Assalamu’alaikum

Qurban - Purwokerto 2011

Aa Ikhwan Blog Jum’at malam kemarin melakukan perjalanan mudik Idul Adha ke kampung halaman bokap di Notog – Purwokerto. Proses perjalanan ke sana pun mmang tidak begitu lancar tapi Alhamdulillah Aa Ikhwan Blog beserta bokap dan Istri tercinta selamat sampai tujuan.

Berawal niat bokap yang yang memang sudah lama ingin melakukan qurban di kampung halamannya di Purwokerto, akhirnya niat itu pun terlaksana saat Idul Adha tahun ini di mana keluarga di Purwokerto ingin mengadakan qurban berupa sapi yang rencananya dibeli dengan patungan beberapa keluarga besar di sana.

Mungkin sebelumnya bokap Aa Ikhwan Blog tidak mengira hari libur dul Adha akan banyak orang yang akan mudik juga, sehingga yang rencana awal ingin naik bis ac malah habis semua tiketnya dan yang ada hanyalah yang kelas ekonomi, hmm ya sudahlah lanjut aja Pak lah wong udah niat ya Pak :D.

Perjalanan dari Terminal Bis Poris Pelawad-Tangerang mulai setelah sholat Maghrib, Aa Ikhwan Blog melakukan Sholat Jam sekaligus Qashar antara Maghrib dan mengqashar sholat Isya. Perjalanan dari Tangerang menuju tol cikampek cukup lancar, Aa Ikhwan Blog mulai tidak nyaan saat di Pamanukan dan Indramayu di mana keadaan sangat macet total sampai2 banyak bis yang mengambil jalur kanan dengan resiko bertemu dengan beberapa aparat kepolisian dan sudah bisa ditebak, hanya dengan memberikan uang mereka tidak ditilang.

Saat di daerah Indramayu kemacetan pun sangat parah, bahkan bus yang Aa Ikhwan Blog tumpangi pun sampai diseruduk oleh truk barang entah karena sopir truk yang mengantuk atau sopir bis yang Aa Ikhwan Blog tumpangi telat memberi sinyal sen ke kanan, alhasil tabrakan pun tidak bisa dihindari mulai pertengahan bodi bis sampai pintu sopir ringsek dan tidak bisa ditutup, Alhamdulillah Aa Ikhwan Blog sekeluarga tidak terluka begitupula seluruh penumpang bis.

Akhirnya kernet bis ikut di dalam truk yang menabrak tersebut untuk diarahkan ke pol bis yang Aa Ikhwan Blog tumpangi, dampak dari kecelakaan tersebut adalah bis yang Aa Ikhwan Blog tumpangi tidak bisa melanjutkan perjalanan sampai ke Purwokerto, sehingga harus dialihkan ke bus yang lain. Sampai kira2 menjelang shubuh Aa Ikhwan Blog masih berada di pol bis tersebut menunggu bis dari Jakarta yang menuju ke Purwokerto, Alhamdulillah akhirnya dapat juga bis penggantinya dan ber-AC pula :D, tapi sayangnya bis penuh dengan penumpang yang memang dari Jakarta menuju ke Purwokerto.

Aa Ikhwan blog pikir limayan juga nih perjalanan masih sekitar 4 jam lagi berdiri di atas bis, kasihan bokap dan Istri Aa Ikhwan log,..tp Alhamulillah adabeberapa penumpang yang baik hati walaupun tidak memberi tempat duduk tapi ada barang yang bisa diduduki oleh Istri Aa Ikhwan Blog di tengah bis, dan untuk bokap Aa khwan Blog gunakan tas ransel yang diletakkan ditengah juga untuk bokap duduk karena usia yang cukup tua juga 60 tahun dan masih lamanya perjalanan, tinggal Aa Ikhwan Blog yang berdiri dengan 1 orang penumpang yang memang berangkat bersamaan saat di bis ekonomi sebelumnya.

Memasuki daerah brebes ada beberapa penumpang yang turun sehingga ada kursi yang kosong yang bisa diisi oleh bokap Aa Ikhwan Blog, Aa Ikhwan Blog sendiri baru bisa duduk kira-kira 1 jam lagi sampai di Purwokerto Alhamdulillah.

Aa Ikhwan Blog sampai di Purwokerto jam 09.00 pagi yang biasanya sudah sampai saat subuh atau paling lambat jam 07.00, wajar saja sih mengingat beberapa kemacetan dan sedikit kecelakaan yang menghambat perjalanannya. Akhirnya sampai juga di kampung halaman bokap Aa Ikhwan Blog, tapi sebelumnya Aa Ikhwan Blog memesan tiket bus ac untuk pulang hari minggu malam.

To be continued…..

lanjutannya bagian ke 2

Wasalam

Aa Ikhwan