Problem Komstir Vixion,.. benarkah gara2 kondisi jalan, dan gaya berkendara,..atau dari material komstirnya ?

Assalamu’alaikum

Udah lama mau menulis hal ini tapi lupa terus, pas ada blog yang bahas ya sekalian ditulis di sini :D, sudah banyak yang mengeluhkan, bahkan di bahas di blog mengenai masalah komstir Vixion yang cepat kendor alias oblagh.

apalagi bila dilihat harga komstir Vixion yang sangat mahal sekali sekitar 400 rebuan :(.

Aa Ikhwan Blog pun mengalami hal ini (baca:komstir oblak), dan sempat menggantinya dengan yang merk CKD-an lumayan lah mahal walaupun orang bengkelnya sendiri (bengkel non beres langganan) bilang mending yang aslinya aja mas, lah gimane ini lha wong yang aslinya aja cepet oblak n harganya yang muahhal..bang, dan lumayan terbukti nih yang CKD-an awet sampe sekarang, tapi entah bertahan sampe kapan :D.

Kebetulan di rumah ada 2 motor Vixion yang satunya lagi punya adik Aa Ikhwan Blog, dan nasibnya pun sama dengan Vixion Aa Ikhwan Blog yaitu komstirnya oblak, kok bisa ya…tanya kenapa?

Aa Ikhwan Blog pernah mengirimkan sebuah email ke contact center-nya Yamaha mengenai permasalahan ini, dan jawabannya sih memang bisa dicerna secara logika, mereka jawab “karena kondisi jalan yang kurang baik, pelumasan yang kurang sehingga daerah sekitar komstir kering dan cepat aus, dan juga pihak Yamaha tidak bisa selalu mengontrol faktor2 tersebut“.

Cukup logis memang, tapi kalau Aa Ikhwan Blog bandingkan dengan kendaraan lain yang pernah Aa Ikhwan Blog kendarai kok berbanding terbalik di mana motor yang pernah Aa Ikhwan Blog tunggangi komstirnya cukup awet, kuat dan untuk menjadi oblak pun mungkin akan memakan waktu yang lama seiring dengan usia motor tersebut.

berikut petikan email contact center Yamaha :


Semoga dengan banyaknya perhatian dari para blogger khususnya pengguna motor Vixion, Aa Ikhwan Blog berharap pihak Yamaha cepat tanggap untuk menyelesaikan problem ini, kan kasian tuh si merah dan si hitam komstirnya cepet oblak :D, lha wong si merah udah di dandani ganteng tp kok komstirnya oblak jadi gak nyaman di jalan.

Semoga bermanfaat dan segera diselesaikan problem ini oleh pihak Yamaha.

Wassalam

Aa Ikhwan Blog

27 thoughts on “Problem Komstir Vixion,.. benarkah gara2 kondisi jalan, dan gaya berkendara,..atau dari material komstirnya ?

  1. Sepertinya memang seperti itu adanya Mas Bro .
    vixi saya tahun 2008 .
    Tapi sampai sekarang masih oke2 aja .
    Aneh kan … ?
    Padahal km dah diatas 40 rb km .
    Kalau analisa saya memang meterial kurang tahan karat dan kontruksi yang mudah kemasukan air.
    Soalnya waktu saya tinggal tugas kantor 3 hari ke Bandung sepertinya motor kehujanan dan alhasil kemudi sangat berat dan terkesan oblag.
    Wah dalam pikiran kena juga dah .
    Tapi seperti yang Mas Bro bilang.karena spare part yang mahal saya berniat ganti yang KW.
    Tapi setelah dibongkar oleh mekanik , di cuci bersih dan di cek fisik .
    Kok masih layak pakai … ?
    Nah …
    Akhirnya setelah rapat di coba di kasih gemuk baru aka vaselin.
    dan Tara ….
    Penyalkit hilang dan hanya membayar jasa dan gemuk.
    jadi rajin2 aja memberi pelumasan biar awet :-).
    Semoga bermanfaat …

    1. Sama2 Mas Bro .
      Aye paling demen ada yang posting vixi.
      Lumayan ada ilmu baru .
      Yupz …
      kalau bongkar lumayan ci.apalagi kalau sendiri .
      wew …
      Repot tuh.
      Makanya saya kebengkel umum meskipun sebenarnya sendiri juga bisa.
      Sering posting Mas Bro .
      Biar pengunjung makin banyak 🙂

  2. alhamdulilah vixi ane udah 2 thn blm ngalamin mas, y itu mungkin tergantung cara berkendara dan kondisi jalan.. para enjiner vixi pst dah merancng sbaik mngkin..

  3. ^gogo: betul mrk sdh merancang dgn perhitungan tp ane jg prnh pk motor lain gaya berkendara yg sama jalan yg sama tp gak ada mslh baru kali ini ane ngalamin. tp ane sh kepikiran material ato jg mesti dikasih pelumas yg bagus CMIIW.

    1. ^adi kuswanto : ane sih gak tau pati apa tiap dealer jual harga yg berbeda, seharusnya sih kl ambil dari 1 sumber mestinya sama. tp kenyataanya ane temuin ada yg berbeda meki gak semua.

  4. iya nih pihak yamaha gimana sih???????? masa vixiku baru 6 bulan komstirnya uda kendor…………!!!!!! tadi siang ke bengkel beres..katanya kendor ya uda minta dikencengin. tapi kok jadi berat ya stangnya???????

  5. Wah seru jg nih lagi ngomongin komstir… ikut nimbrung Aa Ikhwan ya.. jadi pengin curhat boleh kan. lagi puyeng dgn vixi saya rada sempoyongan kaya orang mabok klw lagi jalan kenceng.. padahal Km baru 18.000 an. sebenernya sih iseng saya jg tadinya, tiba2 stang pengin dikencengin trus saya datang ke bengkel temen saya sama dia di kencengin tuh (dak,dak,dak..dikencengin lehernya). pas di bawa ngebut besok harinya berangkat kerja kenapa stir mlayang2 aduh… knapa ya.. trus saya sore harinya balik lagi ke temen saya minta di balikin semula. ternyata gk bisa kaya semula lagi gejala masih terasa. Penasaran trus saya datang ke beres kata mekanik komstirnya harus diganti dan sambil iseng tanya harga Komstir -+500rb gile bener!!! thanks

  6. rajendra prameswara

    - Edit

    Reply

    saya pakai vixion sejak 2009, jalan tiap hari tdk lebih dari 20 km, sendirian, saat ini tertera lk 21.000 km, ban standar, jalanan harian mulus. gejala pertama stang jadi berat dan terasa mbanting kanan kiri, sy coba konsul ke bengkel resmi & dibilang komstir perlu ganti & berhubung mahal harganya niat ganti komstir ditunda, setelah 2 minggu muncul oblagh & gejala mabntingnya hilang…makin hari makin terasa serasa mau patah stangnya…setelah sy bawa ke bengkel resmi mau tak mau komstir harus diganti….harga 400.000 lebih dikit…setelah diganti masih terasa sedikit oblagh…kembali lagi ke bengkel trus dikencengin…yg muncul gantian stang berat & gejala melayang mbanting… hadeuuuuuhhhh…nyetel komstir nya pun tdk cukup sekali… susah ngepasin kekencangannya….

    1. ^rajendra prameswara : yah memang begitulah masbro penyakit bawaan piksen,..bahkan katanya penyakit umum dr motor Yamaha (ane taunya dari beberapa mekanik bengkel pnggir jalan ) 😀

  7. Pingback: Selain Komstir, Jangan Lupa Cek Juga Ban Motor « Aa Ikhwan Blog

  8. DIDIK SETIAWAN

    - Edit

    Reply

    Didik setiawan: IYA..SAYA JG BERMASALAH DGN VIXION SAYA..TERUTAMA DENGAN KOMSTIR…APALAGI KL BELI DI BENGKEL RESMI..MELAMBUNG TINGGI..ALIAS MAHALLL..PERTANYAAN SAYA ADALAH:BAGAIMANA CARANYA AGAR KOMSTIR YG SDH DI GANTI..BISA TAHAN LAMA..TQ

    1. sebetlnya saat awal pemasangan komstir itu ada pelumasan/dikasih gemuk supaya gak cepet aus. tp memang kl gak salah menurut buku petunjuk pelumasan di komstir mesti dilakukan rutin tp lupa setiap brp KM 😀

  9. Si Putih ane oblak…….. Mana mahal lgi…….. Ancang” nih 500 rbu…….. Ada info? Di kanibal ma laen e isa ga mas bro……

  10. EMG GAK ADA SOLUSI APA YA???? HARUSNYA MOTOR DI TARIK TU??? “NG” BEGITU,,,,, OBLAK 5000KM GANTI KOMSTIR OBLAK 5000KM GANTI KOMSTIR. KATA DELAER NYA BEGITU. WADUHHHHHHHH…..

  11. hehehe iy pnyakit bawaan tu,tp ov ane ga kena tuh,smua trgntung cara bawa trutama yg jrg lwt jln mulus2, jgn maen betot kl jln hancur/ poldur, trs jgn turunin shock dpn sm area komstir jgn kena air trs2an skrg ms awet

Leave a Reply