Tanah Berserakan di Jalan…. Tanggung Jawab Siapa…?

Tanah di jalan ( Pic from www.beritabatavia.com)

Assalamu’alaikum

Pa kabar kawan-kawan semua, semoga di hari dan cuaca negeri yang sedang tidak menentu ini semuanya baik-baik dan sehat semua agar tetap semangat menjalani aktivitas seperti biasa.

Musim hujan masih melanda Negeri ini terutama di wilayah Jabodetabek, memang cuaca itu tidak bisa ditebak oleh kita sebagai manusia penghuni bumi ini, manusia hanya bisa memperkirakan keadaan yang terjadi di wilayah tertentu dan itu pun belum tentu benar, yah wajar saja-lah namanya juga prakiraan jadi tidak 100% benar :D.

Cuaca boleh tidak menentu tapi kita sebagai pengendara baik motor maupun mobil sudah selayaknya waspada saat berkendara di jalan karena dalam cuaca musim hujan ini sangat rawan sekali terjadinya kecelakaan baik bersinggungan dengan kendaraan lain ataupun kecelakan personal semisal jatuh karena licin, lubang dan sebagainya.

Jalan Berlubang ( pic from www.okezone.com)

Berbicara mengenai jalan yang licin saat musim hujan ini, Aa Ikhwan Blog sangat prihatin dengan keadaan jalan yang tidak bagus (baca : berlubang) di sana sini, bahkan Aa Ikhwan Blog perhatikan di daerah Tangerang (domisili Aa Ikhwan Blog 😀 )ada beberapa jalan yang dipenuhi tanah yang berserakan yang biasanya dibawa oleh truk-truk proyek bangunan.

Keberadan Tanah-tanah yang berserakan di jalan tersebut sangat berbahaya bagi pengendara bermotor karena akan menimbulkan polusi akibat debu yang berterbangan saat cuaca kering (baca: tidak hujan) dan menyebabkan jalan menjadi licin karena tanah merah tersebut saat kondisi hujan, namun tetap diacungi jempol bagi developer yang dengan care-nya membersihkan tanah-tanah tersebut walaupun belum sepenuhnya.

Juga kepada pemerintah setempat semisal dinas PU dapat dapat bertanggung jawab memperhatikan keadaan jalan apakah layak dan baik untuk kendaraan, juga bisa dengan menegur developer yang menggunakan jasa truk pengangkut tanah untk bertanggung jawab membersihkan jalan apabila tanah yang dibawa truk tersebut jatuh di jalan, sehingga polusi dan jalan licin pun dapat dikurangi.

Sudah selaiknya juga secara pribadi para biker memperhatikan hal-hal tersebut untuk keselamatan di jalan, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan dapat terhindar Amin.

Tips :

1. Perhatikan lubang di jalan saat musim hujan, apabila ragu hendaklah kurangi kecepatan.
2. Perhatikan jika musim hujan jalan yang licin apalagi ada tanah yang berserakan, kurangi kecepatan dan atur ppengeraman.
3. Ada yang bisa nambahin …? 😀 😀

Thanks
Aa Ikhwan

3 thoughts on “Tanah Berserakan di Jalan…. Tanggung Jawab Siapa…?

Leave a Reply