Cakram Belakang (RDB) di Vixion – Antara KW dan ORI !

Assalamu’alaikum

Aa Ikhwan Blog ingin berbagi sedikit pengalaman masalah pemasangan RDB atau cakram belakang di motor Vixion. Sebenarnya sih tidak ada masalah dengan penggunaan rem tromol di Vixion Aa Ikhwan Blog, tapi karena awalnya Aa Ikhwan Blog mencoba pasang Footstep Underbone sampai akhirnya harus memotong kawat tromol agar menghasilkan pengereman yang maksimal dan yang ternyata hasilnya tidak memuaskan dan tentunya kawat rem tromol tersebut sudah tidak seperti aslinya.

Sampai beberapa bulan memakai rem tromol dengan kawat tromol yang sudah berubah karena di las dan lain sebagainya sehingga pengereman dengan rem tromol tersebut menjadi tidak maksimal dan membahayakan, akhirnya beberapa minggu yang lalu Aa Ikhwan Blog mencoba untuk memasang RDB di Vixion, kebetulan bengkel tak resmi langganan Aa Ikhwan Blog menawarkan RDB murah alias KW plus ongkos pemasangan dengan total biaya Rp 450.000,- dengan asumsi walaupun KW asal pasangnya bener sih gak masalah, tapi gak tau juga sih kalau untuk jangka panjangnya.

Karena awalnya memang agak darurat dan juga tentunya nafsu yang terlalu lebay 😀 , akhirnya Aa ikhwan Blog melakukan pemasangan RDB tersebut di Vixion Aa Ikhwan Blog, mulai dari ngebor velg untuk pemasangan adaptor tempat disc/piringan cakram menempel, sampai pemasangan master rem dengan penambahan plat untuk dudukannya dan finally pemasangan dudukan braket kaliper di arm yang akhirnya arm Vixion harus dibor untuk penambahan besi rel untuk braket kalipernya ,..hmm.. agak nyesel sih.

Selesai pemasangan rem beberapa kali tidak mengerem dengan pakem alias sering los, sampai akhirnya menemukan setingan yang cocok dan mengerem dengan baik walaupun tidak sempurna, masalah timbul besi baut untuk dudukan rel kaliper terlihat bengkok ke arah bawah karena tekanan dari braket kaliper saat pengereman, di cek kembali ke bengkelnya dan hanya diberi baut yang lebih besar dari yang sebelumnya namun hasilnya oleh Aa Ikhwan Blog anggap masih membahayakan dan pemakaian motor pun harus pelan-pelan selama seminggu 🙁 .

Sampai akhirnya minta saran sama bro Bobby ( Vracing) tentang kasus ini, sehingga dia menyarankan untuk dibuat rel saja dengan dilas supaya lebih baik.

– Pemasangan RDB KW

Adaptor & Cakram
Plat Master Rem
Master rem & selang oli
Pemasangan RDB
Pemasangan Akhir RDB
Pemasangan RDB - Finishing

——————————————————————–

– Pemasangan RDB Ori

Plat Master Rem
Master Rem Nissin (Ori)
Posisi Cakram Belakang
Besi Rel di Las di arm

Sampai pada akhirnya Aa Ikhwan Blog merasa puas dengan pemasangan RDB yang terakhir, perlu di ingat Aa Ikhwan Blog tetap menggunakan kaliper Nissin KW dan selang oli rem KW, dan selebihnya adalah ori seperti adaptor (custom), Disc ori, selang rem TDR, master rem nissin ori yang semuanya Aa Ikhwan Blog beli sama bro Bobby ( Vracing) dan dibantu pemasanganya oleh Bro Endank “HAS Motor” dan hasilnya rapi, thanks to Bobby & Endank.

Kesimpulan

– Pemasangna RDB KW tidak masalah asal benar dan tepat, Aa Ikhwan Blog mungkin dapat barangnya yang kurang bagus dan pemasangan yang kurang tepat dan kurang rapi.
– Kalau ada uang lebih,..mungkin sebaiknya beli yang ori, kalau untuk kaliper bisa yang KW dan selang rem juga optional.

Selamat mencoba

Thanks

Aa Ikhwan

66 thoughts on “Cakram Belakang (RDB) di Vixion – Antara KW dan ORI !

  1. Akhirnya RDB nya terpasang juga tuh di si merahnya, hehe..mantapppp.. 😀
    Btw, ntu velg dah ganti ya? Kliatan kyk pnya ane, velg vrossy?

  2. keren om..tp kalo ane lebih suka rem belakang yg ga terlalu pakem dan ga ngunci… bkesannya jadi pake ABS gtu :mrgreen:
    makanya sampe sekarang cuma make disc yg 190mm punya FU…

    1. ^ Lionstar: thx bro udh mampir,.. ane jg ngeri bro kl ngebut2 di jalan trus ngerem bisa2 ngepot tuh 🙂 yg sedang2 saja … kl di lintasan sh gpp ya 😀

    1. ^ Arya : thx bro Arya,.. kl mslh harga pemasangan bisa tanya langsung ke bro Endank nya aja siapa tau bisa nego. krn biaya pasang dilihat brdasarkan tingkat kesulitannya mungkin rangenya antara 200rb-300rb :).

      yup bro tetap SAFETY RIDING… ane jg pasang rem/injekan remnya dibikin agak jauh biar gak bahaya :).

    1. ^ Irfan : betul bro ori semua lebih bagus n yg terpenting pemasangannya yang benar, tepat dan safety tentunya.

    1. ^ Ipanese : Kalo ori memang mahal, memang ada yg bilang murah asal pasangnya bagus sih oke2 aja,.. tp kebetulan ane waktu pake yg KW pasangnya gak bagus jd terpaksa beralih ke ori.

    1. ^r27 : Ane sih blm pernah tes tp dulu sempet mau beli,.. asalkan pemasangannya benar dan tepat ane kira gak masalah. Cuma yg perlu diperhatikan mungkin master rem dan disk-nya. ane saranin sih pake yg ori. Tp kl 1 set PSM ori sih mungkin oke2 aja, cmiiw.

    1. gan maaf ane mo nanya rdb 1 set psm yang di pasang bagus kah sampe skrg or ad keluhan soalnya ane tadi mo pasang rdb jg trs di tawarin yg psm 1 set gtu… makasih buat pencerahannya,,,

    1. ^vicky : bro vicky ane jg bracketnya dibikinin sm orang bengkel yamaha HAS grogol namanya bro endank, mungkin nt bisa tanya2 ke dia di nomor hpnya 021-93653060 ato cb hub bro bobby vracing 081317666277 . Thx

  3. Eka Christianto

    - Edit

    Reply

    Aa Ikhwan…minta alamat lengkap bengkel yang pengalamannya bagus utk pasang RDB di Vixie dong…

    Lokasi ane masih di Jakarta.

    Hatur Nuhun sebelumnya.
    Salaam.

  4. aa….mau tanya
    waktu ganti piringan cakram ori, adaptornya buat lagi atau pake adaptor waktu masang pringan kw?

  5. aa pas pertama masangnnya kepala kaliper gerak2 gak kalo ban belakang mutar,,, saya bener2 bingung nih punya saya kalo diinjak ndut-ndutan,, kayak rem di tekan lalu di lepas di tekan di lepas
    mohon pencerahannya

  6. Pingback: Racun New Vixion yang Menarik Buat Si Merah « Aa Ikhwan Blog

  7. Pingback: Ganti Cakram Belakang Si Merah | Aa Ikhwan Blog

  8. maaf kasi saran dikit, posisi nepel rem (untuk mengeluarkan udara yang terjebak dalam minyak rem) harus lebih tinggi dari silinder piston agar silinder tempat piston berada dapat penuh terisi oleh fluida minyak rem yang digunakan untuk menekan piston dan menggerakkan kampas rem, apabila posisinya dibawah maka silinder piston tidak akan terisi penuh oleh minyak rem dan ini akan membuat rem ngempos alias tidak pakem..

    1. gak juga sih, beberapa balapan underboe tetap pk tromol sat membalap dan sudah menggunakan footstep racing, cuma biasanya besi rem nya dipindah ke atas

  9. mau tanya, kalau Kaliper yg KW itu di subtitusi pakai yang ori, cocoknya pakai punya siapa ya? biar gak bikin breket lagi..

    punya ane DBS KW, mau di ganti yg ori kayak punya supra x bisa nda???

Leave a Reply