3 Huruf Belakang Plat Nomor Kendaraan menjelaskan Wilayahnya

Assalamu’alaikum

Plat nomor si merah - Tangerang Kota 😀

Sekedar berbagi informasi aja siapa tau ada yang belum tau :D, Aa Ikhwan Blog hanya membahas masalah plat nomor yang baru, maksudnya plat nomr yang sudah memakai 3 huruf di belakangnya.

Dari 3 huruf itu ternyata memberikan/menjelaskan tempat atau wilayah motor itu diproses surat2 kendaraannya, sebelumnya sih Aa Ikhwan Blog mau membuat judul “Plat Nomor menjelaskan wilayah sang biker”, tapi kan kalo biker bisa dari mana aja :D.

Ok lanjut ke masalah 3 huruf pada plat nomor kendaraan, huruf pertama dari 3 huruf di belakang plat nomor itu menjelaskan wilayah dari mana motor itu dibeli/diproses misal 3 huruf ABC, maka huruf A itulah yang menjelaskan asal motor tersebut diproses, dan kl gak salah hal ini pun sama utuk kendaraan mobil CMIIW.

Plat nomor berdasarkan wilayah masing2 khususnya dalam pembahasan ini adalah wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Depok, tadinya mau sekalian Bogor tapi karena bogor dari huruf depan plat nomor saja udah jelas F itu dari Bogor :D.

Keterangan wilayah kendaraan berdasarkan huruf pertama dari 3 huruf belakang plat nomor kendaraan:

PXX –> P = Jakarta Pusat
BXX –> B = Jakarta Barat
TXX –> T = Jakarta Timur
UXX –> U = Jakarta Utara
SXX –> S = Jakarta Selatan

CXX –> C = Tangerang Kota
NXX –> N = Tangerang Kabupaten
VXX –> V = Tangerang Kabupaten/Tangsel
WXX –> W = Tangerang Selatan

KXX –> K = Bekasi
FXX –> F = Bekasi

EXX –> E = Depok

Semoga info ini berguna, siapa tau ketemu di jalan apalagi perjalanan jauh dan kebetulan platnya sama wilayahnya jadi bisa bertegur sapa 😀

Mohon dikoreksi ya kalo ada salah atau ada yang kurang 😀

Wassalam

Aa Ikhwan

Posted from WordPress for Android

31 thoughts on “3 Huruf Belakang Plat Nomor Kendaraan menjelaskan Wilayahnya

    1. ^Vixionr15 : Kalo ngurus surat2 sih mungkin bisa di mana aja, seprti tangerang bs mngurus pajak stnk motor dari jakarta, bekasi, dan depok.cmiiw 😀

    2. Kecamatan Bojonggede itu meskipun secara administratif masuk wilayah Kabupaten Bogor, namun wilayah kepolisiannya masuk wilayah Polres Depok.

  1. Nice info…
    Yg dr Jateng mau ke wilayah Tangerang pakai motor tapi masih buta dgn jalan2 di Jakarta bisa ngintili/mbuntuti motor dgn huruf plat nmr spt di artikel ini. Tp harus diingat, TIDAK SEMUA kendaraan tersebut berdomosili atau menuju ke arah kendaraan tersebut terdaftar.
    (pengalamanpribadi)

    1. ^wiro sableng : btl masbro memang gak smua, tp minimal bs saling tegur sapa apalagi pas lampu merah 🙂 , kl ngobrol trs di jalan malah bisa celaka he2. thx ya udh mampir.

Leave a Reply