Assalamu’alaikum

Aa Ikhwan Blog ingin berbagi sedikit pengalaman masalah pemasangan RDB atau cakram belakang di motor Vixion. Sebenarnya sih tidak ada masalah dengan penggunaan rem tromol di Vixion Aa Ikhwan Blog, tapi karena awalnya Aa Ikhwan Blog mencoba pasang Footstep Underbone sampai akhirnya harus memotong kawat tromol agar menghasilkan pengereman yang maksimal dan yang ternyata hasilnya tidak memuaskan dan tentunya kawat rem tromol tersebut sudah tidak seperti aslinya.

Sampai beberapa bulan memakai rem tromol dengan kawat tromol yang sudah berubah karena di las dan lain sebagainya sehingga pengereman dengan rem tromol tersebut menjadi tidak maksimal dan membahayakan, akhirnya beberapa minggu yang lalu Aa Ikhwan Blog mencoba untuk memasang RDB di Vixion, kebetulan bengkel tak resmi langganan Aa Ikhwan Blog menawarkan RDB murah alias KW plus ongkos pemasangan dengan total biaya Rp 450.000,- dengan asumsi walaupun KW asal pasangnya bener sih gak masalah, tapi gak tau juga sih kalau untuk jangka panjangnya.

Karena awalnya memang agak darurat dan juga tentunya nafsu yang terlalu lebay 😀 , akhirnya Aa ikhwan Blog melakukan pemasangan RDB tersebut di Vixion Aa Ikhwan Blog, mulai dari ngebor velg untuk pemasangan adaptor tempat disc/piringan cakram menempel, sampai pemasangan master rem dengan penambahan plat untuk dudukannya dan finally pemasangan dudukan braket kaliper di arm yang akhirnya arm Vixion harus dibor untuk penambahan besi rel untuk braket kalipernya ,..hmm.. agak nyesel sih.

Selesai pemasangan rem beberapa kali tidak mengerem dengan pakem alias sering los, sampai akhirnya menemukan setingan yang cocok dan mengerem dengan baik walaupun tidak sempurna, masalah timbul besi baut untuk dudukan rel kaliper terlihat bengkok ke arah bawah karena tekanan dari braket kaliper saat pengereman, di cek kembali ke bengkelnya dan hanya diberi baut yang lebih besar dari yang sebelumnya namun hasilnya oleh Aa Ikhwan Blog anggap masih membahayakan dan pemakaian motor pun harus pelan-pelan selama seminggu 🙁 .

Sampai akhirnya minta saran sama bro Bobby ( Vracing) tentang kasus ini, sehingga dia menyarankan untuk dibuat rel saja dengan dilas supaya lebih baik.

– Pemasangan RDB KW

Adaptor & Cakram
Plat Master Rem
Master rem & selang oli
Pemasangan RDB
Pemasangan Akhir RDB
Pemasangan RDB - Finishing

——————————————————————–

– Pemasangan RDB Ori

Plat Master Rem
Master Rem Nissin (Ori)
Posisi Cakram Belakang
Besi Rel di Las di arm

Sampai pada akhirnya Aa Ikhwan Blog merasa puas dengan pemasangan RDB yang terakhir, perlu di ingat Aa Ikhwan Blog tetap menggunakan kaliper Nissin KW dan selang oli rem KW, dan selebihnya adalah ori seperti adaptor (custom), Disc ori, selang rem TDR, master rem nissin ori yang semuanya Aa Ikhwan Blog beli sama bro Bobby ( Vracing) dan dibantu pemasanganya oleh Bro Endank “HAS Motor” dan hasilnya rapi, thanks to Bobby & Endank.

Kesimpulan

– Pemasangna RDB KW tidak masalah asal benar dan tepat, Aa Ikhwan Blog mungkin dapat barangnya yang kurang bagus dan pemasangan yang kurang tepat dan kurang rapi.
– Kalau ada uang lebih,..mungkin sebaiknya beli yang ori, kalau untuk kaliper bisa yang KW dan selang rem juga optional.

Selamat mencoba

Thanks

Aa Ikhwan