak menu Run

lalu tekan Enter atau klik OK dan akan muncul tampilan Group Policy berikut ini :

menu Group Policy

di menu Group Policy ada 2 bagian yang akan kita setting yaitu bagian Computer Configuration dan User Configuration, sampai sini sudah paham ? :D.

3. Masuk Ke Menu Computer Configuration

Computer Configuration

pilih Administrative Templates, lalu di menu sebelah kanan pilih System dan klik 2x, akan muncul menu seperti di bawah ini ,

Turn Off Autoplay

pilih Turn off Autoplay lalu klik 2x sampai muncul tampilan berikut :

pilihan defaultnya adalah Not Configured, kita pilih yang Enabled lalu di bawahnya ada tulisan Turn off Autoplay on : itu kita pilih saja yang All drives, kemudian klik OK, dan selesailah konfigurasi pada menu Computer Configuration :D, langkah selanjutnya adalah pada menu User Configuration.

4. Masuk ke Menu User Configuration

User Configuration

lalu pilih Administrative Templates kemudian di menu sebelah kanan pilih System dan klik 2x, akan muncul tampilan berikut (gak jauh berbeda dengan langkah sebelumnya)

Turn off Autoplay

pilih Turn off Autoplay dan klik 2x, kemudian pilih Enabled lalu di bawahnya seperti langkah sebelumnya yaitu pilih All drives lalu klik OK.

Selesai !

Semoga bisa berguna dan selamat mencoba

Wassalam

Aa Ikhwan

12 thoughts on “Menghidupkan fungsi “Turn Off Autoplay” di Windows XP

  1. sipp bro…trik antisipasi virus biar ga masuk nie bro.. πŸ˜€ ..dah pernah nyoba dulu..sekarang malah tak biarin virus masuk..kalo ampe komputrx mati baru di instal ulang sndiri..kagak ke urus lagi kompie ane πŸ˜€

    1. ^Gianluigi mario : engga cuma iseng2 aja :D, group policy itu kumpulan “kebijakan” atau bisa juga pembatasan terhadap kontrol tertentu untuk user yg biasanya dilakukan oleh user Administrator CMIIW :D.

    1. ^Gianluigi mario : msconfig jg penting itu untuk mengurangi proses2 yg gak perlu jd windowsnya biar gak lemot πŸ˜€ , sedikit2 kita mesti tau jg ya masbro :D.

      salam ukhuwah

  2. Pingback: Menghidupkan fungsi β€œTurn Off Autoplay” di Windows 7 « Aa Ikhwan Blog

Leave a Reply