[Update], Ban FDR Sport XR Evo 130/70-17 muat di Vixion Tromol

Assalamu’alaikum

Vixion

Aa Ikhwan Blog sebelumnya merilis tulisan tentang ban FDR Sport XR Evo 130/70 muat di Vixion asal sudah rem cakram, tulisannya bisa dibaca di sini

Ada pengunjung Aa Ikhwan Blog yang bertanya apakah bener2 gak bisa kl Vixion masih rem tromol dipasang ban tersebut? Aa Ikhwan Blog hanya memberi saran dan gambaran mengenai pemasangan dan ubahan pada besi penahan rumah tromol yang Aa Ikhwan Blog sendiri sebenernya blm coba n hanya sekilas menilai mungkin gak bisa alias mepet, apalagi udah terlanjur pake rem cakram.

Tapi ternyata ada pengunjung yang tuker pendapat dengan Aa Ikhwan Blog dan akhirnya pun dia berhasil pasang ban FDR Sport XR Evo 130/70 di Vixion walaupun masih rem tromol.

Komen pengunjung blog

Komen pengunjung blog

Mungkin cara berikut bisa dicoba

Ilustrasi 😀

Dari gambar ilustrasi di atas anggaplah garis warna hijau itu adalah besi penahan rumah tromol Vixion, dan Aa Ikhwan Blog bagi menjadi 3 bagian 1,2 dan 3. Yang No.1 adalah ujung besi di rumah tromol Vixion, No.2 adalah besi tromol bagian tengah dan yang No.3 adalah besi tromol di ujung dekat footstep.

Kalau langsung pasang ban FDR tersebut dengan tanpa merubah posisi besi tromol maka tidak akan muat alias ban akan mepet banget dengan bagian besi No. 2, nah solusinya adalah dengan merubah posisi besi penahan rumah tromol ke arah luar dengan menambahkan beberapa ring, kalau bisa sih ring besi semacam busing dengan ukuran yang disesuaikan dengan kondisi yang ada, penambahan ring ini dilakukan pada ujung besi No. 1 dan ujung besi No. 3 sehingga berubah lebih ke luar dan besi pada bagian No. 2 tidak akan mentok/mepet dengan ban.

Thanks buat bro Asep serta Jackalls 😀 juga yang lainnya yg udh memberikan beberapa info sehingga Aa Ikhwan Blog mengupdate artikel sebelumnya 😀

Jadi Ban FDR Sport XR Evo 130/70 muat di Vixion tromol apalagi kalo cakram udh pasti muat :D, dengan catatan untuk yang yang tromol dilakukan ubahan seperti disebutkan di atas.

Semoga bermanfaat

Wassalam

Aa Ikhwan

22 thoughts on “[Update], Ban FDR Sport XR Evo 130/70-17 muat di Vixion Tromol

  1. ^Black_Viper : Ane jg dl kepikiran begitu, aneh memang 😀 , barangkali kl yg gak ada tulisan tubeless itu bisa dua2nya maksudnya ada yg tubeless dan ada yg enggak CMIIW.

  2. bener bro..pada gambar titik 1 harus di kasih ring,vixi ku juga pale ring waktu pemakaian ban ukuran 120 + velg lebar…soal nya nyangkut pada ti2k 2.

  3. punya ane masih standar a, ntar klo dah dapat duke baru tak kekarin.. maklum buat harian, yg penting transportasi lancar.

    mantab infonya..

  4. hehehehe…klo di vixor ane udah lama diterapkan tpi cukup mengakalkan yg di titik 1, baut ny ane ganti ama yg 2x lipat panjang baut standar lalu pasang bushing supaya geser nah yg di titik 3 gak perlu diakalkan…dr semenjak make tromol bahkan dah sampe pasang cakram belakang ane masih setia pake pegangan besi tromol utk penahan kaliper cakram…

  5. Pingback: [UPDATE] Foto2 Dari Pengunjung Blog – Vixion Tromol dengan Ban FDR Sport XR Evo 130/70 « Aa Ikhwan Blog

  6. sya pake ban fdr evo 130/70 setelan rantaix kok beda,,,di sebelah kanan di angka 5 di sebelah kiri di angka 4 kurang,,cara ngakalinx gmna mas

  7. harry chniago

    - Edit

    Reply

    Permisi mas mau tanya..ban sporrt xr evo uk 120 bisa gak di pasang di ban depan vixion lama pakai velg uk 2,5 inch….apa aja yang harus di ganti

    1. saya sendiri hanya berani pasang yang 110, kl yg 120 belum pernah cb. Kemungkinan mesti ganti spatbor depan yang agak besar dan lebar seperti ninja cmiiw.

Leave a Reply