Bagaimana Menambahkan Gambar di Blog beserta Link URL-nya ?

Assalamu’alaikum

Picture & Link URL-nya

Mungkin para blogger yang sudah malang melintang di dunia blog sudah banyak yang tau tentang mengupload gambar di blog dan juga beserta link URL-nya yang akan akan mengarahkan pengunjung ke alamat internet yang sesuai dengan gambar yang dklik tersebut.

Tapi gak ada salahnya Aa Ikhwan Blog mengulas sedikit tentang ini dan juga kebetulan ada kawan blog yang menanyakan hal ini, jadi daripada Aa Ikhwan Blog memberi tutorial panjang lebar dengan tulisan lebih baik Aa Ikhwan Blog jelaskan di blog ini beserta langkah-langkahnya, sebagai berikut :

1. Upload Gambar
beberapa user/blogger ada yang mengupload foto/gambar untuk dimasukkan ke blognya dengan menggunakan fitur2 seperti di Flicker atau ada juga yang melalui Photobucket dan lain sebagainya yang tersedia secara gratis di dunia maya. Tapi ada cara yg lebih simple dan gak usah jauh2 untk upload gambar, yaitu melalui fasilitas media yg ada di blog khususnya dalam hal ini di WordPress.

pilih menu Add New lalu pilih/cari gambar yang ingin diupload oleh blogger.

2. Copy alamat URL gambar/foto
Setelah blogger meng-upload gambar di menu media, maka gambar tersebut sudah masuk ke dalam Library Media

kemudian klik file gambar/foto tersebut untuk mengetahui alamat URL gambar tersebut

gambar di atas menampilkan informasi dari gambar/foto yang sudah kita upload, ada tulisan File URL di paling bawah nah..di situ terdapat alamat URL gambar/foto yang tadi sudah di upload dalam hal ini contohnya adalah “http://aaikhwan.com/wp-content/uploads/2012/01/indomotoblog.jpg” nah alamat ini kita copy untuk nantinya kita masukkan ke dalam menu image di tampilan blog.

3. Memasukkan URL ke dalam Widget Image
Klik menu Appearance/tampilan, lalu pilih menu widget, kemudian di menu sebelah kanan pilih menu image yang kemudian menu/widget image tersebut kita tarik/geser ke template blog kita (masing2 blogger beda tampilan), kemudian kita masukkan URL image yang sudah diupload tadi, lalu yang paling bawah ketik alamat link yang akan dibuka saat gambar tersebut di klik.

contoh gambar di atas Aa Ikhan Blog memasukkan gambar indomotoblog, yang kemudian di link saat gambar tersebut diklik Aa Ikhwan Blog ketik “http://indomotoblog.wordpress.com” , sehingga saat gambar/foto/logo indomotoblog diklik akan nge-link atau masuk ke alamat http:/indomotoblog.wordpres.com.
jangan lupa save ya.

Semoga berguna dan maaf kalau bahasa penjelasan tutorialnya kurang jelas.

Wassalam

Aa Ikhwan

12 thoughts on “Bagaimana Menambahkan Gambar di Blog beserta Link URL-nya ?

Leave a Reply