Assalamu’alaikum

Ranjau paku di jalan sangat mengganggu sekali terutama bagi para pengendara bermotor, sudah tidak terhitung banyaknya korban akibat ranjau paku tersebut yang sedikit banyak akan mengganggu aktifitas kita.

Pemakaian ban tubeless atau non tubeless adalah pilihan masing-masing para biker dan berdasarkan persepsi terhadap kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis ban tersebut, Aa Ikhwan Blog menggunakan ban tubeless di motor karena perjalanan yang cukup jauh dan jalurnya yang rawan akan ranjau paku, sehingga dengan ban tubeless sangat terasa membantu dalam aktifitas berkendara sehari-hari.

Tapi bagaimana jadinya kalau ban tubeless kita pun kena ranjau paku, sudah tentu kita akan pergi ke bengkel untuk menambalnya dengan tambal tubeless yang menghabiskan dana sekitar 8-10rb, begitu pula dengan yang non tubeless apabila kena ranjau paku akan segera mencari bengkel untuk menambalnya yang menghabiskan dana sekitar 6-7rb.

Ini adalah beberapa gambar cara menambal ban tubeless sendiri, terutama saat di jalan :D,

Peralatan :

1. Alat Tubeless

Alat Tubeless

Ket : Harga Tubeless Tool ini sekitar 20-35rb.

2. Pompa Motor ( Aa Ikhwan Blog Menggunakan pompa sepeda 😀 )

Caranya :

1. Cari lubang yang bocor karena ranjau paku, kalau pakunya masih nempel lebih kelihatan tapi kalau bocornya halus bisa digunakan air sabun yang dioleskan dengan kuas ke seluruh permukaan ban sampai terlihat ada gelembung-gelembung udara yang menandakan disitulah yang bocor.

Paku Yang tertancap di Ban

2. Cabut Paku tersebut dengan menggunakan tang

Cabut Paku dengan Tang

3. Masukkan dan tekan Besi ber-ulir ke dalam lubang yang tertancap paku

Masukkan Besi Ber-ulir

4. Masukkan karet penambal ke besi penambal ban, dan masukkan besi penambal beserta karet penambalnya ke dalam lubang dengan sedikit ditekan.

Masukkan besi dan karet Penambal

5. Cabut perlahan-lahan besi penambalnya dengan sedikit diputar pelan-pelan agar karet penambalnya tidak ikut ketarik ke luar kembali.

Cabut Besi Penambal

6. Potong atau rapikan sisa karet penambal di ban

Potong dan rapikan sisa karet penambal

7. Pompa ban dengan menggunakan pompa, di sini Aa Ikhwan Blog tidak punya ban motor jadi pakai pompa sepeda dan lumayan lah terisi, walaupun tidak full tapi cukup untuk jalan ke tempat tukang pompa ban 😀

Pompa Ban Secukupnya

Itulah sedikit pengalaman Aa Ikhwan Blog menambal sendiri ban tubeless, semoga membantu kawan-kawan dan selamat mencoba.

NB : Aa Ikhwan Blog selalu membawa alat tubeless dan pompa sepeda tersebut di dalam tas untuk aktifitas kerja sehari-hari 😀

Wassalam

Aa Ikhwan

0 thoughts on “Tambal Sendiri Ban Tubeless Anda”
    1. ^ Novita : Yg gak tubeless jg bisa kok, cuma pompa ban nya aja yg dibawa tiap hari, jd kl kempes ato bcor halus bisa langsung pompa n lanjut deh ke bengkel, jd gak perlu dorong2.. kecuali emang bocor abis 😀 😀 😀

  1. Dimana ssaya bisa membeli alat penampal ban tubeless tsb mas, sekalia karet cacingnya itu.

    Ramli

    1. ^ Ramli : Biasanya dijual di toko2 sparepart motor bro,.. memang jarang sih yang jual itu, mungkin bisa cari di tiko sparepart yang lumayan besar 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *