jump to navigation

dan,.. Ketika Trotoar Beralih Fungsi March 2, 2011

Posted by aaikhwan in : Serba Berita , trackback

Assalamu’alaikum

Aa Ikhwan Blog kali ini akan menulis tentang masalah Trotoar alias tempat atau jalan khusus yang memang diperuntukkan khusus untuk pejalan kaki supaya nyaman dan tidak terganggu dengan lalu lalang kendaraan, tapi bagaimana jika kenyamanan pejalan kaki di trotoar terganggu ?

Ya betul, pejalan kaki di trotoar pun bisa terganggu dan merasa tidak nyaman berjalan di trotoar yang seharusnya memberikan keamanan bagi para pejalan kaki, ada beberapa hal yang mungkin membuat pejalan kaki merasa terganggu di trotoar di antaranya :

– Beberapa trotoar ada yang berlubang
– Trotoar digunakan untuk parkir kendaraan
– Trotoar digunakan untuk berjualan/dagang
– Saat macet trotoar pun tak luput dari lalu lalang kendaraan

Trotoar menjadi tempat parkir atau pangkalan


Trotoar menjadi tempat berjualan/dagang

Trotoar yang sudah tidak terawat, berlubang, atau lubang saluran air yang tidak tertutup dapat membahayakan pejalan kaki, ada pula yang digunakan sebagai tempat parkir, pangkalan, bahkan untuk berdagang seperti foto di atas, belum lagi saat macet tiba trotoar pun menjadi korban ketidaksabaran oknum pengendara yang memaksakan melalui trotoar yang semuanya itu sangat menggangu kenyamanan pejalan kaki.

Aa Ikhwan Blog pun pernah mengalaminya, saat berjalan di trotoar dan di depan ada beberapa pedagang yang berjualan di trotoar, belum lagi beberapa kendaraan yang terparkir di trotoar sehingga Aa Ikhwan Blog terpaksa keluar dari jalur trotoar dan masuk ke jalur kendaraan bermotor yang lalu lalang, walaupun masih berjalan menepi tetap saja hal tersebut dapat membahayakan.

Tapi mereka juga tidak dapat disalahkan sepenuhnya, karena mungkin mereka lakukan karena terpaksa untuk mencari sesuap nasi bagi keluarganya, sekarang kita kembalikan lagi kepada Pemerintah sebagai pemegang otoritas untuk menyediakan lahan dagang bagi pedagang kecil dan juga sekaligus memberikan kenyamanan bagi pejalan kaki di trotoar,.. hmm memang dilema ya .

Wassalam

Aa Ikhwan

Comments»

1. Abu Tanisha - 03/03/2011

salam kenal

begitulah kenyataannya, makanya be agent of change

2. aaikhwan - 03/03/2011

Ya begitulah :D,.. salam kenal jg n thanks udh mampir

3. tovavanjava - 26/01/2012

like this bro… 😀

4. Blog Jalan Kaki « Aa Ikhwan Blog - 27/01/2012

[…] Keprihatinan terhadap kurangnya kepedulian dan perhatian terhadap pengguna jalan oleh segelintir orang yang egois telah menggugah masyarakat untuk kembali memperhatikan bagaimana cara berlalu lintas yang benar serta tidak egois jg memperhatikan orang2 di sekitarnya terutama para pejalan kaki. Para pejalan kaki sudah disiapkan jalur khusus untuk mereka tapi kenyataannya berbeda saat di lapangan di mana banyak ruas2 trotoar untuk pejalan kaki sering digunakan untuk berjualan, parkir kendaraan, dan juga lalu lalang kendaraan yang secara seenaknya masuk dan mengambil hak para pejalan kaki seperti yang Aa Ikhwan Blog pernah tulis di sini. […]

5. jnakawara - 25/03/2012

podho nggolet pangan

http://nakawara.wordpress.com/2012/03/24/tips-hindari-ranjau-paku/


%d bloggers like this: